Air Terjun Songgo Langit, Jepara

Share Button

Objek wisata ini terletak di utara Desa Bucu, Kecamatan Kembang 30 Km dari Kota Jepara. Air terjun yang memiliki ketinggian 80m dan lebar 2m ini menurut arus kuat yang menyebar di kalangan penduduk setempat bahwa tubuh akan tetap awet muda setelah mandi atau mencuci muka bagi mereka yang mempercayainya. Songgolangit sendiri berarti menyangga langit yang diartikan dalam bahasa Jawa. Dinamai demikian karena jika dilihat dari bawah air terjun itu seperti menyangga langit. Sebuah pemandangan alam di sekitar wisata ini begitu indah dan udaranya yang bersih dan santai sehingga membuat lokasi ini dijadikan sebagai daerah rekreasi.

Untuk mencapai lokasi ini anda dapat menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4. Jika dari pusat Kota Jepara, ambila jalan kea rah utara yang menuju arah Kabupaten Pati dengan melewati Kecamatan Mlonggo, Kecamatan Bangsri dan Kecamatan Kembang. Selanjutnya dari Kecamatan Kembang perjalanan diteruskan ke Desa Cepogo melewati hutan jati dengan jarak kurang lebih 2km hingga sampai di pertigaan jalan di desa tersebut. Di pertigaan ini akan ditemui papan petunjuk ke lokasi Air Terjun Songgolangit. Dalam papan tersebut lokasi air terjun masih berjarak 11km lagi dengan mengambil arak kekanan atau ke timur dari pertigaan tersebut. Dari Desa Cepogo ini perjalanan selanjutnya akan melewati Desa Semanding hingga tiba di Desa Bucu, dimana air terjun tersebut berada.

Dalam masa liburan panjang banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini, dari catatan yang dihimpun dari Dinas pariwisata setempat menyebutkan kenaikan prosentase arus kunjungan bisa mencapai 70%. Hawa sejuk pegunungan dan suasana nyaman yang ditawarkan objek wisata ini, meskipun jarak yang ditempuh dari Pusat Kota jepara sendiri memakan waktu yang lumayan tidak sebentar namun rasa lelah akan terasa hilang ketika sudah menikmati suasana air terjun yang banyak diminati pasangan muda-mudi bahkan dari sampai yang sudah berkeluarga.

Seharian disini belumlah cukup merampungkan eloknya panorama, jauh dari polusi udara. banyak fasilitas yang diberikan oleh pengelola objek wisata ini, seperti warung-warung tempat makan, parkir motor atau mobil yang cukup luas, kamar mandi, mushola, bahkan banyaknya pula penginapan-penginapan yang disewakan di sekitar tempat wisata. Bahkan hotel-hotel pun banyak yang disediakan di daerah kota Jepara ini, seperti :

Referensi :

  • http://kabarseputarmuria.lokal.detik.com/2011/10/28/menikmati-indahnya-air-terjun-songgolangit-jepara/
  • http://jeparainfo.com/pariwisata/wisata-air-terjun-songgolangi
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.