Jernihnya Pantai Melur, Batam

Share Button

pantai-melur-pulau-galangKota Batam tidak hanya memiliki Jembatan Barelang yang megah. Meski pulau kecil, namun Batam memiliki beberapa tempat indah yang bisa anda kunjungi untuk berlibur atau beristirahat usai perjalanan bisnis. 

Salah satunya adalah sebuah pantai yang cukup jernih bernama Pantai Melur. Pantai yang berjarak 45 km di bagian selatan Pulau Batam dan bagian barat Pulau Galang ini memiliki keindahan yang akan membius anda yang telah penat berkutat dengan urusan bisnis, meringankan jiwa dan pikiran anda untuk lebih bersantai sembati memuji keagungan Tuhan atas keindahan yang telah di berikan.

Hamparan pasir putih akan menyapa anda begitu anda tiba di pantai yang landai ini. Dengan kondisinya yang tak berkarang, memberikan anda kenyamanan dan keamanan ketika harus menikmati jernihnya pantai dengan berenang, meski hingga berjarak 500 meter dari pesisir pantai.pantai melur

Warna airnya yang biru berpadu dengan ombaknya yang tenang, seolah menenangkan hati dan pikiran siapa saja yang melihatnya. Lambaian nyiur yang berwarna-warni seolah mengajak anda untuk segera bersenang-senang di pantai yang eksotis ini.

Kehadiran tanaman nyiur tersebut juga menjadikan suasana di sekitar pantai begitu sejuk. Pantai yang berada tak jauh dari salah satu rangkaian Jembatan Barelang, tepatnya Jembatan Tuanku Tambusai ini memili garis pantai sepanjang 100-200 meter dengan lebar 20-30 meter. Meski tak terlalu panjang, namun cukup untuk membuat anda bersenang-senang.

BananaBoatdiPantaiMelurTidak hanya berenang, dengan ombaknya yang tenang anda bisa mengelilingi pantai dengan berlayar. Anda juga bisa bermain pasir dan melakukan olahraga pantai, seperti voli, di atas pasirnya yang lembut. Pihak pengelola pantai juga menyediakan beberapa wahana watersport seperti banana boat dan yang lainnya untuk anda yang menyukai kegiatan menguji adrenalin.

Ingin melihat biota laut yang ada di Pantai Melur? Mungkin anda bisa mengawalinya dengan menjelajahi pasir dan bebatuan di sekitar pantai, mencoba menemukan mereka yang bersembunyi di balik pasir dan batu.

pantai_melurTak hanya indah, namun Pantai Melur juga menyimpan nilai sejarah. Pantai Melur merupakan pantai yang disinggahi oleh beberapa penduduk Vietnam di tahun 1970-an yang berusaha menyelamatkan diri dari perang saudara antara Vietnam Utara dan Vietnam Selatan.

Para pengungsi yang disebut dengan Manusia Perahu ini pada akhirnya membentuk perkampungan sendiri bernama Kampung Vietnam di Pulau Galang yang berjarak 1 km dari pantai sebelum akhirnya dipindhakan ke Amerika Serikat dan Australia.

pantai melur1Di sekitar pantai, telah berjajar penjaja makanan dan minuman yang menawarkan berbagai olahan seafood, seperti kepiting dan cumi-cumi. Nikmati pula segarnya es kelapa muda sambil menikmati keindahan pantai. Ada pula sajian kuliner khas Melayu yang ditawarkan oleh warung-warung tersebut. Dengan adanya Jembatan Barelang, perjalanan ke Pantai Melur tidaklah sulit. Anda juga bisa memanfaatkan beberapa hotel murah di Batam untuk kebutuhan akomodasi anda seperti:

Biar lebih mudah jalan-jalan di Batamnya, anda bisa mengikuti paket tour Batam yang disediakan oleh travel agent.

Refrensi:

  • http://jalan2.com/city/batam/pantai-melur/
  • http://www.indonesia.travel/id/destination/149/pantai-melur
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.