BANDUNG LIGHT FESTIVAL, IKON WISATA KOTA BANDUNG YANG PUNYA BERAGAM KEUNIKAN

Share Button
Bandung Light Festival

Bandung menjadi salah satu primadona Wisata Indonesia. Kota yang memiliki julukan Kota Kembang ini menyimpan banyak keindahan alam serta keanekaragaman kuliner. Kota ini juga menjadi salah satu pusat Mode di Indonesia. Karena banyak sekali Mode pakaian dari kota Bandung yang menjadi trendsetter berbusana di kalangan anak muda Indonesia.
Dari sekian banyak keunikan yang dimiliki Kota Bandung, salah satu hal yang menjadi magnet wisata kota Bandung diantaranya adalah adanya berbagai festival unik yang diadakan oleh warga setempat bersama dengan Pemerintah Kota Bandung. Salah satu festival tahunan yang sangat di nantikan warga Bandung dan juga wisatawan dari luar kota adalah Bandung Light Festival. Bandung Light Festival diadakan dengan tujuan untuk memperingati Hari Jadi Kota Bandung. Sehingga acara Bandung Light Festival ini menjadi acara rutin tahunan di Kota Bandung. Pemerintah Kota Bandung bersama dengan warga Bandung saling bekerjasama dalam mensukseskan acara ini. Karena diadakan setiap tahun, maka acara Bandung Light Festival ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Bandung. Dalam acara ini, kegiatan yang paling dinantikan adalah pawai kendaraan hias dengan berbagai bentuk unik dan juga dihiasi dengan cahaya-cahaya lampu hias. Kendaraan-kendaraan tersebut dibuat oleh beberapa relawan yang sengaja menyumbangkan ide kreatif mereka untuk mengikuti event tahunan tersebut. Rute yang dilalui pawai kendaraan Bandung Light Festival ini biasanya dimulai dari Jalan Diponegoro, lalu menuju jalan-jalan yang berada di pusat Kota Bandung, dan yang terakhir adalah di jalan Asia Afrika. Ketika pawai ini berlangsung, banyak warga yang tumpah ruah memadati jalanan yang menjadi rute pawai ini. Karena memang pawai kendaraan hias ini merupakan salah satu puncak dari event tahunan Bandung Light Festival. Dari Bandung Light Festival terdapat beberapa keunikan yang bisa dinikmati selama acara tersebut berlangsung.

1. Memiliki Tema Yang Berbeda setiap Tahunnya
Bandung Light Festival merupakan sebuah event dimana terdapat banyak sekali cahaya lampu hias yang dibuat oleh peserta atau relawan dalam acara tersebut. Untuk menambah daya tarik acara Bandung Light Festival ini, panitia menentukan tema yang berbeda setiap tahun. Tentu tema yang di pilih oleh panitia Bandung Light Festival sangat menarik dan unik. Misalnya saja pada tahun 2016, panitia acara Bandung Light Festival memilih Tema “Robot Galactica” dalam acara ini. Sedangkan pada tahun 2017 panitia Bandung Light Fesival pada tahun ini memilih tema “Ubder The Sea”. Dalam setiap tema tersebut relawan atau peserta pawai menyesuaikan bentuk kendaraan hias dengan tema yang sudah ditentukan oleh panitia acara. Seperti tema “Under The Sea” yang baru saja diadakan pada 2017 lalu ini, peserta pawai membuat kendaraan lampu hias dengan berbagai bentuk biota laut dan juga ikan-ikan laut yang unik dan menarik. Selain bentuk-bentuk kendaraan yang menarik yang telah dibuat oleh para relawan, warga yang ikut menikmati acara Bandung Light Festival ini juga dapat belajar mengenai berbagai jenis fauna bawah laut beserta nama-namanya. Panitia sengaja memilih tema yang berbeda setiap tahun, karena diharapkan selain untuk hiburan masyarakat kota Bandung, acara Bandung Light Festival ini juga dapat menjadi sarana edukasi bagi warga yang datang menikmati acara Bandung Light Festival ini.

2. Bertabur Cahya Lampu Hias yang Dibuat Oleh Relawan

DEDEN IMAN/ “PR”
Peserta karnaval menghias kendaraan.

