Kampung Daun – Destinasi Paling Hit di Lembang

Share Button

Jika kamu adalah masyarakat perkotaan dan sedang mendambakan menikmati suasana pedesaan yang tentram, maka pergilah ke Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Di daerah ini, kamu akan merasakan sejuknya udara pegunungan, melihat hamparan kebun teh yang indah, dan berwisata ke tempat-tempat yang mengasyikkan serta menyantap kuliner yang lezat di lidah.

Paket kebahagiaan tersebut dapat kamu temukan di Lembang. Salah satu destinasi wisata yang komplit, baik dari segi kuliner, suasana, dan view adalah Kampung Daun Culture Gallery & Cafe. Restoran yang berlokasi di kawasan Villa Trinity, Jl. Sersan Bajuri KM 4,7, Cihideung, Cigugur Girang, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa barat ini berdiri sejak tahun 1999. Tentunya, restoran ini masih sangat eksis karena konsepnya yang unik dan indah.

Restoran yang sekarang memiliki luas 3 hektare ini dulunya hanya sebuah tempat makan kecil yang berada di lembah mini. Pemandangan lembah yang berada di perbatasan 2 desa, yakni Cihideung dan Cigugur ini sangat indah karena terdapat bukit dan hutan lebat di sekelilingnya.

Awalnya, restoran ini hanya memiliki 4 saung. Namun, setelah waktu berjalan, restoran ini pun semakin berkembang dan akhirnya memiliki 57 saung. Perkembangan yang cukup signifikan, bukan?

setapak kampung daun

Kepuasan pengunjung menjadi faktor utama Kampung Daun terus berkembang. Perpaduan antara wisata kuliner dan alam tentunya sangat menarik dan terasa sayang untuk dilewatkan.
Salah satu hal yang diajarkan Kampung Daun adalah kesabaran untuk mengantri. Jadi, misalnya saat kamu tiba di restoran ini, maka kamu tidak diperbolehkan mencari saung sendiri.

Namun, kamu harus reservasi terlebih dahulu ke resepsionis. Dalam proses reservasi tersebut, kamu akan ditanyai jumlah anggota keluarga / teman yang datang. Jika kamu datang bersama 10 anggota keluarga lainnya, maka resepsionis akan memesankan saung yang berukuran besar untukmu.

Begitu pula sebaliknya jika kamu hanya berdua atau bertiga saja. Setelah itu, jika restoran ini dalam keadaan ramai, maka kamu akan dipersilahkan duduk di sebuah saung untuk menunggu antrian.

Meskipun mungkin rasa lelah mendera, rasa bahagia saat nomor antrian dipanggil oleh resepsionis pastinya timbul di hati. Di Kampung Daun, secara tidak langsung, pengunjung diajarkan untuk tertib dengan mengantri.

Kamu pasti mengetahui bahwa budaya antri sangat minim di negeri kita. Jadi, datanglah ke Kampung Daun untuk menumbuhkan budaya yang sangat langka tersebut.

Jika kamu belum ke Kampung Daun sebelumnya, maka masukkan restoran ini ke dalam list destinasi kulinermu, ya ! Ada banyak hal yang akan kamu dapatkan di kampung ini. Apa saja itu ? Check this out !

Menyantap makanan yang lezat dan minuman yang segar

Kampung Daun menawarkan berbagai menu makanan dan minuman yang sangat bervariasi. Hal ini tentunya akan membuat kamu lebih leluasa dalam memilih apa yang ingin kamu santap.

Beberapa menu makanan di sini, diantaranya yaitu nasi bakar dengan belut sebagai lauknya, nasi kukus kampung daun, ikan gurame goreng sambal terasi atau cobek, gurame bakar sambal kecap, nasi liwet parahyangan, sop buntut bagar, sop gurame, nasi timbel komplit, nasi goreng kampung daun, sop iga sapi, bebek bakar dengan bumbu bali, nasi tutug oncom, dan lain-lain. Menu makanan Indonesia sangat banyak di sini.

menu by upik abu
menu by upik abu (foursquare)

Namun, menu makanan luar negeri tidak sebanyak itu. Beberapa di antaranya yaitu beef ribs, blackpepper beaf, chicken steak, yenderlions steaks. Tidak hanya makanan berat, di sini kamu dapat mencoba makanan ringan, misalnya surabi oncom, colenak, pisang goreng, tahu goreng, batagor, dan lain-lain.

