3 Pantai dalam 1 Tujuan Wisata, cuma Ada Di Malang

Share Button

pantai-lenggoksonoMalang gak cuma punya Balekambang loh travelers buat destinasi pantainya. Karena masih banyak pantai di Malang yang lokasinya cukup tersembunyi. Seiring dengan perkembangan zaman, media sosial menjadi media yang cukup membantu untuk mempopulerkan destinasi wisata yang ada di Malang. Dan kini semakin banyak wisata di Malang yang bisa diekspos dan menarik untuk dikunjungi.

screenshot-www google co id 2015-12-18 13-43-51Nah, selama kunjungan travelers ke Malang, gak perlu bingung mau nginap dimana. Karena Malang punya banyak hotel murah di Malang yang bisa travelers jadikan jujukan selama berlibur di sana.

Atau kalau gak mau pusing mikirin akomodasi, transportasi, sampai pemandu buat liburan di Malang, ikutan aja tour Malang. Gak cuma praktis, tapi juga nyaman, murah, dan memuaskan.

Sama kayak destinasi yang satu ini. Bener-bener bikin puas banget liburan ke sana. Bayangin aja, dalam satu destinasi ada tiga pantai yang bisa dinikmati dengan berbagai pesona yang beragam.

Wah, bikin penasaran kan. Yuk, buruan kantongin namanya buat dikunjungi akhir pekan nanti.

Namanya adalah Pantai Lenggoksono. Pantai ini emang gak terlalu populer, tapi dijaminn pesonanya gak kalah keren dengan Pantai Balekambang. Pantai yang ada di pesisir selatan dan berbatasan dengan Samudera Hindia ini berada di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Malang.

Jika dilihat dari google map, pantai ini cukup dekat dengan cagar alam Pulau Sempu. Untuk menuju ke sini, jika travelers menggunakan kendaraan umum, dari terminal Hamid Rusdi, Kota Malang, travelers bisa naik bus jurusan Lumajang dan turun di Kecamatan Tirtoyudo. Untuk sampai ke Teluk Lenggoksono, travelers bisa menggunakan ojek.

akses-pantai-lenggoksonoSementara jika travelers menggunakan kendaraan pribadi, dari Kota Malang lanjut ke Bululawang hingga tiba di Turen. Perjalanan dilanjutkan menuju Dampit dan Tirtoyudo. Sesampainya di Tirtoyudo, selanjutnya belok kanan ke pertigaan Tangsi dengan kondisi jalan yang beraspal mulus hanya ruas jalannya yang sempit dan berkelok.

Jika tidak berhati-hati, travelers bisa jatung ke jurang curam yang ada di sisi kiri dan kanan jalan. Sejumlah penunjuk jalan akan membantu travelers untuk menemukan pantai ini.

Memasuki Desa Purwodadi kondisi jalan mulai rusak dengan beberapa bagian tampak dicor hingga ke bibir pantai. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Lenggoksono, travelers akan dihibur dengan pemandangan perkebunan cengkeh, dimana Desa Purwodadi menjasi sentra cengkeh terbesar di Malang.

pantai-lenggoksonoSetibanya di Pantai Lenggoksono, traveler akan melihat pemandangan alam yang masih begitu alami dan asri dengan banyaknya pepohonan yang menghiasi Pantai Lenggoksono. Pasir putihnya membentang seluas 1 km.

Pantai ini merupakan area parkir utama sekaligus tempat yang kerap digunakan travelers untuk mendirikan tenda. Karena di pantai ini terdapat sumber mata air tawar. Pantai Lenggoksono juga menjadi tempat yang pas untuk menikmati ikan bakar karena ada banyak ikan yang bisa ditemui di sana.

Bahkan cumi-cumi, layur, cakalang, sampai lobster bisa ditemukan dengan mudah. Pantai Lenggoksono merupakan tempat konservasi lobster dengan keberadan Pulau Gadung dimana terdapat goa lobster yang dihuni lobster batu, lobster mutiara, dan lobster pasir.

banyu anjlokPuas menikmati pemandangan Pantai Lenggoksono, travelers bisa beranjak ke Pantai Banyu Anjlok. Sesuai namanya yang berarti air jatuh, di pantai ini memang terdapat air terjun tawar.

Air terjun ini langsung menuju ke laut, layaknya Pantai Banyu Tibo di Pacitan ataupun Pantai Toroan di Madura. Di pantai ini travelers bisa membasuh diri pasca bermain di pantai.

Pemandangan yang ditawarkan Pantai Banyu Anjlok juga tak kalah keren. Pantai ini dikelilingi tebing yang dipenuhi dengan pepohonan hijau yang rindang. Pasirnya juga begitu halus dengan kontur pantai yang dangkal. Namun tetap harus berhati-hati karena arus ombaknya yang cukup besar.

sunrise pantai bolu2Bermain air belum lengkap tanpa menjelajah alam bawah lautnya. Hal ini bisa travelers dapatkan di Pantai Bolu Bolu.

Untuk menuju pantai ini travelers perlu menempuh perjalanan selama 30 menit dengan menggunakan kapal. Pantai ini juga menyediakan area camping dengan akses air bersih harus meminta di rumah penduduk setempat.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah pemandangan alam bawah lautnya yang cukup memukau. Karena alamnya yang masih asri, sejumlah biota laut yang hidup di sana tinggal dengan nyaman.

Nikmati pemandangan sejumlah terumbu karang warna-warni dengan ikan yang tak hentinya hilir mudik kesana kemari. Jika tidak membawa peralatan snorkeling, travelers bisa menyewa di sana hanya dengan Rp 25.000 / orang tanpa batasan waktu.

Camping di sini, travelers akan dihadiahi dengan pemandangan sunrise yang begitu mengagumkan. Wah seru dan murah juga bukan, menjelajah tiga pantai dengan pesona beragam dalam satu destinasi. Ayo, siapa yang mau ikut 😉

Refrensi:

  • http://www.nenghepi.com/2015/01/trip-to-pantai-lenggoksono-bolu-bolu.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Lenggoksono
Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.