Indahnya Air Terjun Benang Kelambu

Share Button

1354580air-terjunn7780x390Wisata air terjun senantiasa mengundang decak kagum siapa saja yang melilhatnya. Kesegaran airnya berpadu dengan suasana hijau yang cukup menyejukkan dan memberikan ketenangan bagi siapa saja yang memandang. Dan paket wisata Lombok menyediakan berbagai pesona air terjun yang akan membuat anda berdecak kagum karena keindahannya. Salah satunya adalah wisata air terjun Bening Kelambu, yang berada di Lombok Tengah.AT Benang Kelambu-61Dinamakan air terjun Benang Kelambu karena air terjun ini mengalir jatuh tidak langsung ke bawah namun mengalir dari celah-celah pohon gambung yang rindang dengan enam deret titik curah. Karenanya air terjun ini jadi terlihat seperti kelambu tipis dan lembut sehingga suara air yang terdengar tidak terlalu bising.

Air terjun Benang Kelambu berlokasi di dusun Pemotoh, desa Aik Berik, Batu Keliang Utara, tepatnya bagian atas hulu dari air terjun Benang Stokel. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang berada di kaki Gunung Rinjani dan bersumber langsung dari Danau Segara Anakan. Menurut masyarakat setempat, air terjun Benang Kelambu dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat awet muda.

AT Benang Kelambu-31Air terjun Benang Kelambu terdiri dari dua kelompok air terjun. Di sebelah kiri dari undakan merupakan kelompok pertama yang terdiri atas dua terjunan air dan kelompok kedua berada di depan undakan dan merupakan air terjun utama.

Ada empat terjunan air di kelompok kedua. Ketinggian dua kelompok air terjun ini mencapai 40 km dengan dua hingga tiga tingkatan. Tinggi tingkatan teratas sekita 30 km. Dari sini curahan air tidak langsung terjun ke kolam namun langsung jatuh ke tiga susunan batu sebelum akhirnya jatuh ke kolam.

Batu-batu tersebut berbentuk lebar ceper dan berada di tingkatan ke dua. Batu-batu tersebut mampu menahan air terjun sebelum ja akhirnya jatuh ke piringan dan kolam. Sehingga hantaman airnya tidak akan terlalu keras. Pengunjung biasanya mandi di bagian ini.

1358190setapakk780x390Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Benang Kelambu, terlebih dahulu harus melewati air terjun Benang Stokel. Jarak keduanya mencapai 500 m dengan berjalan kaki menuruni anak tangga.

Selanjutnya masuk ke jalan setapak sepanjang 50 m dengan kondisi jalan yang rusak dan terjal bahkan licin ketika hujan. Sehingga anda perlu untuk berhati-hati. Terakhir harus melewati hutan tropis sejauh 1 km dengan jalan menanjak, menurun dan berliku-liku.

Semua perjalanan yang harus ditempuh ini akan terasa menyenangkan karena perjalanan anda akan ditemani dengan kicauan burung dan berbagai suara hewan lainnya yang saling bersahutan. Belum lagi ketika anda melihat pemandangan hutan dan air terjun yang masih begitu alami akan membayar lunas semua rasa lelah anda.

Hotel murah di Lombok dapat anda jadikan untuk memenuhi kebutuhan akomodasi anda, meliputi:

Refrensi:

  • http://travel.kompas.com/read/2014/01/28/1707159/Menikmati.Sejuknya.Air.Terjun.Benang.Kelambu.di.Lombok
  • http://benangkelambu.blogspot.com/
  • https://sites.google.com/site/wisataairterjun/nusa-tenggara-barat/air-terjun-benang-kelambu—lombok-tengah
Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.