Jalan-Jalan Menyusuri Daerah Malioboro

Share Button

Siapa yang tidak mengenal daerah Malioboro? Kawasan yang cukup populer di kota Yogyakarta ini memang sering dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Disini anda bisa mencoba wisata kuliner, budaya hingga berbelanja. Malioboro sebenarnya merupakan kawasan belanja paling populer dan utama yang ada di Yogyakarta.

Di sepanjang jalan anda bisa menemukan banyak penjual-penjual barang mulai dari souvenir, kaos, kerajinan, batik, hingga kuliner khas dari Yogyakarta.

Destinasi Khusus daerah Malioboro

Tak lengkap rasanya jika anda tidak mengunjungi Malioboro ketika berada di Kota Jogja. Di jalan sekitar Malioboro seperti Dagen anda akan menjumpai banyak hotel di Jogja dengan nuansa modern cultural, dimana dengan ramah selalu sigap melayani tamu yang datang.

Selain jalan utama Malioboro saja, anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat di sekitaran Malioboro lainnya yang menarik bahkan dapat anda kunjungi dengan berjalan kaki saja.

Pasar Beringharjo

Pasar beringharjo ini hanya berjarak beberapa meter dari Malioboro, sehingga anda dapat menjangkaunya hanya dengan berjalan kaki saja.

Bringharjo

Pasar ini memang sering dijadikan tujuan utama wisatawan yang ingin mencari batik khas jogja, sehingga kondisi pasar ini memang tak pernah sepi setiap harinya.

Pasar yang berdiri sejak tahun 1758 ini dinobatkan sebagai pasar tertua di Kota Jogja. Konsep yang dimiliki pasar ini adalah one stop shopping.

Disini tak hanya batik-batik khas dengan harga murah yang anda temukan, anda juga dapat membeli kain hingga baju corak batik, souvenir pernikahan, jajanan tradisional, dan lainnya. Pasar ini buka dari pagi hari hingga pukul 17.00.

Museum Benteng Vredeburg

Anda juga bisa mengunjungi museum yang terletak tak jauh dari pusat Malioboro. Museum ini berada di Jl. Jendral Ahmad Yani no.6 dan menjadi objek wisata yang cukup banyak dikunjungi wisatawan ketika berada di Jogja.

Museum ini sudah berdiri sejak tahun 1765 yang dibangun langsung oleh pemerintah Belanda di jaman tersebut. Disini anda bisa melihat beragam jejak sejarah ketika rakyat Jogja melawan Belanda demi memperebutkan kemerdekaan.

Benteng-Vredeburg

Selain itu, benteng ini juga memiliki spot foto menarik bagi anda yang menyukai fotografi. Untuk dapat menikmati segala yang ada di dalam museum ini, anda cukup membayar tiket 100 rupiah untuk anak-anak serta 2000 rupiah untuk dewasa sedangkan untuk wisawatan asing dikenai biaya 10.000/orang. Museum ini buka dari Selasa-Minggu pada pukul 7.30-16.00.

Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Jika anda berjalan menuju bagian selatan Malioboro, anda bisa menemukan Titik Nol Kilometer ini. Titik Nol Kilometer ini sebenarnya merupakan titik patokan yang menentukan jarak antara daerah di Yogyakarta dengan kota-kota lainnya.

titiknol

Beberapa orang mungkin menganggap jika titik nol Yogyakarta ini merupakan keraton Yogyakarta ataupun Tugu Jogja, namun pendapat tersebut adalah salah.

Lokasi dari Titik Nol Yogyakarta ini terletak jalanan antara Alun-Alun Utara sampai dengan Ngejaman (ujung selatan Malioboro).

Kawasan ini merupakan destinasi wisata Jogja yang utama dan tak pernah sepi.

Bahkan menjelang malam hari anda bisa menemukan banyak orang yang berkumpul di kawasan ini. Disini anda juga bisa melihat beberapa pertunjukan hiburan dan atraksi yang tentu saja dapat menghibur anda.

Taman Pintar

Taman Pintar adalah objek wisata keluarga yang di dalam nya bertemakan ilmu pengetahuan serta sains yang mana ditujukan untuk anak-anak.

