Indahnya Pantai Pulau Cemara-Karimunjawa

Share Button

pulau cemaraKetika membahas Kepulauan Karimun Jawa tidak hanya ditelisik secara keseluruhan namun perlu juga untuk dilihat satu persatu. Pasalnya masing-masing pulau di Kepulauan Karimun Jawa memiliki keunikan tersendiri. Apalagi dari 27 pulau yang masuk dalam gugusan Kepulauan Karimun Jawa, hanya lima yang berpenghuni. Sisanya tidak berpenghuni yang akan membuat wisatawan kala berkunjung ke sana nampak seperti berkunjung ke pulau pribadi. Salah satu pulau tak berpenghuni di gugusan Kepulauan Karimun Jawa adalah Pulau Cemara yang terdiri dari Pulau Cemara Besar dan Pulau Cemara Kecil dengan masing-masing keunikannya. Kedua pulau ini hanya berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Pulau Karimun Jawa. Karena tak berpenghuni maka tak ada fasilitas wisata di tempat ini. Karenanya agar keburuhan akomdasi dan transportasi anda berjalan aman tanpa perlu repot, lebih baik anda menggunakan paket tour Semarang ataupun tour Karimun Jawa.

pulau cemara besarTerlebih dahulu kita akan membahas mengenai Pulau Cemara Besar. Di pulau seluas 3.5 hektar tersebut dipenuhi dengan pohon cemara yang lebat. Pulau ini pas bagi anda yang ingin menenangkan diri karena keindahan penampakan yang ditawarkan. Dengan perairannya yang tergolong dangkal, membuat perahu nelayan tidak bisa menjangkau daratannya sehingga pengunjung perlu untuk berjalan kaki beberapa meter untuk menuju daratannya. Warna hijau Pulau Cemara Besar kala dilihat dari kejauhan terlihat kontras begitu didekati. Sekeliling pulau merupakan perairan berwarna biru jernih yang berpadu dengan birunya langit kala cuaca cerah. Sementara pasir putihnya nampak begitu lembut menyentuh kaki. Di beberapa sudut pulau nampak dihiasi dengan bebatuan karang. Dari Pulau Cemara Bedai ini pula pengunjung bisa menikmati keindahan perahu nelayan yang sedang berlayar di Kepulauan Karimun Jawa.

pulau cemara besarSelain berkeliling pulau menikmati lebatnya pepohonan cemara laut, pengunjung juga bisa bersantai dan berjemur menikmati sinar matahari di atas pasirnya yang lembut. Kicau burung akan menjadi musik alami penghibur pengunjung selain desir suara angin. Pengunjung juga bisa berenang di perairannya yang dangkal. Dengan perairannya yang jernih membuat kehidupan bawah laut di Pulau Cemara Besar berjalan dengan baik. Pengunjung bahkan bisa menikmati ikan-ikan kecil berenang diantara terumbu karang warna-warni hanya dengan mata telanjang. Terumbu karang tersebut ada yang nampak menyerupai jamur raksasa bernama table coral, staghorn coral yang menyerupai dahan pohon kering, brain coral yang berwarna kuning, hingga terumbu karang kecil-kecil lainnya. Namun akan lebih leluasa melihat seluruh penampakan tersebut jika melihat secara langsung dengan melakukan snorkeling ataupun diving. Ada sejumlah titik menyelam yang tersebar di seluruh sudut pulau.

pulau-cemara-kecil2Keindahan alam bawah laut ini juga bisa dijumpai di Pulau Cemara Kecil. Dengan air lautnya yang berwarna biru muda dan jernih membuat pemandangan alam bawah lautnya nampak begitu jelas dan dekat kala dilihat dari atas perahu. Antara terumbu karang dengan permukaan laut hanya berjarak 2-4 meter dan akan lebih dekat kala air sedang surut. Tentunya akan semakin menggoda untuk dieskplorasi. Jika memutuskan menyelam kala air sedang surut, pengunjung perlu untuk berhati-hati agar tidak mengenai terumbu karang.

pulau-cemara-kecil2Di Pulau Cemara Kecil juga banyak dipenuhi dengan poho cemara, hanya saja luasnya tak seberapa dibandingkan dengan Pulau Cemara Besar. Pemandangan daratannya juga tak kalah menakhybkan dengan pasir putihnya yang membentang di sepanjang pantai. Semua keindahan yang ditawarkan baik oleh Pulau Cemara Besar maupun Pulau Cemara Kecil benar-benar membius pengunjung dan menjadi obyek gambar yang menarik untuk lensa kamera anda. Karena tidak ada fasilitas wisata jangan lupa untuk membawa bekal sendiri kala berkunjung ke kedua pula ini. Dan agar mereka tetap indah jangan tinggalkan sampah di sana serta jaga kelestarian alamnya. Agar penerus kita masih bisa menikmati keindahan alam Pulau Cemara Besar dan Pulau Cemara Kecil.

Refrensi:

  • http://eljohn.media/pulau-cemara-besar-keindahan-pulau-dan-perairan-dangkal-di-karimunjawa/
  • http://www.telusurindonesia.com/pulau-cemara-kecil.html
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.