Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah

Share Button

Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk di dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan kurang lebih 1.500hektare dan perairan kurang lebih 110.000hektare yang terdiri atas gugusan 27 buah pulau kecil dengan 5 buah pulau yang sudah berpenduduk di kepulauan ini. Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Tanaman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dengan alamnya yang sangat indah dan relatif murni, Karimunjawa menawarkan daya tarik wisata alam yang indah, yaitu wisata bahari dan wisata petualangan. Selain alam yang indah, penduduknya yang multietnis membuat kawasan ini pun menarik untuk disimakberbagai keunikan budaya dan tradisinya. Wisata Bahari menawarkan berbagai kegiatan wisata dan olahraga yang berhubungan dengan alam. Ada beberapa aktifitas wisata dan olahraga yang bisa anda lakukan di kawasan ini, sebgai berikut :

  • Menyelam, Kegiatan ini dapat dilakukan di sebelah utara dan barat Pulau Karimunjawa.
  • Snorkling, Aktifitas ini dapat dilakukan di sekitar Pulau Menjangan Besar dan Kecil.
  • Berenang, Lokasi yang dapat di[akai untuk melakukan aktifitas ini antara lain di sebelah timur dan selatan Pulau Karimunjawa.
  • Berjemur, Hampir seluruh pantai di kepulauan Karimunjawa berpasir putih dengan garis pantai yang cukup panjang. Kondisi ini menyebabkan kawasan pantai menjadi kawasan yang cocok untuk melakukan kegiatan berjemur(mandi matahari), bermain pasir dan menyaksikan keindahan pemandangan matahari terbenam atau terbit.
  • Menjelajah Laut, Bagi yang tidak dapat berenang dan menyelam, tersedia kapal yang dilengkapi dengan kaca pada bagian bawahnya(glass bottom boat) untuk menyaksikan keindahan bawah laut Karimunjawa.
  • Melihat aquarium air laut, Di Pulau Menjangan BesarĀ  terdapat area yang memiliki fasilitas aquarium air laut. Disini anda dapat menikmati keindahan ikan hias dan kehidupan ikan hiu serta ikan-ikan lainnya dengan nuansa khas yang tidak dapat dipenuhi di tempat lain.

Selain alamnya, faktor penduduk dan tradisinya membuat Kepulauan Karimunjawa memiliki daya tarik wisata budaya dan ziarah. Berbagai atraksi budaya terdapat di kawasan ini, seperti reog, kuda lumping, pencak silat, rebana, dan gamelan Jawa. Ada juga atraksi-atraksi yang dilakukan secara rutin oleh masyarakat setempat, misalnya pelepasan penyu, upacara pelepasan perahu, dan peringatan satu suro. Berbagai macam barang kerajinan yang sebagian besar terbuat dari kayu-kayu langka, seperti kayu Setigi, kayu Dewadaru, dan kayu Kalimasada merupakan keunikan tersendiri dari Kepulauan Karimunjawa. Hasil-hasil kerajinan yang lain berupa tongkat, keris, dan tasbih. Barang-barang kerajinan ini dapat dengan mudah diperoleh di toko-toko penjual barang-barang cinderamata yang berada di pusat kota Karimunjawa.

Letak Pulau Karimunjawa ini pun strategis, karena dapat anda tempuh dengan berbagai transportasi. Dekat pula dengan beberapa penginapan maupun hotel, contohnya :

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kepulauan_Karimunjawa
  • http://www.central-java-tourism.com/desa-wisata/in/karimunjawa.htm
  • http://kumpulan.info/wisata/tempat-wisata/53-tempat-wisata/238-karimun-jawa-pesona-keindahan-laut-jawa.html
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


6 × = eighteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>