Danau Kelimutu, Flores

Share Button
danau kelimutu

danau kelimutu

Danau Kelimutu atau yang sering disebut juga dengan Danau Tiga Warna ini terletak di Kampung Moni,Kabupaten Ende, Flores. Danau Kelimutu berjarak sekitar 60 km dari Ende, kota di pesisir selatan Pulau Flores yang merupakan bagian tengah pulau Nusa Tenggara Timur. Lama perjalanan sekitar 2 jam dengan kendaraan pribadi, seperti motor atau mobil. Atau bisa juga ditempuh dari kota Maumere selama kurang lebih 3 jam dengan jarak tempuh sekitar 83 km.

Danau ini berada di pegunungan Kelimutu. Kelimutu merupakan gabungan dari kata keli yang berarti gunung dan mutu yang berarti mendidih. Kelimutu adalah satu dari sekian daerah tujuan wisata yang sangat terkenal di Pulau Flores, selain komodo. Menurut sejarahnya, Gunung Kelimutu pernah meletus pada tahun 1886 dengan meninggalkan kawah berbentuk tiga buah danau yang letaknya berdekatan. Area tersebut diresmikan sebagai Taman Nasional sejak tanggal 26 Februari 1992.

kampung moni

kampung moni

Meski Danau Kelimutu berada di kawasan taman nasional, namun kawasan ini terbuka untuk siapa pun yang ingin berkunjung. Pemerintah Kabupaten Ende menjadikannya sebagai salah satu objek wisata andalan. Selain indah, danau di Kelimutu juga unik. Air danau lain biasanya bening, tapi tidak demikian dengan air danau di Kelimutu yang berwarna-warni. Tiga danau di sini berwarna beda, yaitu biru, merah dan putih. Uniknya warna air danau tersebut berubah-ubah dengan seiring waktu.

Pada waktu Kelimutu mulai dikenal oleh masyarakat luas, memang warna danaunya adalah merah, biru dan putih, lalu kemudian terus mengalami perubahan. Hingga kini, menurut informasi dari Taman National Kelimut, danau tersebut sudah mengalami 12 kali perubahan warna dalam waktu 25 tahun.

Segera datang dan kunjungilah Pulau Flores. Di sini banyak sekali terdapat obyek-obyek wisata yang sayang untuk anda lewatkan. Perjalannya memang membutuhkan waktu yang agak lama, tapi itu sebanding dengan apa yang akan anda dapatkan bila sampai di kawasan ini. Di sini banyak terdapat cottage-cottage ataupun penginapan-penginapan yang terbuat dari kayu yang terletak di perkampungan Moni. Anda bisa bermalam dan berbaur dengan penduduk asli kampung Moni. Atau ada alternatif lain yakni menginap di hotel yang ada di daerah Flores, yang memang agak jauh dari kawasan ini. Berikut adalah salah satunya :

Referensi :

  • http://liburan.info/content/view/101/43/lang,indonesian/
  • http://indowisata.wordpress.com/2008/09/03/kelimutu-flores/
  • http://findingstory.blogspot.com/2010/10/danau-tiga-warna-kelimutu-flores.html
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Flores
  • http://anton.nawalapatra.com/2011/03/21/perjalanan/menikmati-pesona-danau-tiga-warna.html

 

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four × 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>