Air Terjun Sendang Gile, Lombok

Share Button

Air Terjun Sendang Gile terletak di ketinggian 600m di atas pemukaan laut dan memiliki ketinggian kurang lebih 31m dari dasar sungai. Air terjunnya terdiri dari dua tingkatan dimana tingkatan pertama muncul dari atas tebing dan jatuh ke dasar kolam di bawahnya. Selanjutnya dari kolam air meluncur ke bawah membentuk tingkatan kedua dan jatuh membentuk sungai yang ada di bawahnya. Dasar air sungai ini relative sangat dasar sehingga banyak orang yang mandi di bawah air terjun.

Lokasi wisata ini masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Menurut warga sekitar nama Sendang Gile diambil dari cerita penduduk yang secara tidak sengaja menemukan air terjun ini saat memburu singa gila yang mengacau di sebuah kampung dan kemudian lari masuk ke dalam hutan. Hal menarik lainnya yang menjadikan air terjun ini berbeda adalah karena penduduk setempat mempercayai bahwa air terjun ini mempunyai unsure magis yang bisa membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun dari usianya apabila membasuh muka atau mandi disini.

Terletak di Desa Senaru, Kec Bayan, Kab Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Jaraknya kurang lebih 60km dari Ibu Kota Mataram. Untuk menuju lokasi air terjun ini membutuhkan waktu sekitarĀ  dua hingga tiga jam menggunakan kendaraan pribadi. Ada dua rute yang dapat ditempuh untuk menuju kesini yaitu melalui Pusuk dan kedua melalui Pantai Senggigi. Kebetulan tidak ada kendaraan umum yang menuju langsung ke lokasi. Oleh sebab itu banyak wisatawan yang menyewa kendaraan pribadi atau rental mobil. Namun wisatawan juga bisa menggunakan paket tour ke Lombok.

Untuk selanjutnya dari pintu masuk di Desa Senaru ke lokasi air terjun, anda harus berjalan kaki menuruni kurang kebih 320 anak tangga melalui sebuah lembah yang cukup terjal dan membutuhkan waktu sekitar 20menit. Perjalanan alternative bisa anda gunakan dengan menyelusuri pinggir lembah yang agak curam mengikuti saluran irigasi dan menyebrangi jembatannya yang terbuat dari rotan.

Di kawasan wisata ini terdapat beberapa fasilitas yang tersedia seperti toilet, tempat ganti pakaian namun di sekitar lokasi ini jarang ada penjual makanan ataupun minuman, sehingga disarankan agar anda membawa bekal sendiri. Jarang juga terdapat penginapan di sekitar, sebagai gantinya anda bisa menyiapkan tenda sendiri. Hanya ada penginapan yang disediakan penduduk sekitar namun agak jauh dari wisata air terjun atau jika anda ingin menginap di hotel-hotel berbintang bisa reservasi di pusat kota seperti:

Referensi

  • https://sites.google.com/site/wisataairterjun/nusa-tenggara-barat/air-terjun-sendang-gila—lombok-utara
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.