Air Terjun Sipiso-Piso, Air Terjun Tertinggi Di Indonesia

Share Button

AIR-TERJUN-SIPISO-PISOSalah satu wisata di Sumatera Utara yang patut anda kunjungi adalah Air Terjun Sipiso-Piso. Air terjun ini terletak di ketinggian 800 meter di atas permukaan air laut dan jatuh dari tebing setinggi 120 meter. Berada di ketinggian ini menempatkan air terjun sipiso-piso sebagai air terjun tertinggi di Indonesia. Air terjun ini berada di tepi Danau Toba dengan aliran air terjun menuju lembah yang dikelilingi perbukitan dan hutan pohon pinus dan berakhir di danau toba. Jarak antara air terjun sipiso-piso dengan danau toba pun hanya tujuh kilo meter di dataran rendah.

sipiso-piso-karo-sumatra-utara-155Air terjun Sipiso-piso memiliki kecantikan yang mengundang kekaguman banyak orang. Tak hanya masyarakat sekitar yang senang mengunjungi wisata air terjun ini, tapi banyak juga wisatawan mancanegara yang datang. Mulai dari Malaysia, Singapura, Prancis, dan Belanda. Maklum, keindahan air terjun ini telah terkenal hingga ke seluruh dunia, jadi wajar saja jika banyak wisatawan yang ingin mengunjunginya.

Begitu derasnya aliran air yang berjatuhan dari bukit bagaikan bilah-bilah pisau yang tajam. Apalagi jika dilihat dari atas bukit jurang tempat air terjun tersebut berada begitu curam bagaikan pisau.

Hal inilah yang kemudian mendasari pemberian nama air terjun ini Sipiso-piso dari kata piso yang berarti pisau. Air terjun ini berada di Desa Tongging Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Masyarakat sekitar menyebut air terjun ini sebagai piso dari tanah Karo. Kecamatan karo hanya berjarak 24 km dari ibukota kabupaten, Kabanjahe.Sipiso

Namun jika anda berada di Medan dan memulai perjalanan dari kota ini maka anda harus menempuh perjalanan selama dua jam untuk sampai ke Kabanjahe. Dari sini anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah utara menuju Danau Toba dengan jarak 24 km. Anda tidak perlu khawatir karena kualitas jalur menuju tempat wisata ini sudah baik dengan jalannya yang beraspal. Dari Danau Toba dalam waktu 30 menit anda sudah sampai di desa tempat Air Terjun Sipiso-Piso berada.

anak tangga ke sipioBegitu anda sampai di desa Tongging anda sudah bisa menikmati pemandangan indah layaknya kawasan wisata di Desa Tao Silalahi yang berada di sebelahnya. Keindahan Tanah Karo dari gardu pandang yang ada di puncak bukit sudah menyambut anda. Tanah karo merupakan titik pangkal aliran air terjun Sipiso-Piso. Dan dari puncak bukit ini pula anda bisa melihat keindahan Danau Toba yang merupakan danau vulkanik terbesar di dunia.

photo997_03_DSCF9854-sipiso-piso waterfall, tongging, north sumatraUntuk bisa lebih menikmati keindahan air terjun sipiso-piso anda harus menyusuri punggung bukit dengan melewati ratusan anak tangga kecil. Anak tangga ini memang telah disiapkan sebagai akses untuk turun dan mendekati air terjun Sipiso-Piso. Jadi anda tidak perlu khawatir karena telah terjaga keamanannya. Begitu sampai di bawah, anda bisa melihat bukit-bukit kecil dihadapan anda dengan diiringi suara gemuruh percikan air terjun. Begitu besarnya percikan air dari air terjun sipiso-piso mengalahkan air terjun sigura-gura yang juga wisata alam terkenal di Sumatra Utara. Tak jarang di tengah air terjun tersebut muncul pelangi.

Usai menikmati keindahan air terjun ini anda bisa berburu oleh-oleh di Tanah Karo. Untuk membantu wisata anda, anda bisa menggunakan paket tour Medan maupun tour Danau Toba dan jika anda membutuhkan akomodasi anda bisa menginap di penginapan di daerah Kabanjahe atau pun di hotel murah di Medan, seperti:

Refrensi:

http://destinasiwisatanusantara.blogspot.com/2013/12/air-terjun-sipiso-piso-tongging.html
Air Terjun Sipiso-piso

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.