Destinasi Tanjung Banten yang sedang naik daun

Share Button

tanjung-lesung-bantenWisata Tanjung Lesung merupakan salah satu obyek wisata dengan nuansa pantai yang berada di provinsi Banten. Perlu kamu ketahui kalau Banten dulunya merupakan salah satu tempat yang strategis sebagai tempat berlabuhnya para pelaut dari berbagai Negara.

Kamu akan takjub dengan pesonanya wisata Tanjung Banten ini selain itu kamu juga akan seperti berada di surge yang tersembunyi. Karena lokasi wisata Tanjung Banten ini berada di lokasi yang cukup terpencil dan jauh dari keramaian. Sehingga, dengan kata lain, kamu akan menikmati sepi dan santai di sana.

Bagi kamu yang menginginkan refresh dari hiruk pikuk dunia, tempat ini sangatlah cocok sebagai tempat refreshing otak. Sudah banyak pengunjung dari luar Banten yang mulai mengunjung tempat wisata ini.

Tentang Tanjung Lesung

Indonesia merupakan Negara yang memiliki beberapa pulau dan memang diakui sebagai Negara kepualauan karena memiliki banyak pulau di negeri ini. Sehingga Indonesia banyak dikunjungi oleh tamu manca Negara karena ingin mengunjungi pantai-pantai yang ada di Indonesia yang penuh peson adidaya alam. Dan pantai yang cukup terkenal di Indonesia adalah salah satunya adalah Pantai Tanjung Lesung.

wisata-Pantai-Tanjung-Lesung

Pantai di sini pun terbagi menjadi beberapa bagian. Untuk bagian selatannya, terkenal dengan ombaknya yang lebih besar daripada dengan pantai bagian yang lain. Namun, untuk menuju ke sana, kamu perlu menempuh jarak yang lumayan jauh untuk dapat berada di sana.

Sedang di bagian Baratnya, ombak tidak terlalu besar di sana. Tapi, keindahan pada bagian Barat Pantai tanjung Banten ini tidak kalah indah dengan bagian Selatan.

Sehingga banyak warga Banten ketika merasa kebosanan dan penat, mereka berbondong-bondong menuju pantai bagian Barat. Jarak tempuh untuk menuju lokasi pun tidak terlalu jauh dan aksesnya pun mudah dijangkau.

Nama dari Tanjung Lesung ini sebenarnya diambil karena kondisi tanjungnya yang terbentuk seperti lesung yaitu alat penumbuk padi sehingga memiliki nama Tanjung Lesung. Dan tanjung ini pun mulai resmi sejak tahun 1998.

Untuk bagian Barat ini di antaranya adalah pantai Anyer, Carita, dan Karang Bolong. Selain itu ada pula yaitu pantai Tanjung Lesung yang lokasinya lebih jauh daripada pantai-pantai lainnya.

Perlu kamu ketahui bahwa keindahan pada Tanjung Lesung ini mampu menyaingi keindahan di pantai area Bali dan Lombok lho. Dan pantai inilah yang telah diakui sebagai pantai terindah di Banten. Pantai yang berlokasi di desa Tanjung Jaya kecamatan Panimbang kabupaten Pandeglang ini memiliki luas sekitar 150 ha.

Untuk masuk ke Tanjung Lesung pun tidak perlu merogoh kocek yang banyak, cukup 15 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa masuk ke wisata lokasi ini. Cukup harga tiket masuk yang murah ini, kamu bisa dimanjakan denga pesona pasir putih dan udara sepoi-sepoi yang menenangkan pikiranmu.

Tanjung-Lesung-Banten-sparkling-beach

Pesona Laut Tanjung Lesung

Posisi pantai di Tanjung Lesung ini pun tidak langsung menghadap ke laut lepas, sehingga ombaknya pun cukup tenang untuk dinikmati seperti memancing, berenang, hingga bermain olahrga air lainnya.

Kamu pun juga bisa menikmati pemandangan di bawah laut dengan menyewa peralatan selam yang sudah disediakan di pantai itu. Pemandangan di bawah laut pun tidak kalah indah dengan pemandangan di permukaan laut.

“Terkadang yang di bawah permukaan lebih indah daripada di atas permukaan.”

Di bawah permukaan laut pun, kamu akan disambut hangat oleh berbagai penduduk laut yang mempesona seperti ubur-ubur, terumbu karang, siput laut, dan berbagai jenis ikan laut yang indah bentuknya.

Kamu bisa menikmati terumbu karang yang berada di Karang Gundul, Tanjung Lesung. Selain di Tanjung Lesung, kamu juga bisa menikmati terumbu karang di Pulau Liwungan.

