Coban Pelangi, Malang

Share Button

Coban pelangi juga merupakan salah satu air terjun yang ada di Malang. Dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang dan dikelilingi oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Terletak di Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo, Malang. Berada pada ketinggian 1299,5m dpl dari kaki Gunung Semeru. Suhu udara di kawasan ini berkisar 19-23 derajat celcius. Air terjun ini dinamakan Coban Pelangi karena air terjun ini sering membiaskan pelangi. Bagi para pendaki gunung, air terjun ini tidak asing bagi mereka karena mobil jeep angkutan umum satu-satunya yang membawa mereka dari Pasar Tumpang menuju Gunung Bromo melewati lokasi ini. Berjarak sekitar kurang lebih 32km sebelah timur Kota Malang yang berada sebelum masuk pertigaan Jemplang, dan seusai melewai Desa Gubuk Klakah di sebelah kananakan ada gapura yang bertuliskan Coban Pelangi. Dari area pintu masuk yang berada di atas tebing, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang menurun dan melintasi jembatan. Jarak tempuhnya sekitar 1,5km hingga lokasi air terjun berada.

Waktu berkunjung yang tepat di Coban Pelangi adalah di pagi hari karena kabut sering muncul setelah lewat dari tengah hari dan pada musim penghujan, pihak pengelola membatasi kunjungan hingga pukul 4sore dikarenakan untuk menghindari munculnya air bah yang datang dari pegunungan di bagian hulu yang acap kali datang.
Kawasan Air Terjun Coban Pelangi ini termasuk dalam kawasan yang masih alami, airnya yang sangat dingin dan masih jernih sehingga memberikan kesan yang asri. Ketika anda berada di sini, anda dapat melihat pelangi dari sisi manapun misalnya saat berdiri di bebatuan besar atau sungai yang menampung air terjun. namun semua itu tergantung pada jumlah debit air dan letak matahari. Wisata ini mulai dirintis mulai tahun 1986 oleh warga setempat. Baru pada tahun 1989 diambil alih pengelolaannya oleh Perhutani. Keelokan air terjun ini cukup tersohor bahkan hingga ke mancanegara.

Untuk masuk wisata ini anda harus membaya tiket seharga Rp.5.000 untuk hari biasa. Tempat parkir juga dijaga oleh petugas, namun untuk parkir roda empat parkirnya ada di luar halaman. Tempat parkir di dalamnya cukup unik, karena posisinya miring atau mendaki sehingga untuk parkir paling atas anda harus extra tancap gas agar sampai di tempat parkiran. Baiknya, di sekitar wisata ini sekarang sudah disediakan penginapan sederhana yang harganya pasti terjangkau, namun untuk fasilitasnya pun juga terbatas dan sesuai denagn kondisi lingkungan sekitar. Jika anda ingin menginapa di hotel yang berbintang, di Kota Malang pun banyak tersedia seperti:

Referensi:

  • https://sites.google.com/site/wisataairterjun/jawa-timur/coban-pelangi—gubuk-klakah-tumpang—malang
  • http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/08/31/air-terjun-coban-pelangi-482902.html
Share Button

2 thoughts on “Coban Pelangi, Malang

  1. Thanks for one’s marvelous posting! I certainly enjoyed reading it, you can be a great author. I will always bookmark your blog and will come back from now on. I want to encourage you to continue your great posts, have a nice holiday weekend!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven − 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>