Gunung Nglanggeran, Yogyakarta

Share Button

Gungung Nglanggeran 2Gunung Nglanggeran adalah gunung yang terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Gunung ini menawarkan sensasi pendakian di malam hari yang bertabur cahaya. Nama Nglanggeran sendiri berasal dari berasal dari kata Plangaran yang berarti setiap perilaku jahat pasti tertangkap. Tersusun dengan banyak bongkahan batuan besar yang oleh warga sekitar disebut Gunung Wayang  karena bentuknya yang menyerupai tokoh perwayangan. Pada malam tahun baru Jawa atau Jumat Kliwon beberapa orang memilih semedi di puncak gunung. Jika anda ingin menyaksikan puncak keindahan Gunung Nglanggeran satu-satu menjadi pilihan adalah pendakian malam hari. Memiliki beberapa alternative jalur pendakian dengan berbagai tingkat kesulitan. Tujuan utama yang akan anda temui dalam proses pendakian adalah batuan landai pertama yang dinamai Latar Gede. Di latar ini anda akan menikmati pemandangan terbenamnya matahari. Bagian tersulitnya adalah ketika memasuki batuan gunung setinggi lebih dari 100m. Di batuan gunung ini terdapat sebuah celah sempit yang hanya bisa dilewai satu orang dan celah ini dikenal dengan julukan Gua Jepang. Gunung ini memang cocok sebagai tempat persembunyian karena memiliki lebih dari 28 mata air yang terdiri dari batu-batuan. Tepat di samping Gua Jepang terdapat sebuah mata air yang tak kunjung kering sepanjang masa.

Gunung Nglanggeran 1Puncak tertinggi di Gunung Nglanggeran adalah Gunung Gede berupa bongkahan batuan seluas setengah hektar, di puncak tersebut anda dapat menikmati taburan cahaya, taburan bintang jatuh, dan dapat menyaksikan terbitnya matahari. Keramahtamahan warganya pun juga ikut menjadi salah satu nilai tambah di objek wisata ini. Di sini anda akan dimanjakan sebagai salah satu contohnya setelah lelah menapaki bongkahan batu, anda dapat bersantai dengan menikmati sajian makan pagi, siang atau malam yang disuguhkan oleh para penduduk. Di sepanjang jalan asalkan anda sudah memesan makanan sebelum naik, warga akan siap mengantarkannya, harganya pun sangat murah. Selain itu untuk mendaki anda tidk perlu membawa tenda jika melakukan pendakian karena di gunung ini tubuhnya banyak sekali ceruk batuan yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat saat mendaki.
Gunung Nglanggeran 3Tidak hanya taburan cahaya alamnya saja yang istimewa, kerlap kerlip cahaya kota pada malam hari juga sangat indah. Fasilitas lainnya yang terdapat di area objek wisata ini adalah restoran, rumah makan, bahkan penginapan-penginapan kelas melati sampai hotel berbintang seperti:

Referensi:

  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/982-Gunung-Nglanggeran/navgeo
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.