Kebun Raya Bogor, Jawa Barat

Share Button

Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun penelitian besar yang terletak di Kota Bogor, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Luas kebun raya ini mencapai 80 hektar dan memiliki kurang lebih 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

Kebun Raya Bogor terletak ditengah Kota Bogor yang ramai, sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Hanya berjarak sekitar 63 km dari Jakarta.

Kebun raya ini cocok sekali untuk dijadikan tempat wisata bagi putra-putri anda karena sarat akan edukasi. Namun selain itu, tempat ini juga cocok untuk anda yang ingin sekedar refresing ataupun sekedar melepaskan penat dari rutinitas dan udara kota yang sarat dengan polusi.

Kebun Raya Bogor ini awalnya adalah hutan buatan yang digunakan untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan memelihara benih-benih kayu yang langka pada masa Kerajaan Sunda (Prabu Siliwangi, 1474-1513). Oleh karena itu, Kebun Raya Bogor ini merupakan salah satu Kebun Botani tertua di Asia yang memiliki keindahan tersendiri.

Istana Bogor

Istana Bogor

Di Kebun Raya Bogor ini terdapat museum hewan (museum zoologi) yakni museum yang berisi replika binatang-binatang yang ada di Indonesia.

Selain itu ada juga perpustakaan, Istana Bogor, koleksi taman anggrek, pusat riset dan pengembangan biologi, serta ribuan koleksi spesies tanaman tropis yang dikelompokan sesuai dengan jenisnya, misalnya keluarga palem, bamboo, atau jahe dan juga terdapat pohon-pohon tua yang sudah langka dan umurnya mencapai ratusan tahun.

Oleh karena itu, di sini anda dapat memandang kawasan hijau yang menenangkan, serta suara burung yang berkicau. Untuk menambah kecantikannya, terdapat pula kolam-kolam dengan pancuran air, sehingga kita dapat mendengar suara gemericik air.

Raflesia Arnoldi

Raflesia Arnoldi

Dan tak lupa yang selalu menarik untuk dilihat adalah saat berkembangnya Bunga Bangkai atau Bunga Raflesia Arnoldi. Bunga ini sangat besar dan dinamakan Bunga Bangkai karena pada saat mekar, bunga ini mengeluarkan bau busuk yang menyengat.

Kebun Raya Bogor ini buka mulai dari jam 8.00 pagi hingga jam 17.00 sore. Jadi jangan lewatkan liburan anda bersama keluarga di Kebun Raya Bogor ini. Untuk penginapan, anda tak perlu khawatir karena banyak sekali hotel-hotel yang ada di daerah Bogor.

 

Diantaranya adalah :

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kebun_Raya_Bogor
  • http://kumpulan.info/wisata/tempat-wisata/53-tempat-wisata/90-kebun-raya-bogor.html
  • http://www.puncakview.com/KebunRaya_Bogor.htm
  • http://indonesia-indahnya.blogspot.com/2010/02/kebun-raya-bogor-salah-satu-tertua-di.html

 

Share Button

One thought on “Kebun Raya Bogor, Jawa Barat

  1. Pingback: Inilah 5 Tempat Wisata Menarik di Sekitar Jakarta | Anything Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.