Namun meskipun anda sudah dewasa sekalipun, anda juga masih bisa datang dan melihat-lihat fasilitas yang tersedia. Letak dari Taman Pintar ini berada di kawasan Taman Budaya Jogja.

taman-pintar-yogyakarta-_150407175253-627

Untuk mencapai objek wisata ini, anda hanya perlu berjalan kaki dari Titik Nol sekitar 350 m. Untuk bisa menikmati fasilitas yang ada di dalamnya, anda hanya perlu membayar biaya tiket 10.000-18.000/orang. Dan jika anda ingin mencoba permainan, anda hanya perlu menambah biaya sekitar 3.000-20.000/orang.

Kawasan Wilijan

Setelah lelah berbelanja di kawasan Malioboro, maka sebaiknya anda mencicipi kuliner khas dari Yogyakarta yaitu gudeg. Untuk mencicipi gudeg yang sangat khas ini, anda bisa mencoba mampir ke kawasan Wilijan yang memang dikenal sebagai pusat dari para penjual gudeg selama berpuluh-puluh tahun.

Sehingga tak heran jika kawasan Wilijan ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Kawasan ini tak terlalu jauh dari Keraton Yogyakarta, anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki atau menaiki becak.

Kawasan Wilijan

Tak sulit untuk anda menemukan kawasan Wilijan ini, ketika anda melihat gerbang putih kokoh yang sering disebut Plengkung Gading maka anda sudah sampai ke kawasan Wilijan.

Disini anda bisa memilih sendiri karena banyak sekali warung-warung yang menjual gudeg di wilayah ini. Rata-rata harga seporsi gudeg yang ada di Wilijan ini sekitar 10 ribu hingga 20 ribu rupiah. Sedangkan untuk gudeg kendil berkisar dari 40 ribu hingga 200 ribu rupiah.

Tugu Jogja

Tugu_YogyakartaKawasan ini memang cukup populer di Yogyakarta. Tugu putih dengan kombinasi warna emas ini memang menjadi landmark yang cukup terkenal di kawasan Yogyakarta, sehingga tak lengkap rasanya jika anda berlibur di Yogyakarta tanpa mengunjungi kawasan ini.

Apalagi menjelang malam hari, anda bisa menikmati keelokan dari bangunan ini dengan cahaya-cahaya yang gemerlap yang menambah keeksotisan dari bangunan ini. Lokasi tugu jogja ini sendiri berada di perempatan dari Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Pangeran Mangkubumi, serta Jalan AM> Sangaji.

Aktivitas Di Malioboro

Bagi anda yang ingin menikmati aktivitas berbelanja hingga kuliner di Malioboro, anda bisa menikmatinya dari menjelang siang hingga malam hari. Ragam Kuliner di Jogja sangat otentik dan mengundang selera.

Uniknya ketika menjelang di malam hari selepas pukul 9 malam, anda bisa menemukan malioboro dengan suasana yang begitu berbeda. Akan banyak sekali warung lesehan-lesehan yang buka di malam hari.

Dari mulai kuliner khas jogja, seafood, masakan Tionghoa dan lainnya dapat anda temukan di kawasan ini. Namun yang perlu anda ketahui ketika akan berburu makanan di kawasan Malioboro adalah selalu tanyakan harga terlebih dahulu ketika akan membeli.

Biasanya orang-orang yang tidak mengetahui harga makanan-makanan tersebut dapat dinaikkan hingga berkali-kali lipat oleh penjual dibandingkan dengan harga aslinya.

Bila anda ingin berisitirahat sejenak di kawasan Malioboro, anda juga bisa menemukan beberapa penginapan di kawasan Malioboro.

Malioboro_Street,_Yogyakarta

Mulai dari penginapan, guest house, hingga hotel-hotel berbintang dapat mudah anda temukan disini. Anda bisa mencoba mengunjungi jalan Dagen, Jalan Sosrowijayan, Jalan Mataram, hingga Jalan Suryatmajan. Disini anda bisa menemukan beragam penginapan dengan harga yang bervariasi.

Ketika anda berbelanja di Malioboro, pastikan anda pintar untuk menawar barang-barang tersebut untuk mendapatkan harga yang cukup murah.

Sekedar saran, akan lebih baik jika anda mencoba menawar dengan sedikit menggunakan bahasa jawa, dijamin anda bisa mendapat harga yang kurang dari harga aslinya.

Anda juga bisa mencoba untuk mengelilingi kawasan Malioboro dan sekitarnya dengan menggunakan andong atau becak.

Tentu saja sebelumnya anda harus menetapkan tujuan perjalanan anda. Menarik bukan berjalan-jalan di Daerah Malioboro?

Anda wajib mengunjungi wisata ini ketika berada di Kota Yogyakarta. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.