Goa Maharani, Lamongan

Share Button

Goa Maharani Lamongan 2Goa Istana Maharani adalah sebuah goa yang terletak di Kabupaten Lamongan, tepatnya di Tanjung Kodok, Kecamatan Paciran. Berjarak sekitar 500m dari Pantai Utara Jawa dan berada di kedalaman 25m di bawah permukaan tanah dan mempunyai luas 2.500m persegi. Goa ini ditemukan pada 6 Agustus 1992 oleh sekelompok penambang fosfat yang dimandori oleh Sunyoto yang kemudian diresmikan oleh Bupati Lamongan pada 10 Maret 1994 sebagai salah satu objek wisata di Kabupaten Lamongan. Konon ceritanya pada malam hari sebelum goa tersebut ditemukan, istri Sunyoto bermimpi melihat bunga-bunga yang bercahaya sangat indah yang dijaga oleh dua ekor naga raksasa. Mimpi tersebut dianggap sebagi petunjuk bakal menemukan sebuah goa. Nama Goa Maharani sendiri tercetus oleh Sunyoto sendiri dikarenakan keindahan goa nya yang tampak dari stalaktit dan stalagmit yang menyerupai keindahan istana.

Goa Maharani Lamongan 1Bagi beberapa orang, Goa Maharani dianggap memiliki kelebihan dibanding goa-goa lain yang ada di Indonesia. Batu-batuan kapur tercipta dengan membentuk berbagai wujud yang sangat mengagumkan. Di dalamnya terdapat Lingga Pratala (menyerupai alat kelamin laki-laki), Yoni Pratiwi (menyerupai alat kelamin perempuan), Cempaka Tirta (bunga kantil), Selo Gajah (menyerupai kepala gajah), Karang Raja Kadal (menyerupai dinosaurus), bunga mawar hingga bentuk lainnya yang bentuknya unik. Di dalam komplek goa ini terdapat puluhan lampu yang tertata sedemikian rupa sehingga memantulkan cahaya warna-warni yang menawan. Di dalamnya pun dilengkapi alat pemutar musik yang akan memantulkan lagu-lagu berirama. Pengunjung yang ingin memasuki goa ini, dianjurkan untuk meminta izin masuk dengan mengucapkan salam.

Goa Maharani Lamongan 3Goa Maharani ini dibuka untuk umum setiap hari pada pukul 07.30 – 12.00 WIB dan 13.00 – 17.00 WIB. Untuk menuju goa, anda bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Para pengunjung tidak diperbolehkan menggunakan tas, jaket, topi,  atau helm ke dalam goa. Untuk itu barang-barang tersebut dititipkan secara gratis kepada petugas jaga. Jika anda ingin mengabadikan moment anda di goa ini, beberapa petugas di lokasi siap untuk membantu memotret apa yang anda inginkan. Selain itu jika ingin menambah wawasan ataupun pengetahuan, di sekitar goa pun terdapat beberapa penjual buku saku berjudul Pesona Goa Alam Istana Maharani di Tanjung Kodok Lamongan. Banyak terdapat penginapan di sekitar wisata jika anda ingin bermalam, namun untuk hotelnya pun hanya ada :

 

Referensi :

  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/365-Gua-Istana-Maharani/navgeo
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× 7 = thirty five

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>