Ada Padang Savana Afrika Di Banyuwangi

Share Button

sadenganIndonesia memang negeri yang kaya akan keindahan alam. Meski termasuk daerah tropis, nyatanya tempat ini juga memiliki sejumlah daerah dengan pemandangan padang rumput layaknya hutan Afrika.

Padang-padang rumput ini pun tak hanya tersebar di daerah Indonesia bagian timur, seperti Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, namun juga dimiliki di sejumlah tempat di daerah Jawa, terutama Jawa Timur. Tengok saja Savana Baluran yang ada di Situbondo, Oro-Oro Ombo di Gunung Semeru, dan juga Savana Gunung Bromo.

Tak cukup sampai disitu, Jawa Timur masih menyimpan padang savananya yang lain, yang tak jauh dari Bromo dan berlokasi di Banyuwangi. Padang savana bernama Savana Sadengan ini akan membuat anda menjelajah dalam petualangan perburuan layaknya savana di Afrika dengan sejumlah hewan buasnya.

sadengan2Savana Sadengan berada tak jauh dari pintu masuk Pos Rawa Bendo, hanya berjarak sekitar 2 km.

Mobil jeep miliki Perhutani bisa digunakan wisatawan untuk berkeliling pada rumput yang memiliki luas hingga 80 hekatar ini. Hanya kendaraan itulah yang bisa membantu wisatawan untuk menjelajahi Savana Sadengan yang masih alami. Jalanannya yang masih berupa tanah dan berbatu hanya bisa ditaklukan oleh mobil jeep.

Savana Sadengan sendiri terbentuk karena proses kerusakan hutan yang kemudian tumbuh menjadi hamparan rerumputan yang  luas. Karenanya padang rumput ini termasuk padang rumput bertipe semi alami.

sadengan31Sejumlah binatang liar turut melengkapi keindahan Savana Sadengan. Tak hanya sekumpulan banteng, namun ada pula kijang, rusa, babi hutan, ajag dan tak ketinggalan macan tutul.

Sejumlah burung liar juga bisa ditemui wisatawan mulai dari si cantik merak hijau, elang jawa, elang ular bido, elang ikan kepala kelabu, elang laut perut putih, ayam hutan merah, srigunting, hingga jalak bali. Adapula blekok sawah, bangau sendang lawe, peregam, dan sejumlah burung liar lainnya.

Keberadaan hewan-hewan liar ini memang disengaja untuk menjaga populasi mereka dan juga mempertahankan keseimbangan ekosistem yang telah ada selama ini. Selain itu lingkungan Savana Sadengan yang masih alami menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi populasi hewan-hewan liar tersebut.

sadengan1Untuk menyaksikan hewan-hewan liar tersebut ada jam-jam tertentu yang harus diperhatikan wisatawan.

Misalnya saja untuk melihat kawanan banteng jawa yang sedang asik merumput, wisatawan perlu stand by di sana sejak pagi. Karena banteng-banteng tersebut mulai muncul sejak pukul 06.00 WIB – 09.00 WIB.

Namun jika tidak sempat bisa bertandang pada pagi hari, tetap bisa menyaksikan kawanan binatang bertanduk U tersebut pada sore hari, tepatnya pada pukul 15.30 WIB – 17.00 WIB.

Ada banyak banteng yang tinggal di Savana Sadengan, mencapai 120-an ekor populasi mereka. Selain banteng, di jam-jam tersebut juga muncul kawanan rusa yang memiliki sensitifitas yang lumayan tinggi. Begitu mendengar laju mobil jeep dari jarak tertentu, mereka akan segera menghindar dan bersembunyi di antara pepohonan.

sadengan3Sementara untuk kawanan merak cantik, wisatawan bisa melihat sejak pukul 06.00-10.00 pagi. Pasalnya hewan berekor indah tidak bisa terkena terik matahari. Begitu sinar matahari tak lagi hangat, dengan segera mereka akan bersembunyi diantara dahan pohon.

Para binatang itu semakin nampak jelas jika diamati dengan menggunakan lensa binokular. Wisatawan juga bisa memanjat pos pemantauan satwa untuk melihat para binatang dari ketinggian. Pos berupa gubug dengan lantai tiga ini juga memiliki penginapan khusus dibelakangnya yang bisa dimanfaatkan para peneliti untuk menginap.

pos-pantau-sadenganDi area Savana Sadengan yang luas, terbagi dalam beberapa blok, mulai dari Blok A dan Blok B yang masing-masing terdiri dari nomor 1, 2, dan 3. Pembagian blok ini tidak hanya bermanfaat bagi para penjaga namun juga bagi para peneliti sehingga mereka bisa fokus dengan penelitian mereka.

Melihat keindahan dan kealamian yang ditawarkan Savana Sadengan, wisatawan mungkin tidak akan menyangka mereka masih di dalam negeri sendiri. Karena pesona yang ditawarkan memang tak kalah dengan Savana di Afrika. Jadi selamat menikmati pemandangan savana Afrika ala Jawa Timur ya … 😉

Setelah mengunjungi tempat tadi, anda bisa mencari tempat istirahat terdekat seperti hotel Ketapang Indah.

Refrensi:

Padang Rumput Sadengan, Savana Afrika ala Jawa

Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.