Mayoritas menu merupakan makanan khas Sunda, ya? Hal ini tentunya sejalan dengan tema restoran ini, yaitu Culture Gallery & Cafe. Culture yang diangkat kampung Daun adalah budaya Sunda.

Selain itu, minuman-minuman di sini juga sangat menyegarkan dan melepaskan dahaga. Beberapa di antaranya adalah pink guava, bajigur, bandrek, es goyobod, coffee, caramel coffee latte, cold beverages, es selasih, dwi warna juice, dan lain-lain. Benar-benar menggungah selera, ya ?

Budget yang perlu kamu siapkan tidak terlalu besar karena harga makanan di restoran ini cukup terjangkau. Untuk makanan Indonesia per porsi dimulai dari harga Rp 8.000 sedangkan harga makanan luar negeri berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 115.000. kamu tidak akan mengocek kantong dalam-dalam, bukan ?

Menikmati suasana romantis Kampung Daun

Jika kamu datang bersama pasangan ke Kampung Daun, maka suasana romantis akan langsung terasa, apalagi saat malam hari. Di Kampung Daun, lentera menjadi penerang di masing-masing saung.

Cahayanya yang kemerahan menciptakan kesan hangat. Suasana visual yang tepat untuk menggambarkan kehangatan hubungan, bukan? Selain itu, Kampung Daun yang dipenuhi elemen-elemen kayu di setiap bagiannya juga menambahkan kehangatan nuansa tersebut. Dekorasi kayu pada sebuah ruangan akan membuat suasana menjadi nyaman.

area depan kampung daun

Serunya lagi, kamu juga dapat melihat pemandangan perbukitan dan mendengarkan gemericik air yang semakin mendekatkanmu dan pasangan dengan alam.

Di zaman yang penuh dengan tekanan kerjaan seperti sekarang ini, kamu dan pasangan perlu menyisihkan waktu untuk menikmati quality time bersama. Nah, kampung Daun ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk bercengkrama dan menikmati waktu.

Sebenarnya, bukan hanya dengan pasangan, Kampung Daun juga sangat cocok sebagai tempat kumpul bareng bersama keluarga dan teman tercinta.

Bermalam di penginapan yang cozy

Jika kamu masih ingin menikmati makanan dan suasana Kampung Daun lebih lama, maka berbahagialah. Di sekitar Kampung Daun, terdapat banyak penginapan yang akan membuatmu betah. Ada Villa Agung yang juga terletak di kawasan Villa Trinity.

Villa dengan desain minimalis ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, diantaranya yaitu 14 unit kamar, ruang meeting, karauke, wifi, kolam renang, billiard, dan sebagainya. sewa villa pada hari senin sampai jumat untuk 1 unit kamar adalah Rp 650.000. sedangkan pada hari sabtu dan minggu adalah Rp 750.000 per kamar. Villa Agung akan membuatmu merasa ‘pewe’.

Berfoto di spot-spot yang indah

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Kampung Daun terletak di lembah kecil yang dikelilingi perbukitan dan hutan yang lebat. Kekayaan alam ini tentunya membuat Kampung Daun dipenuhi spot foto yang sayang untuk dilewatkan.

Kampung Daun Restaurant, near Bandung, Indoensia
Kampung Daun Restaurant, near Bandung, Indoensia

Ada spot foto dengan latar belakang perbukitan yang indah, jembatan di atas sungai kecil yang tenang, jalan setapak yang dihiasi obor, saung yang disinari lentera bercahaya romantis, dan masih banyak lagi. Selain berfoto biasa untuk diupload di instagram, Kampung Daun juga dapat menjadi tempat berfoto prewedding.

Itulah tadi beberapa hal yang dapat kamu lakukan di Kampung Daun, Lembang, Bandung ini. Mengajak keluarga, pasangan, teman, dan rekan bisnis ke Kampung Daun akan sangat menyenangkan. Oleh karena itu, segeralah ke Kampung Daun dan rasakan sensasinya.

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.