Garuda Wisnu Kencana(GWK), Bali

Share Button

garuda_wisnu_kencanaGaruda Wisnu Kencana atau yang biasanya disebut GWK ini adalah sebuah tempat wisata di bagian selatan pulau Bali. Tempat wisata ini terletak di Desa Ungasan, Jimbaran, Bali. Objek wisata ini berada di sebuah perbukitan kapur sebelah selatan Bandara Ngurah Rai pada jalur menuju ke arah Pulau Uluwatu. Areal GWK ini mempunyai luas keseluruhan sekitar 200hektare. Dia areal ini terdapat patung dari Dewa Wisnu yang sangat besar dan berdiri kokoh, ini merupakan andalan utama dalam tour murah ke Bali. Patung Dewa Wisnu rencananya akan dibangun dengan posisi sedang menunggang Garuda. Tinggi patung itu sendiri diperkirakan sekitar 75meter dan diletakkan di atas fondasi setinggi 70meter. Dengan demikian, total tingginya akan mencapai 145meter. Garudanya sendiri diperkirakan punya lebar bentangan sayap sebesar 66meter. Kesemuanya secara total mempunyai berat sekitar 4000ton. Patung ini merupakan karya dari Masterpiece Bali, I Nyoman Nuarta.

Garuda-Wisnu-Kencana-GWKDengan tinggi patung yang seperti itu ditambah pula letak semua bangunan di GWK sendiri yang dibangun di atas perbukitan yang punya ketinggian 300meter di atas permukaan laut, maka GWK akan bisa terlihat dari kejauhan. Bahkan dari Bandara Ngurah Rai, GWK akan terlihat jelas oleh siapa saja yang baru mendarat disana. Sebaliknya dengan ketinggian posisi seperti itu, maka dari kawasan GWK kita bisa melihat jelas dan menikmati pemandangan matahari terbenam sekitar Jimbaran yang berpasir putih. Di areal ini, direncanakan pula akan didirikan sebuah Landmark atau maskot Bali, yakno patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda setinggi 12meter. Pembangunan ini terinspirasi dari kisah Adi Parwa.

wisnu-plaza-dan-street-theaterDi kawasan itu pula terdapat Garuda Plaza yang menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000meter persegi luas terbuka Lotus Pond. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sempurna untuk mengadakan acara besar dan internasional, di samping itu pilar batu kapur kolosalnya membuat ruangan jadi sangat eksotis. Selanjutnya Ampithatre adalah tempat di luar ruangan untuk pertunjukan khusus dengan akustik yang dirancang dengan baik. Setiap sorenya anda bisa melihat tari kecak yang terkenal. Bahkan tari kecak ini dapat dikolaborasikan dengan tarian daerah lainnya.

lotus-pond-dan-taman-indralokaLalu ada pula Tirta Agung, yaitu sebuah ruang luar yang sempurna untuk acara menengah. Anda juga dapat mengunjungi Patung Tangan Wisnu, bagian dari patung Garuda Wisnu Kencana yang terletak di dekatnya. Street Theater adalah titik awal dan akhir kunjungan ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Disini kita akan menemukan banyak toko dan restaurant di satu tempat dan dimana semua perayaan terjadi. Anda bisa mendapatkan souvenir Bali dan merchandise GWK. Kita bahkan dapat menemukan spa bali dan produk aromaterapi di toko ini. Sementara disini, juga menyediakan jasa pijat refleksi setelah berjalan-kalan. Kita bisa mencicipi makanan yang baik dengan harga terbaik pula juga.

restoran-jendela-bali-dan-the-new-berandaTidak hanya itu di sekitar GWK ini banyak hotel-hotel yang bisa anda jadikan tempat istirahat. Dari yang biasa sampai berbintang. Contohnya :

Referensi :

  • http://omdimas.com/gwk-garuda-wisnu-kencana-cultural-park-di-bali/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Garuda_Wisnu_Kencana
  • http://wierfy.blogspot.com/2009/02/garuda-wisnu-kencana-bali.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.