Coban Talun, Malang

Share Button

Coban Talun adalah sebuah air tejun yang berada di kawasan wisata Bumi Perkemahan Coban Talun di lereng barat Gunung Arjuna Welirang Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 75m dengan diameter kurang lebih 15m dengan pemandangan nya yang sangat indah serta anda juga menyaksikan pemandangan pelangi di setiap sudutnya. Lokasi untuk menuju Coban Talun jaraknya kurang lebih 15km dari Kota Malang. Kondisi jalan menuju wisatapun masih berbatu dan belum di aspal namun cukup aman untuk dilewati kendaraan roda dua atau roda empat. Di sepanjang perjalanan menuju wisata anda akan menjumpai banyak tanaman buah kesemek yang tumbuh di halaman rumah warga sekitar. Setelah melewati pintu wisata, kondisi jalan akan berganti menjadi jalan tanah.
Dari lokasi parkiran, ada dua tempat yang bisa anda kunjungi yaitu yang petama bendungan dan coban itu sendiri. Untuk ke bendungan jaraknya sangat dekat namun untuk ke air terjun sendiri jaraknya kurang lebih memerlukan waktu30 menit. Air terjun ini sendiri terletak di dasar tebing sungai dan untuk mencapainya anda harus melewati sebuah jalan tanah yang berkelok di sisi tebing. Kondisi jalannya yang setapak cukup curam dan licin jika musim hujan.

Namun di Coban Canggu ini panorama alamnya sangat indah karena terletak di antara bebatuan, batu besar putih telah mendominasi isi sungai. Di dasar air terjun sendiri juga terdapat kolam air dangkal. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan dan pegunungan yang sejuk karena keindahan alamnya, kawasan ini sering digunakan sebagai area camping ground yang terletak satu are dengan air terjun.
Kawasan wisata ini dikelola oleh pemerintah Kota Batu yang menyediakan berbagai fasilitas umum seperti kamar mandi, air yang bersih, persewaan tenda, lampu minyak,generator, kayu bakar dan perlengkapan lainnya. Di wisata ini juga banyak terdapat warung makan yang berjejeran di pintu masuk perkemahan. Warung cinderamata, tanaman hias, atau tanaman buah khas Batu seperti stroberi, apel, serta sayur-sayuran. Untuk menuju wisata ini anda bisa mengambil jalu dari alun-alun Kota Batu atau langsung dari Surabaya melalui Trawas. Jika anda ingin bermalam di di air terjun ini, anda tidak perlu khawatir karena di sekitar wisata banyak dijumpai penginapan kamaran atau rumahan yang disediakan olehwarga setempat atau anda juga bisa reservasi langsung di hotel-hotel seperti:

Referensi:

  • https://sites.google.com/site/wisataairterjun/jawa-timur/coban-talun—malang

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


nine + = 17

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>