Bendungan Selorejo, Malang

Share Button

Taman wisata Selorejo adalah sebuah bendungan yang berada di Malang tepatnya di Kecamatan Ngantang. Pembuatan bendungan ini pada awalnya hanya bertujuan sebagai sistem pengairan masyarakat setempat sekaligus sebagai tendon air pada musim hujan. Namun dalam perkembangannya bendungan ini dijadikan sebagai objek wisata yang indah dan sangat menarik karena banyak juga terdapat fasilitas yang disediakan disini. Tempat wisata ini kerap menjadi tujuan wisata anak sekolah dan keluarga semasa liburan.

Selorejo dikelola oleh Perum Jasa Tirta I, dimana bendungan ini dikelilingi oleh perbukitan dan Gunung Anjasmoro, Gunung Kelud, dan Gunung Kawi. Kondisi tersebut yang menambah semakin sejuknya udara disini.
Di sisi barat Bendungan Selorejo dipisahkan oleh dua tebing yang sangat curam. Untuk mencapai bendugan ini anda harus melewati jembatan gantung setinggu kurang lebih 100m. Bagi anda yang takut ketinggian ini bisa dijadikan ajang menguji nyali.

Di dalam area wisata bendungan ini anda bisa menikmati pemandangan alam dengan menyewa perahu motor untuk berkeliling danau, berenang di kolam air sumber alam, olahraga kano atau hanya sekedar jalan-jalan mengelilingi kebun jambu yang luas. Perjalanan menuju bendungan ini pun sangat menarik dan menantang karena selama perjalanan anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah tidak hanya itu anda akan menemukan tantangan adrenalin dengan menapaki jalan yang naik turun dan berliku-liku.

Setelah puas berkeliling anda dapat beristirahat di lokasi pasar makanan yang banyaknya didominaso berbagai makanan jenis ikan bakar dan ikan goring. Anda juga bisa memilih warung yang lokasinya di pinggir waduk. Untuk mencapai lokasi wisata ini sangatlah mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Bisa dengan beberapa jalur yaitu Malang-Batu-Selorejo, Jombang-Pare-Selorejo, ataupun Blitar-Wlingi-Selorejo.

Selain itu disini anda bisa menyaksikan panorama matahari terbit dan terbenam di dalam bayangan air danau. Ada juga area golf yang terletak di pinggir waduk dengan udara yang sangat sejuk memberikan kenyamanan tersendiri bagi pegolf. Sarana lapangan tenis pun juga disediakan disini. Bendungan Selorejo pun mampu dijadikan sebagai arena sky dan jet sky. Disediakan pula cottage di skitar danau yang bisa anda sewa jika ingin bermalam di Kota ini, tidak sedikit juga penginapan rumahan yang disewakan oleh penduduk sekitar namun lokasinya sudah keluar dari arena bendungan sendiri. Namun anda tidak perlu khawatir jika ingin menginap di hotel, karena di Kota Malang sendiri banyak hotel berbintang yang bisa anda inapi seperti:

Referensi

  • http://discover-wonderful-indonesia.blogspot.com/2012/07/jelajahi-keindahan-tempat-wisata-di.html
  • http://allterbaru.blogspot.com/2013/01/taman-wisata-bendungan-selorejo.html
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


two + 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>