Sebagai salah satu ikon wisata Kota Bandung, acra Bandung Light Festival tentunya menarik perhatian seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari seniman, pemerintah daerah, hingga komunitas-komunitas di Kota Bandung dan Sekitarnya ikut memeriahkan acara ini. Berbagai lapisan masyarakat tersebut ikut memeriahkan acara Bandung Light Festival dengan cara ikut berpartisipasi dalam membuat berbagai kendaraan lampu hias yang dibentuk sesuai dengan Tema yang telah ditentukan Panitia. Tentunya relawan-relawan yang ikut serta dalam acara Bandung Light Festival dengan sukarela dan penuh semangat ingin turu serta memeriahkan acara tersebut. Setiap tahunnya, acara Bandung Light Fesival bukan hanya terdiri dari sepuluh atau duap uluh komunitas saja. namun, dalam acara tahunan Kota Bandung ini selalu saja diikuti oleh Banyak Relawan. Bahkan pada acara Bandung Light Festival tahun 2017 diikuti oleh kurang lebih sebanyak 70 peserta. Selain komunitas dan warga Bandung, acara ini biasanya juga selalu dihadiri oleh Walikota Bandung. Tentunya hal tersebut semakin menunjukkan kepada masyarakat bahwa warga Kota Bandung beserta Pemerintahannya merupakan contoh hubungan yang baik antara warga dengan pemerintahannya.

3. Event Gratis Bertabur cahaya dan Hiburan Kesenian lain Khas Kota Bandung
Menjadi salah satu acara yang ditunggu-tunggu warga Kota Bandung, acara Bandung Light Fesival memiliki satu magnet yang sangat disukai masyarakat pada umumnya. Acara yang diadakan di Kota Bandung setiap tahun ini tidak memungut biaya sedikitpun bagi siapa saja yang ingin menikmati kemeriahan acara ini. Karena tiket masuknya yang gratis, tidak heran bila acara tahunan ini selalu diupenuhi oleh warga Kota Bandung yang penasaran melihat pawai kendaraan bertabur cahaya yang unik tersebut. Selain pawai kendaraan bertabur cahaya, acara Bandung Light Festival ini juga menyuguhkan berbagai pertunjukan kesenian khas Kota Kembang Bandung untuk turut memeriahkan acara Bandung Light Festival. Oleh karena itu, sebelum atau sesudah acara pawai kendaraan, wisatawan yang datang dapat menikmati pertunjukan lain yang akan mengusir rasa bosan pengunjung.

 

Bandung Light Festival

4. Menyuguhkan Spot Foto yang Menarik Untuk Para Pengunjung
Karena acara Bandung Light Festival yang bertabur Cahaya serta berbagai bentuk kendaraan hias yang unik, maka warga akan mendapakan spot-spot foto yang menarik selama acara Bandung Light Fesival ini berlangsung. Tentunya spot foto yang disuguhkan dalam gelaran BANDUNG Light Festival ini akan menjadi spot foto yang tergolong “limited edition”. Maka warga yang menginginkan mendapat spot foto yang menarik harus panda-pandai dalam memilih tempat serta moment yang tepat saat akan mengambil gambar. Warga Kota Bandung yang datang ke acara ini biasanya akan sangat senang berfoto sambil berburu moment unik untuk diabadikan. Sehingga, selain sebagai tempat hiburan yang murah dan asyik bagi warga Kota Bandung, acara Bandung Light Festival ini menjadi salah satu tempat untuk berburu foto bagi sebagian fotografer. Namunperlu diingat, karena padatnya masyarakat yang ikut menikmati acara ini, maka bagi yang ingin berfoto harus bersabar dan menerima kenyataan bahwa hasil foto akan terdapat banyak orang lain yang ikut terambil gambarnya ketika berfoto.
Nah, beberapa keunikan diatas adalah sebagian kecil daya tarik yang disuguhkan dalam acara Bandung Light Festival. Pemerintah Kota Bandung dan Warga Kota Bandung telah menjadikan event tahunan ini sebagaisalah satu ikon wisata Kota Bandung. Sehingga akan semakin banyak destinasi wisata yang akan menjadi tujuan berlibur turis local maupun mancanegara. Selain itu, acara tersebut dapat menjadi contoh untuk kota lain yang ingin memberi sensasi berbeda pada acara Hari Jadi Kota-Kota lain.

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.