Grojogan Sewu, Tawangmangu

Share Button

Grojogan Sewu merupakan salah satu air terjun yang berada di kawasan Jawa Tengah. Lokasinya berada di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun yang letaknya di lereng Gunung Lawu ini merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu yang terletak di sekitar 27km di sebelah timur Kota Karanganyar.
Grojogan Sewu dalam bahasa jawa nya berarti air terjun seribu, meski air terjun nya tidak berjumlah seribu. Ada pula beberapa titik air terjun di sini yang bisa anda nikmati. Air terjun yang tertinggi sekitar 80meter. Jika saat musim hujan, sekelilingnya tebing akan dihujani oleh air terjun, tetapi jika musim panas akan banyak air terjun yang kering.
Lokasi air terjun nya yang berada di ketinggian sekitar 1000meter di atas permukaan air laut, membuat hawa yang sejuk jika berada di sekitar air terjun ini. Apalagi di kanan kiri air terjunnya banyak pohon besar yang berumur puluhan hingga ratusan tahun. Wisata di Grojogan Sewu sendiri memang hamper sepenuhnya hanya menikmati panorama air terjun. Disediakan juga beberapa permainan untuk anak-anak yang sederhana. Di sekitar pintu masuk air terjun ini juga disediakan penyewaan kuda, tidak ada salahnya untuk mencoba berkeliling naik kuda hanya dengan biaya puluhan ribu saja.
Setelah anda puas menikmati air terjun nya, anda dapat berkeliling menikmati sejuknya hutan wisata dengan luas 20Ha. Kawasan ini menyediakan banyak fasilitas, seperti kolam renang untuk ana-anak dan dewasa, beberapa warung yang menjual makanan atau minuman, tempat sembahyang, kamar madi dan beberapa penjual souvenir khas Tawangmangu. Di sisi lainnya juga ada hutan pinus dan pohon pohon yang sudah tua dan juga jalan setapak yang berbatu rapi.
.Untuk dapat memasuki kawasan wisata ini, anda hanya perlu membayar tiket masuknya saja. Lokasi penjualan tiket nya sendiri terletak di atas air terjun dan ada juga yang di lereng bagian bawah. Apabila anda membeli tiket dengan melewati pintu masuk yang berada di bagian atas, anda harus menuruni anak tangga yang berjumlah ratusan buah. Oleh karena jumlah anakĀ  tangga yang cukup banyak, maka pihak penyelenggara menyediakan beberapa gazebo sebagai tempat untuk peristirahatan. Di sela sela perjalanan, anda akan menjumpai beberapa monyet yang terkadang menghampiri anda.
Jika anda ingin berlibur beberapa hari di kawasan wisata ini, anda tidak perlu khawatir. Karena kawasan Air Terjun Grojogan Sewu sendiri jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Banyak penginapan-penginapan yang disediakan oleh penduduk sekitar, atau bahkan jika anda ingin yang lebih bagus lagi anda cukup menginap di hotel-hotel, seeperti :

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Grojogan_Sewu
  • http://uun-halimah.blogspot.com/2009/07/air-terjun-grojogan-sewu-karanganyar.html

 

Share Button

One thought on “Grojogan Sewu, Tawangmangu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


five + 7 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>