Air Terjun Dlundung, Trawas

Share Button

Air Terjun Dlundung berada di Dusun Ketapang, Desa Kemloko , Kecamatan Trawas , Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Luas kawasan air terjun ini sendiri sekitar 4,5ha. Air terjun ini memiliki ketinggian terjunan sekitar 50-60meter. Air terjun ini berada ketinggian kurang lebih 760 meter dari permukaan laut dan berada di kaki gunung welirang. Berjarak sekitar 45 km dari Kota Malang atau 60 km dari Kota Surabaya.

Yaaah, Dlundung memang tidak sekedar air terjun saja. Bagi anda yang doyan buat camping dan ingin merasakan indahnya alam, anda bisa melakukannya disini. Ada beberapa tempat yang biasa digunakan untuk camping. Pertama adalah lapangan yang ada di dekat pos pembelian tiket, sedangkan yang kedua ada di atas kurang lebih 20 menit berjalan kaki dari tempat yang pertama dan hanya beberapa meter saja jaraknya langsung menuju ke air terjun.  Tempat yang di bawah terdapat fasilitas kamar mandi dan juga terdapat beberapa warung makanan dan minuman. Kalau yang di atas cuma hutan saja yang suhunya lumayan dingin kalau malam. Di sekitar air terjun ini adalah area persawahan, adapun terlihat hutan-hutan tapi jaraknya lumayan jauh. Banyak anak-anak sungai juga yang dapat anda temui ketika berjalan menuju air terjunnya.

Aliran air Terjun Dlundung tidaklah deras. Tapi jangan salah air terjunnya tidak kalah dengan air terjun lainnya. Jika anda berniat mandi atau basah-basahan di air terjun ini juga tidak masalah karena tidak berbahaya. Airnya pun dingin dan segar.

 

Fasilitas yang dimiliki kawasan wisata ini antara lain adanya area yang cukup luas untuk kegiatan outbound, mulai dari fun game, jatuh bebas, jaring laba-laba hingga flying fox. Area yang berupa lapangan ini dapat menampung sekitar 500-750 peserta.

Tiket masuknya sekitar 3.500per orang(termasuk asuransi Rp.100). Biaya parkir untuk kendaraan roda empat adalah Rp.2000, dan roda dua hanya Rp.1000 untuk satu kendaraan.

Jika hari-hari biasa, Air Terjun Dlundung ini tidak terlalu ramai. Biasanya pas ramai itu saat weekend atau pas liburan. Pengunjungnya pun dari berbagai usia. Dari yang mulai remaja , anak-anak sekolah biasanya untuk kegiatan atau satu rombongan keluarga. Air terjun ini biasanya buka pagi sekitar jam 8an tutup jam 4sore.

Kawasan Air Terjun Dlundung ini dilengkapi dengan bumi perkemahan dan warung warung yang siap melayani pengunjung dengan suasana pedesaan yang khas. Nuansa alam pegunungan yang sejuk dan berpanorama adalah merupakan daya tarik sendiri. Oleh-oleh khas wisata pegunungan berupa sayur-sayuran dan buah-buahan segar bisa didapat tidak jauh dari lokasi. Puluhan hotel tersebar di sekitar lokasi dengan harga terjangkau , contohnya :

Referensi :

  • http://www.google.co.id/imgres?q=air+terjun+dlundung&um=1&hl=id&sa=N&biw=1024&bih=639&tbm=isch&tbnid=CgpLKe7W87ldTM:&imgrefurl=
  • http://endah-amore.blogspot.com/2010/03/air-terjun-dlundung.html&docid=u9gr8CuwhNU-
  • http://sites.google.com/site/wisataairterjun/jawa-timur/air-terjun-dlundung---mojokerto
  • http://www.mojokertokab.go.id/mjk/src/obyekwisata.php?id=5
  •  http://www.wijanarko.net/2011/04/air-terjun-dlundung-kelembutan-airnya.html
Share Button

One thought on “Air Terjun Dlundung, Trawas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× 3 = three

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>