Gunung Semeru, Lumajang

Share Button

Gunung Semeru merupakan gunung berapi tertinggi di Jawa Timur yang terletak di Kabupaten Lumajang. Gunung Semeru ini memiliki ketinggian 3.676meter di atas permukaan laut dan lebih dikenal dengan sebutan nama Mahameru atau Gunung Agung.

Nama Semeru sendiri berasal dari mitos Agama Hindu-Budha yanitu Meru yang menurut kepercayaannya merupakan tempat tinggal para dewa. Gunung ini adalah gunung yang masih aktif dan setiap 20menit sekali kawahnya mengeluarkan abu vulkanik berwarna hian dan berbentuk pasir.

Orang pertama yang mendaki gunung ini ialah Clignet seorang ahli geologi berkebangsaan Belanda dari sebelah barat daya lewat Widodaren.

Flora yang ada di Gunung Semeru sangat bervariasi, namun sebagian besar didominasi oleh pohon pinus, jajumu dan akasia. Ada juga anggrek edelwis dan endemic yang dapat ditemukan di sekitar puncak Semeru.

Sementara untuk fauna nya juga dapat ditemukan seperti harimau, monyet daun, rusa, musang, tikus hutan dan masih banyak lagi.

Untuk sampai di puncak gunung ini anda akan memakan waktu kurang lebih 4 hari perjalanan. Kalau dihitung dari pusat Kota Lumajang nya sendiri dua puluh menit anda akan sampai di Desa Senduro dan selanjutnya anda akan melewati hutan yang sangat lebar.

Keluar dari hutan sendiri anda akan memasuki Desa Ranu Pani dan disinilah letak pos pendakian berada. Disini anda diwajibkan untuk membuat surat ijin pendakian beserta berkas yang melengkapinya seperti asuransi jiwa. Setelah itu tinggal menyiapkan bekal, mental dan tenaga untuk melakukan pendakian. Anda bis istirahat sejenak di atau menginap di pos sebelum melanjutkan perjalanan. Di Desa Ranu Pani ini terdapat danau yang sangat indah yaitu Danau Ranu Pani dan Danau Ranu regulo.

Di awal jalur pendakian ke Gunung Semeru anda akan melihat gapura selamat datang, disini anda teruslah mengikuti jalan yang sudah disediakan oleh para petugas nya. Lebih baik anda menggunakan jalur yang biasa dilewati oleh jalur para pendaki lokal.

Kelelahan anda akan terobati setelah berjalan kurang lebih 8,5km dengan melihat pemandangan yang sangat indah yaitu Danau Ranu Kumbolo. Sisekitar sini anda dapat mendirikan tenda bila perlu atau hanya sekedar menambah air persediaan. Perjalanan selanjutnya adalah menuju arah kalimati yang merupakan hamparan rumput luas di tepi hujan cemara, sehingga banyak tersedia ranting untuk membuat api unggun dan sedikit perjalanan lagi anda akan samapi di Arcopodo.

Dari Arcopodo sendiri hanya memerlukan waktu sekitar empat jam dengan melewati bukit pasir yang sangat curam dan mudah merosot. Sebagai panduan perjalanan anda dijalur ini terdapat beebrapa bendera segitiga kecil berwarna merah dan semua bawaan harus ditaruh Arcopodo atau Kalimati. Pendakian menuju puncak sekitar pukul 02.00 pagi . Sesampainya di Puncak Mahameru anda akan melihat Kawah Jonggring Saloko dan juga melihat Samudera Awan yang sangat indah. Setelah melakukan pendakian anda bisa beristirahat di hotel-hotel sekitar kawasan Lumajang seperti :

Referensi

  • http://www.wisatajatim.info/pilihan-hotel-murah-untuk-liburan-di-bromo/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.