Kebun Binatang, Bandung

Share Button

Kebun Binatang Bandung adalah salah satu obyek wisata alam flora dan fauna yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat. Pada awalnya dikenal dengan nama Derenten yang dalam bahasa sunda nya berarti Kebun Binatang. Didirikan pada tahun 1930 oleh Bandung Zoological Park yang dipelopori oleh Direktur Bank Dennis, Hoogland. Obyek wisata ini dahulunya kurang terkelola hingga pada tahun 1948 dan dilakukan rehabilitasi untuk mengembalikan fungsinya seperti di awal pembangunannya. Pada tahun 1956 atas inisiatif R. Ema, Bandung Zoological Park diganti namanya menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari. Berbagai wahana permainan juga tedarap di mueum ini seperti Flying Fox, Taman Bermain, Kolam untuk perahu dan perahu bebek. Beberapa fungsi dari Kebun Binatang Bandung sendiri adalah :

  • Fungsi Kebudayaan, sebagai tempat rekreasi yang di dalamnya terdapat wahana pergelaran seni budaya, tentunya Kebun Binatang Bandung mempunyai fungsi kebudayaan yaitu dapat menanamkan kesadaran dan rasa cinta tanah air melalui pengamatan dan pemahaman tentang budaya serta pemahaman kekayaan flora dan fauna.
  • Fungsi Pendidikan, merupakan sebuah wahana yang dapat dimanfaatkan oleh kalangan edukatif yang dapat menambah pengetahuan dan untuk menghasilkan pengetahuan baru. Dapat pula dimanfaatkan sebagai obyek riset atau penelitian di berbagai keilmuan.
  • Fungsi Perlindungan dan Pelestarian Kekayaan Alam, sebagai tempat dimana wahana flora dan fauna dikembangkan dan dilestarikan dan dijaga dengan tujjuan menjaga kekayaan alam.
  • Fungsi Rekreasi, yang tentunya mampunyai fungsi sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat.

Kebun Binatang Bandung sendiri berlokasi di Jln Kebon Binatang no 6 Taman Sari Bandung. Jaraknya berdekatan dengan Institut Teknologi Bandung. Beberapa binatang yang ada di dalam nya seperti ular, orang utan, beruang, gajah, burung-burung an, harimau, tapir, kijang, buaya muara, zebra, siamang dan masih banyak lagi. Binatangnya sebagian besar diletakkan di dalam kurungan besi dan ada juga yang kandangnya menggunakan fiberglass. Perahu berbentuk angsa berwarna-warni sangat cocok untuk ber foto-foto yang di tengah-tengah nya dihuni beberapa ekor orang hutan yang berada di pepohonan. Disewakan juga kuda untuk mengitari kebun binatang. Jika Anda berlibur kesini anda tidak perlu khawatir untuk mencari penginapan. Karena banyak penginapan yang disewakan penduduk sekitar atau bahkan hotel seperti:

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kebun_Binatang_Bandung
  • http://winnyradc.wordpress.com/2012/11/13/kebun-binatang-bandung/
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 − four =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>