Kotagede, Yogyakarta

Share Button

Kotagede merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kota Yogyakarta. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Bantul dan di sebelah baratnya Kecamatan Umbulharjo. Nama Kotagede sendiri diambil dari nama kawasan Kota Lama Kotagede. Wilayah kecamatan ini merupakan bagian dari bekas Kota Kotagede ditambah dengan daerah sekitarnya sedangkan bagian lainnya berada di wilayah Kecamatan Banguntapan, Bantul. Dalam perkembangannya Kotagede sendiri selalu ramai oleh pengunjung atau wisatawan. Berbagai peninggalan sejarah juga ada disini seperti,

  • Kompleks Makam Pendiri Kerajaan, Dengan anda berjalan sekitar 100 meter kea rah selatan dari Pasar Kotagede, anda akan menemukan kompleks makam para pendiri Kerajaan Islam Mataram dengan dikelilingi tembok yang tinggi dan kokoh. Beberapa abdi dalamnya berbusana adat jawa untuk menjaga kompleks ini 24 jam. Anda akan melewati tiga gapura sebelum sampai ke gapura terakhir yang menuju makam. Untuk memasuki kawasan ini anda juga harus menggunakan pakaian adat jawa. Jika di dalam sini anda akan dilarang untuk memotret atau membawa perhiasan berlebihan demi menjaga kehormatan para pendiri Kerajaan Mataram.
  • Masjid Kotagede, Jika ke Kotagede tidak lengkap jika tidak berkunjung ke Masjid Kotagede yang merupakan masjid tertua di Jogja dan masih berada di kompleks makam. Ada lorong sempit yang tak ada salahnya jika anda telusuri, arsiteknya masih utuh yang menggambarkan kehidupan masyarakat sehari hari di Kotagede.
  • Rumah Tradisional, Terdapat tepat di seberang jalan dari kompleks makam anda akan melihat sebuah rumah tradisional Jawa.
  • Kedhaton, Dengan berjalan ke selatan sedikit lagi, anda akan melihat tiga pohon beringin yang berada tepat di tengah jalan. Di tengahnya terdapat bangunan kecil yang menyimpan watu gilang, sebuah batu hitam berbentuk bujur sangkar yang permukaannya terdapat tulisan bahasa Inggris. Di dalam bangunan itu juga terdapat watu cantheng yang merupakan tiga bola terbuat dari batu berwarna kuning. Masyarakat setempat mengira bahwa bola batu adalah mainan Putra Panembahan Senapati. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa benda sebenarnya merupakan peluru meriam kuno.
  • Reruntuhan Benteng, Yang asli nya masih bisa anda lihat di pojok barat daya dan tenggara dan temboknya setebal empat kaki terbuat dari balok.

Sebagai kota tua bekas Ibu Kota Kerajaan, kota Kotagede merupakan kota warisan yang sangat berpotensi bagi kemakmuran masyarakat. Berjalan jalan menyusuri Kotagede akan member pengalaman dan menambah wawasan sejarah terkait Kerajaan Mataram islam yang pernah Berjaya di Pulau Jawa. Jika anda berasal dari luar kota, anda tidak perlu khawatir karena banyak terdapat hotel di sekitarnya seperti,

 

 

Referensi:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kotagede,_Yogyakarta
  • http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/historic-and-heritage-sight/kotagede/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.