Air Terjun Selendang Arum, Wisata Baru Di Banyuwangi

Share Button

selendang arumBeberapa tahun belakangan, kawasan Banyuwangi mulai berbenah untuk mengembangkan pariwisata yang mereka miliki. Banyak potensi alam Banyuwangi yang kini mulai serius digarap untuk ladang pariwisata. Tak heran jika banyak tempat wisata baru yang kini ditemukan di Banyuwangi. Salah satunya adalah Air Terjun Selendang Arum yang berada di Dusun Sumberasi, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Tempat wisata ini bukan hanya baru bagi para wisatawan namun juga bagi penduduk dusun setempat. Suasana alami sudah bisa anda bayangkan di sekitar air terjun yang belum banyak dijamah manusia ini.

air terjun selendang arumAir Terjun Selendang Arum mulai ditemukan pada Agustus 2013 oleh aparat desa setempat dalam pencarian Air Terjun Delik. Mereka yang pada awalnya ingin menjual pariwisata Air Terjun Delik pada akhirnya lebih memilih untuk menjual Air Terjun Selendang Arum. Di bandingkan Air Terjun Selendang Arum, Air Terjun Delik memang memiliki akses yang jauh lebih baik. Namun mereka lebih memilih Air Terjun Selendang Arum karena pemandangan alam yang ditawarkan jauh lebih indah. Penemuan Air Terjun Selendang Arum sendiri cukup membuat warga sekitar terkejut karena selama ini mereka tak pernah menjumpainya, meski lokasi air terjun berdekatan dengan ladang seladah mereka.

warga selendang arumAkhirnya, warga sekitar pun mulai melakukan kerja bakti untuk membuka lahan sebagai akses menuju air terjun. Dan dari hasil musyawarah antara aparat desa dengan warga disepakati nama air terjun yang baru mereka temukan adalah Air Terjun Selendang Arum. Penamaan ini berkaitan dengan pesona yang dimiliki air terjun yang sebelumnya tersembunyi dibalik rimbunnya pepohonan hutan. Air terjun dengan ketinggian 20 meter ini cukup unik karena tidak langsung jatuh ke kolam, namun sebaliknya mengalir terlebih dahulu ke bebatuan tebing yang licin. Bebatuan yang ada di aiar terjun tersebut juga cukup unik karena menyerupai lempengan batu yang membuatnya nampak seperti selendang yang dijemur. Air Terjun Selendang Arum semakin nampak indah ketika sinar matahari mengenai permukaan airnya yang membuatnya semakin nampak berkilau.

air terjun selendang arumNah, bagi anda yang penasaran dengan Air Terjun Selendang Arum, anda bisa mengikuti tour Banyuwangi dengan rute perjalanan anda dari Banyuwangi menuju Kecamatan Genteng. Dari sini perjalanan dilanjutkan menuju pertigaan Gendoh dan pilih jalur kiri yang akan membawa anda menuju perkebunan cengkeh. Dari perkebunan cengkeh, anda akan menemui pertigaan lagi dan pilih yang jalur kanan yang menuju Dusun Sumberasi, Desa Sumberarum. Setibanya di desa, anda bisa bertanya kepada warga untuk lokasi Air Terjun Selendang Arum. Dengan senang hati mereka akan memberi tahu anda lokasi air terjun yang hanya berjarak 500 meter dari pemukiman warga ini.

jalan menuju selendang arumTenaga ekstra kembali dibutuhkan untuk benar-benar menuju air terjun. Anda harus mendaki perbukitan dan melewati area persawahan serta melewati tebing-tebing yang curam. Namun semua usaha keras anda itu akan sebanding ketika anda tiba di kawasan air terjun. Suasana yang sejuk akan segera menyapa anda dan menghapus rasa letih akibat perjalanan jauh yang anda tempuh. Apalagi jika anda kemudian membasuh diri dan bermain air di kolam air terjun yang segar. Bebatuan yang ada di balik air terjun juga cukup menantang bagi anda penikmat olahraga panjat tebing. Tak jauh dari lokasi Air Terjun Selendang Arum, banyak lokasi air terjun lainnya yang bisa anda datangi seperti Air Terjun Delik dan Air Terjun Sendang.

mendaki tebing selendang arumMemang belum banyak fasilitas wisata yang ada di sekitar Air Terjun Selendang Arum. Namun seiring dengan banyaknya kunjungan wisatawan ke sana, akses jalan mulai diperbaiki saat ini demi kemudahan para pengunjung. Dan jika anda membutuhkan akomodasi usai bertandang ke Air Terjun Selendang Arum ataupun wisata di Banyuwangi lainnya, anda bisa menggunakan hotel murah di Banyuwangi, seperti:

Refrensi:

  • https://luckyramaster7.wordpress.com/pariwisata/airterjun/air-terjun-selendang-arum/
  • http://banyuwangiapik.blogspot.com/2015/01/air-terjun-yang-berada-di-banyuwangi.html
Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.