Kaliurang, Yogyakarta

Share Button

Kaliurang merupakan kawasan wisata yang letaknya di wilayah Utara Provinsi Yogyakarta, di lereng Gunung Merapi dengan ketinggian mencapai 878m dpl yang menjadikan kawasan wisata ini beriklim sejuk dan segar. Suhu di Kaliurang sendiri berkisar antara 20-25 derajat C sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin beristirahat sekaligus tempat pemulihan setelah dari pasca proses penyembuhan. Kawasan ini sudah terkenal dari dulu sejak zaman Belanda. Menurut ceritanya, pada awal abad ke 19 dulu beberapa ahli geologi Belanda yang tinggal di Yogyakarta bermaksud mencari peristirahatan bagi keluarganya di dalam usaha pencariannya tersebut mereka menyusuri kawasan utara Kota Yogyakarta hingga memasuki Kaliurang. Setelah Belanda meninggalkan Negara Indonesia kawasan ini tetap menjadi tempat peristirahatan, banyak perusahaan dan instasi yang didirikan disini. Awalnya hanya digunakan bagi kepentingan mereka saja namun lambat laun bangunan yang mereka dirikan akhirnya disewakan.
Udara di Kaliurang sangat bersih, sejuk dan segar. Suasananya terkesan sangat damai dan tenang. Terlihat dari belakang hutan milik Perhutani dan Kali Boyong, Gunung Merapi tampak tampak berdiri dengan gagah dan kokohnya. Meskipun saat matahari berada di atas kepala kesejukan Kaliurang masih sangat terasa. Saat beranjak sore kabut mulai merayap turun hingga akhirnya Kliurang menjadi sangat dingin. Selama berlibur disini banyak aktivitas yang bisa anda lakukan seperti jalan kaki mengitari Kaliurang. Meski anda belum hafal peta Kaliurang secara baik anda tidak perlu khawatir anda tiduk perlu khawatir akan tersesat karena jalan-jalan dan gang-gangnya semuanya terhubung satu sama lain. Anda bisa tracking dengan menyusuri jalan setapak yang ada di hutan dan di hutan ini anda akan bertemu sekelompok monyet yang bergelantungan atau elang Jawa. Disini juga disediakan bagiĀ  anda beserta keluarga karena di sini terdapat Taman Bermain Anak. Banyak terdapat macam permainan yang akan menambah keceriaan putra-putriĀ  anda.
Secara administrative kawasan wisata ini masuk ke dalam Desa Hargobinangun , Kec Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sebagai salah satu destinasi utama liburan untuk keluarga kawasan ini hayak berjarak sekitar 28km arah utara Kota Yogyakarta. Banyak warung makan yang tersebar disini, salah satu makanan favorit disini adalah Jadah tempe yang merupakan makan khas Kaliurang. Disini juga terdapat Gardu Pandang atau pos pengaman Gunung Merapi . Fasilitasnya tidak hanya itu saja, disini juga disediakan untuk perkemahan yang cukup luas dan juga tempat beribadah seperi mushola dan gereja. Di dekat Plawangan Turgo terdapat gua-gua buatan yang biasa digunakan sebagai tempat berdoa umat nasrani. Di sini juga terdapat beberapa penginapan dengan berbagai type dengan harga yang bervariasi, mulai dari penginpan biasa sampai yang bagus. Namun jika anda ingin menginap di hotel, anda bisa menginap di hotel sekitar Kaliurang seperti:

Referensi:

  • http://jogjatrip.com/id/724/Kawasan-Wisata-Kaliurang

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.