Akses Menuju Tanjung Lesung

Kamu bisa menggunakan jalur yang sama seperti kamu menuju ke pantai Anyer untuk menuju ke Tanjung Lesung. Kemudian berikut ini pemaparan rutenya:

  • Kamu susuri pesisir Anyer ke Carita
  • Setelah itu ambil arah ke Labuan hingga sampai ke Tanjung Lesung.

Jika kamu dari Jakarta, kamu bisa menggunakan jalan tol Jakarta – Merak.

  • Keluar dari gerbang tol Cilegon Barat
  • Setelah itu ambil arah menuju Anyar yaitu arah Barat

Jarak dari Jakarta ke Tanjung Lesung hanya sekitar 160 km saja. Atau bisa ditempuh dengan waktu tempuh 2 hingga 3 jam untuk jalan normal. Atau alternatif termudah lainnya adalah dengan ikut bergabung di paket wisata Tanjung Banten

Penduduk Pulau Liwungan

Selain menikmati indahnya pesona pantai, kamu juga bisa menikmati budaya yang ada pada penduduk setempat.

Wisata-Tanjung-Lesung

Budaya pada penduduk setempat atau daerah Pulau Liwungan ini juga dijadikan sebagai mata pencaharian mereka yaitu sebagai pengrajin patung badak bercula satu. Sunguh indah keharmonisan yang ada pada di wisata tersebut.

Menurut penduduk setempat, konon pulau tersebut hanya dihuni oleh sepasang suami istri saja dan beranak pinak hingga sekarang.

Untuk menuju ke Pulau Liwungan, kamu cukup menyewa speed boat yang disewakan di area Tanjung Lesung. Kamu bisa menikmati pemandangan selat sunda dan pesona gunung anak Krakatau dari pulau ini.

Penginapan dekat Wisata Tanjung Banten

Untuk kamu yang jauh dari Banten dan ingin berkunjung ke wisata Tanjung Banten, tak perlu khawatir tentang mau tidur atau menginap di mana. Karena hotel di Tanjung Lesung Banten ini terdapat penginapan, homestay, atau villa yang dekat dengan wisata Tanjung Banten. Namun, kamu jangan terkejut, jika beberapa penginapan di sana terbilang cukup mahal karena pengunjung di wisata tersebut mulai ramai dan padat dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa penginapan dekat wisata Tanjung Banten:

Tanjung Lesung Homestay

Homestay atau penginapan ini sesuai namanya yaitu Tanjung lesung, pastinya lokasinya tidak jauh dari lokasi wisata Tanjung Lesung yaitu hanya 1km saja dari wisata Tanjung Lesung. Homestay ini merupakan penginapan yang dijadikan alternative oleh banyak pengunjung wisata Tanjung Banten. Bahkan sering digunakan sebagai tempat-tempat acara seperti acara Gathering, Hari Natal, dan acara-acara lainnya.

Fasilitas pada homestay ini pun cukup lengkap dan menarik, seperti adanya penyewaan kamar yang menyerupai resort dengan fasilitas air hangat, AC, dan ada juga yang menyerupai villa. Harganya pun relative murah sebagai tempat penginapan yang mewah dan sederhana ini.

Homestay Melati

Penginapan ini terbilang cukup murah karena kamu hanya memerlukan biaya 400 ribu per malamnya untuk menginap di sana. Lokasinya pun juga tidak terlalu jauh dari wisata Tanjung Lesung karena penginapan ini terletak di Dusun Cipanon Desa Tanjung Jaya.

Jika bertanya fasilitas, fasilitas pada penginapan ini pun terbilang lengkap dan mewah karena terdapat televise, kamar full AC, air yang bersih, dan kamar mandi dalam, juga terdapat fasilitas mewah lainnya.

Faris Homestay

Penginapan ini dibilang paling dekat dengan wisata Tanjung Lesung karena tekanya yang berada di dekat pintu masuk wisata Tanjung Lesung yaitu di kampong nelayan Cipanon, desa Tanjung Jaya, Panimbang. Harganya pun hanya sekitar 350 ribu per malamnya. Jika kamu memilih homestay sebagai penginapan kamu, maka kamu cukup mengeluarkan uang sekitar 1 juta rupiah saja sebagai penginapan kamu dengan kerabat atau keluarga. Homestay nya pun terdiri dari 3 kamar tidur dan beberapa fasilitas mewah lainnya.

Nah, bagaimana? Cukup menarik bukan sebagai tempat lokasi kamu untuk menemani kamu berlibur dan mengurangi rasa penat kamu?

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.