Gedung Sate, Bandung

Share Button

Gedung Sate adalah sebuah gedung yang mempunyai ciri khas berupa ornamen tusuk sate tepat di menara sentralnya yang telah lama menjadi penanda atau markah tanah Kota bandung. Gedung ini tidak hanya terkenal di Bandung saja bahkan di seluruh Indonesia. Didirikan pada 27 Juli 1920 yang memang pada awalnya dibangun sebagai pusat pemerintahan pada saat itu dimana Pemerintahan Belanda menetapkan Kota Bandung sebagai Ibu Kota Indonesia. Bangunannya sendiri di bagian timur dan barat terdapat dua ruangan besar yang akan mengingatkan anda pada ruang dansa yang sering terdapat di bangunan masyarakat Eropa. Ruangan ini lebih sering dikenal dengan sebutan aula barat dan aula timur dan sering pula digunakan sebagai ruang kegiatan resmi. Di sekeliling kedua aula ini terdapat ruangan-ruangan yang ditempati beberapa Biro dan stafnya. Paling atas terdapat lantai yang disebut Menara Gedung Sate, lantai ini memang tidak dapat dilihat dari bawah namun untuk menuju ke lantai teratas ini anda harus menggunakan lift atau menaiki tangga kayu.

Saat ini Gedung Sate telah menjadi salah satu tujuan obyek wisata yang berada di Bandung, keindahannya pun dilengkapi dengan taman di sekelilingnya yang terpelihara dengan bail dan tidak heran jika taman ini diminati oleh masyarakat Kota Bandung bahkan wisatawan mancanegara. Keindahan tamnnya pun sering dijadikan lokasi kegiatan yang bernuansa kekeluargaan bahkan juga terkadang digunakan sebagai foto prawedding pasangan pengantin. Khusus hari minggu lingkungan halaman Gedung Sate ini dijadikan sebagai pilihan tempat sebagian besar masyarakan bersantai meskipun hanya sekedar duduk-duduk menikmati udara segar Kota Bandung. Gedung Sate merupakan hasil karya dari arsitek Ir J Gerber dan kelompoknya yang tidak terlepas dari masukan maestro arsitek Belanda yaitu Dr Hendrik Petrus Berlage. Banyak kalangan arsitek yang menyatakan Gedung Sate adalah bangunan monumental yang anggun mempesona dan unik lebih megarah kepada bentuk gaya arsitektur Indo-Belanda.

Jika anda sedang berlibur di Kota Bandung saat hari minggu malam atau minggu pagi, tidak ada salahnya jika anda melihat aktifitas disana mulai dari hanya sekedar menikmati makanan yang dijual disanana, berbelanja fashion dengan harga yang murah dan bisa ditawar, atau bahkan menikmati berbagai sajian musik yang sering diadakan di berbagai event organizer besar maupun televisi lokal bahkan nasional secara gratis. Anda pun tidak perlu khawatir untuk mencari penginapan atau hotel melati sampai berbintang seperti:

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Gedung_Sate
Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.