Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur

Share Button
gunung bromo
gunung bromo

Kata Bromo berasal dari bahasa sansekerta ‘Brahma’ yaitu salah seorang Dewa Utama Hindu. Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif di Jawa Timur.

Gunung ini terbentang di 4 wilayah yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Dan dengan ketinggian sekitar 2.392 meter di atas permukaan laut, dari puncak Bromo ini anda bisa melihat panorama yang begitu mempesona serta hamparan lautan pasir yang sangat luas.

Tak heran banyak wisatawan-wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang datang untuk melihat pesonanya secara langsung.

lautan pasir
lautan pasir

Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat).

Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. Dan di sini juga terdapat lautan pasir yang luasnya mencapai 10km2.

Daerah yang gersang dipenuhi pasir dan hanya ditumbuhi rumput-rumput yang mengering.

upacara kasodo
upacara kasodo

Selain menyaksikan keindahan panoramanya, apabila anda datang di waktu yang tepat yaitu pada bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan jawa, anda dapat menyaksikan upacara Kasodo yang dilakukan oleh suku Tengger.

Upacara Kasodo merupakan upacara untuk memohon panen yang berlimpah atau meminta tolak bala dan kesembuhan atas berbagai penyakit, yaitu dengan cara mempersembahkan sesaji dan melemparkannya ke kawah Gunung Bromo.

Bromo Sunrise
Bromo Sunrise

Selain melihat keindahan panorama Gunung Bromo ini, anda juga bisa menikmati sensasi lainnya yakni melihat matahari yang terbit perlahan dari balik gunung.

Selama kurang lebih 30 menit anda akan takjub melihat keindahan matahari terbit ini. Tapi untuk melihatnya, anda harus menaiki gunung Pananjakan yang merupakan gunung tertinggi di kawasan ini, dan anda harus rela melewati medan yang cukup berat.

Anda dapat mencapai daerah ini dengan menggunakan mobil pribadi ataupun menyewa kendaraan. Atau apabila anda tidak ingin bingung untuk sampai kesana, anda bisa langsung menghubungi agen perjalanan yang memang sudah banyak menyediakan paket tour ke Bromo lengkap dengan penginapannya.

Banyak sekali hotel dan penginapan yang dapat anda temukan disekitar area Taman Nasional Bromo-Semeru ini. Berikut daftar beberapa hotel yang ada di daerah Bromo :

Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.