Kawah Putih, Bandung

Share Button

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Di Kota Bandung, tepatnya di Bandung Selatan ada beberapa obyek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Kawah Putih salah satunya atau yang biasa masyarakat sebut dengan Situ Patenggang. Obyek wisata ini berada di daerah Ciwidey. Pemandangannya sangat indah, dan udaranya yang dingin. Di atas gunung terdapat hamparan pasir yang berwarna putih dan di tengahnya terdapat danau yang berwarna hijau sehingga menjadi suatu pemandangan yang cukup kontras. Konon tempat yang indah ini dulunya ditemukan oleh seorang Belanda yang bernama Dr.Franz WJ. Beliau tidak percaya dengan cerita penduduk sekitar yang mengatakan bahwa di daerah gunung tersebut sangat angker. Sehingga tidak ada satupun hewan yang lewat, bahkan burung yang melintasinya saja bisa mati. Kawah Putih merupakan sebuah kawah di ketinggian 2.225meter di atas permukaan laut. Dengan keberadaannya tersebut, tentu udara di sekitarnya sangat sejuk dan angin yang berhembusnya pun cukup kencang. Dulunya kawah ini merupakan bekas letusan dari Gunung Patuha atau yang dianggap gunung tertua di Bandung.

Selain kawahnya yang cantik, di sini anda akan juga menjumpai hal yang menarik. Ada seorang bapak-bapak yang bermain kecapi denga merdunya di bawah pepohonan yang rindang. Yang dimainkan pun lagu-lagu sunda. Di sini pun juga terdapat sebuah gua, meskipun termasuk gua kecil, tetapi pengunjung belum diperbolehkan untuk memasukinya. Anda bisa sedikit menaiki gunung-gunung di sekitarnya. Di gunung ini anda akan juga menemukan pohon-pohon kering dan banyak ranting-ranting yang berjatuhan dengan batu-batu kecil. Anda juga bisa melihat kawah dari atas. Kawah disinipun cukup luas. Warna airnyapun bisa berubah-ubah tergantung cahaya matahari. Asap yang keluar dari air belerang terkadang timbul sehingga menghalangi pandangan anda. Airnya juga menimbulkan bau belerang. Maka dari itu ada beberapa titik pada kawah ini yang dipasangi peringatan agar tidak terlalu dekat untuk menghindari keracunan asap belerang. Kawah ini pun juga akan memberikan anda pengalaman yang berbeda. Anda akan seolah-olah berada di salju karena view nya yang putih. Anda juga dapat merasakan seperti berada di pantai karena airnya yang berwarna hijau kebiruan, dan pohon-pohon yang sebagian besar hanya tinggal batangnya dan sudah kering turut serta menciptakan suasana yang berbeda. Di sini banyak terdapat batu-batu besar yang indah sehingga obyek wisata ini kerap digunakan sebagai tempat favorit bagi para calon pengantin untuk melakukan foto prawedding.

Tidak ada salahnya  jika anda berlibur ke Kota Bandung dengan mampir atau berkunjung ke kawasan ini, Sekitar lokasi inipun banyak terdapat beebrapa penginapan, losmen bahkan hotel. Hotel-hotelnya pun bisa anda jumpai di pusat ota Bandung atau malah sudah masuk ke lokasi-lokasi yang dekat dengan perkampungan penduduk, seperti :

Referensi :

  • http://www.wijanarko.net/2011/12/kawah-putih-objek-wisata-cantik-di.html
  • http://www.jalanjajanhemat.com/2007/07/kawah-putih-dan-situ-patengan-bandung/
Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.