Akhir Tahun Nan Romantis Di Situ Cileunca

Share Button

cileuncaTravelers mau ngajakin pasangan buat ngerayain pergantin tahun dengan suasana yang romantis? Ke Bandung aja yuk. Karena di sana ada banyak tempat keren nan roamntis buat kamu dan pasangan. Salah satunya adalah Situ Cileunca yang ngehits banget di kota kembang. Situ atau danau ini menawarkan keindahan yang begitu mengagumkan. Dan karena keindahannya tempat ini juga bisa menjadi tempat yang romantis buat travelers bersama pasangan. Suasana yang ditawaran Situ Coleunca juga masih asri dan alami yang membuat mata dan pikiran menjadi lebih sejuk dan ikutan tenang. Udara Bandung yang dingin semakin terasa dingin di sini karena lokasinya yang berada di ketinggian 1551 meter di atas permukaan laut. Kealamian dan ketenangan yang ditawarkan Situ Cileunca membuat tempat ini pas untuk travelers melakukan refleksi guna perbaikan di tahun yang akan datang.

danau-cileuncaSitu Cileunca juga menjadi salah satu tempat di Bandung yang sering digunakan untuk camping. Karena memang danau yang berlokasi di Desa Warnasari, Kecamatan Pangelangan, Bandung ini menawarkan area yang luas untuk menikmati keindahan alam. Buat travelers yang ingin merayakan pergantian tahun dengan sesuatu yang alami bisa camping di sini bersama pasangan ataupun kawan-kawan. Meramaikan moment pergantian tahun dengan pesta kembang api di tengah danau yang sunyi tentunya memberikan pengalaman tersendiri. Tapi buat travelers yang enggan untuk camping bisa bermalam dan berpesta tahun baru di sejumlah hotel murah di Bandung yang mengadakan sejumlah event yang tak kalah seru dan meriah untuk menyambut datangnya tahun 2016.

situ-cileunca-bdgNamun tahukah travelers, dibalik keindahan Situ Cileunca yang masih alami, ternyata ada tangan manusia yang memiliki peranan di sini. Ya, Danau Cileunca merupakan danau buatan yang dibangun pada masa penjajahan Belanda, yakni di tahun 1918. Aslinya kawasan Cileunca dulu merupakan area hutan yang sangat lebat. Namun karena masyarakat setempat memiliki kebutuhan air yang sangat besar, baik untuk kehidupan sehari-hari, maupun pemenuhan area pertanian, maka salah seorang Meneer memerintahkan untuk dibuat danau sedalam 17 meter dengan luas mencapai 1400 hektar. Tentunya ini menjadi pekerjaan yang berat bagi bangsa kita kala itu. Namun manfaat dari danau buatan tersebut masih bisa dirasakan hingga saat ini. Bahkan kini danau ini tidak hanya menjadi tempat pemenuhan air bagi masyarakat setempat saja namun juga menjadi area wisata yang tentunya semakin meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

arung-jeram-sungai-paralayangTravelers pernah berarung jeram di Sungai Paralayangan? Nah, aliran dari sungai tersebut beemuara di Situ Cileunca dan menjadi sumber mata air danau ini. Tak ada salahnya usai travelers berarung jeram di Sungai Paralayangan lanjut camping dan bersantai di Situ Cileunca. Pemandangan indah yang ditawarkan Situ Cileunca juga disebabkan karena lokasinya yang diapit oleh dua pegunungan dan juga beberapa tebing. Dari Situ Cileunca travelers juga bisa mendapati pemandangan dari perkebunan teh Malabar yang semakin menambah kesejukan mata kala memandang. Jika ingin menghabiskan waktu lebih romantis lagi bersama pasangan, travelers bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu tradisional. Nikmati kesegaran dan kejernihan air di Situ Cileunca dengan ditemani sejumlah ikan air tawar yang asik berenang kesana-kemari. Sambil berkeliling danau, memancing ikan-ikan ini sepertinya seru juga, lumayan untuk makan malam sambil menunggu pergantian tahun tiba.

jembatan-cintaPuas bermain di danau, jangan lewatkan untuk berfoto di Jembatan Cinta. Tapi jangan dikira di jembatan ini ada tanda cinta atau apapun itu yang berhubungan dengan cinta ya. Karena sebenarnya jembatan ini hanyalah jembatan biasa yang digunakan untuk menghubungkan dua desa di sekitar Danau Cileunca. Jembatan ini sengaja di cat warna merah muda dan diberi nama Jembatan Cinta karena kala sore hari kerap digunakan muda-mudi untuk berpacaran sembari menikmati pemandangan matahari terbenam. Makin lengkap dong suasana romantis yang ditawarkan Situ Cileunca.

situ-cileuncaJadi tunggu apalagi, buruan rayakan moment pergantian tahun dengan suasana yang tenang nan romantis di Situ Cileunca. Untuk ke sini juga bukan hal yang sulit dan tak menghabiskan banyak tenaga. Lokasinya yang cukup strategis dan hanya berjarak 45 km dari pusat kota membuat tempat ini begitu mudah dijangkau. Gak heran deh jika banyak mojang Bandung yang memilih berwisata di sini. Apalagi biaya masuknya juga cukup murah, hanya Rp 2.500 aja per orang. Cantik, romantis, murah, dan mudah dijangkau lagi. Rasanya betul-betul disayangkan jika harus melewatkan kunjungan ke Situ Cileunca, benerkan travelers 😉

Share Button

2 thoughts on “Akhir Tahun Nan Romantis Di Situ Cileunca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.