Cantiknya Patuk Gunungkidul Di Bulan November

Share Button

kebun bunga patuk gunungkidulDaerah Yogyakarta emang pantas jika disebut sebagai surga wisata, selain Bali. Pasalnya daerah ini gak cuma memiki sejumlah budaya yang masih terjaga namun juga kerap menawarkan sejumlah wisata baru yang sayang banget buat dilewatin. Terutama di daerah Gunungkidul yang gak henti-hentinya ngebuat banyak orang tertegun. Meski terkenal sebagai daerah yang kering, nyatanya Gunungkidul mempunyai sejumlah tempat keren yang menjadi surga di tengah tandusnya tanah Gunungkidul. Bahkan destinasi wisatanya juga mirip banget dengan destinasi-destinasi yang ada di luar negeri. Nah, belakangan ini netizen di buat heboh dengan keberadaan kebun bunga di Gunungkidul yang pemandangannya mirip banget kayak kebun bunga di daerah-daerah Eropa, terutama Belanda. Yang bikin makin unik karena kebun bunga ini cuma ada setahun sekali dan adanya di bulan November. Jadi mumpung bulan Novembernya belum berakhir, yuk akhir pekan nanti kita tour ke Yogyakarta dan langsung deh kita lihat kebun bunga ala negeri Belanda ini secara langsung.

kebun bunga patuk gunungkidulKebun bunga yang unik tersebut berada di pinggir jalan, tepatnya di jalan utama menuju Wonosobo dari Yogyakarta. Lokasinya masuk dalam wilayah Desa Salam, Kecamatan Patuk dan berada di sisi timur kantor Polsek Patuk, sebelum jembatan dan berada tepat di kanan jalan. Begitu tiba di sana, travelers pasti bakalan jadi pengen nyanyi lagunya Sheila On 7 deh yang judulnya “Bunga Di Tepi Jalan”. Pasalnya pemandangannya indah banget. Banyak orang yang melintas di Jalan Patuk berhenti sejenak untuk mengabadikan momen indahnya pemandangan yang ada. Kebun bunga tersebut dipenuhi dengan bunga amaryllis yang berwarna jingga. Bunga dalam kelompok lily-lilyan ini memang hanya mekar di bulan November dan Desember sehingga kerap disebut sebagai bunga november, terutama pada saat musim penghujan. Bunga ini termasuk dalam kategori bunga liar dan kerap dijual warga sekitar untuk menambah penghasilan.

bunga amarilisBunga amaryllis atau yang juga dikenal dengan nama lily hujan, lantaran hanya tumbuh di musim penghujan, beragam jenis dan bisa berbeda-beda karakternya bergantung dengan kondisi geografis negara yang ditempati. Namun bunga ini memiliki persamaan dengan lily pada umumnya dimana daun dan bunganya memiliki bentuk seperti terompet sehingga membuatnya tampak merunduk. Di waktu mekar, bunga ini tidka hanya harum namun juga memiliki ketinggian antara 30-120 cm. Kebun bunga yang heboh diperbincangkan para netizen, sebenarnya berada di pekarang rumah warga. Jadi untuk memasukinya tidak dikenakan biaya sepeserpun hanya perlu minta ijin kepada pemilik rumah. Melihat semakin banyaknya wisatawan yang bertandang membuat pemilik rumah akhirnya meletakkan kotak infaq. Kalau mau travelers bisa ikutan nyumbang.

kebun bunga patuk gunungkidulTravelers bisa memanfaatkan bunga-bunga tersebut untuk lokasi berfoto dan share deh ke semua medsos yang kamu punya. Pasti temen-temen kamu bakal mikir kamu lagi di luar negeri, hehe. Nah mumpung saat ini bunga-bunga ini lagi mekar, yuk buruan ke sana. Entar keburu layu lagi loh. Dan kalau travelers butuh penginapan selama di Yogyakarta, ada banyak kok hotel murah di Yogyakarta yang bisa kamu gunain. Jadi gak perlu ragu lagi buat ke sana.

Refrensi:

http://wisatabagus.co/40/mirip-eropa-kebun-bunga-lily-di-gunung-kidul-jadi-trending-topic/

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.