Jembatan Nasional Suramadu, Surabaya

Share Button

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yag melintasi selat madura yang menghubungkan pulau Jawa(di Surabaya) dengan pulau Madura(di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Nama jembatan ini diambil dari singkatan nama Surabaya-Madura. Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini dengan panjang 5,438 m. Jembatan Suramadu ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarno Putri pada 20 Agustus 2003 dan pembukaannya diresmikan oleh masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Jembatan ini sekarang merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur .

Jembatan Suramadu ini terdiri dari 3 bagian, yaitu causeway, approach bridge dan main bridge.Jembatan ini pun dirancang dengan sistem antikorosi pada pondasi tiang baja. Karena menghubungkan dua pulau, teknologi pembangunan Jembatan Suramadu didesign agar memungkinkan kapal-kapal dapat melintas di bawah jembatan bentang tengah Suramadu.

Secara keseluruhan, pembangunan Suramadu menghabiskan sekitar 650.000 ton beton dan lebih kurang 50.000 ton besi baja. Jembatan ini dirancang kuat bertahan hingga 100 tahun atau hampir menyamai standard Inggris yang mencapai 120 tahun. Karena berada di tengah lautan, Suramadu perpotensi terkendala faktor angin besar yang potensial terjadi di tengah lautan. Untuk memastikan keamanan kendaraan yang melintas di atas Suramadu, Departemen Pekerjaan Umum akan membangun pusat monitoring kondisi cuaca, khususnya angin. Selama ini jika ingin ke Pulau Madura bukan saja mahal, kalau membawa mobil bisa habis sekitar Rp.40rb lebih tapi juga lama, terutama ketika waktu lebaran, atau liburan, kita harus antri ber jam-jam baru bisa menyeberang. Paling cepat butuh waktu 25menit. Namun dengan adanya jembatan Suramadu ini, diharapkan hanya butuh waktu 10 menit sudah sampai di pulau Madura. Tentu saja biaya masuk tol Suramadu tidak terlalu mahal, paling mahal Rp.10rb untuk mobil pribadi, dan 2rb untuk sepeda motor. Keindahan malam nya pun tidak kalah menariknya , Anda pun dapat kesini bukan hanya untuk melintas dari Surabaya-Madura atau sebaliknya, tetapi juga bisa berlibur, atau hanya sekedar jalan-jalan saja. Jembatan Suramadu ini pun dekat dengan hotel hotel berbintang  , contohnya :

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_Nasional_Suramadu
  • http://oerleebook.wordpress.com/2009/12/09/jembatan-suramadu-terpanjang-di-asia-tenggara-satu-lagi-karya-konstruksi-bangsa-indonesia/
  • http://prayudi.wordpress.com/2009/03/31/jembatan-suramadu/
  • http://www.sumintar.com/tag/sejarah-jembatan-suramadu
Share Button

One thought on “Jembatan Nasional Suramadu, Surabaya

  1. Pingback: Benarkah Jembatan Suramadu, Jembatan Terpanjang Di Asia Tenggara - Wisata Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.