Lembah Harau, Padang

Share Button

Lembah Harau adalah salah satu objek wisata yang berada di provinsi Sumatera Barat, yang jaraknya tidak begitu jauh dari Ibukota Kabupaten Tanjung Pati. Lembah ini berupa tebing-tebing terjal yang kemiringannya hamper 90 derajat. Terbagi menjadi dua daerah wisata yaitu Sarasah Bunta dan Aka Barayun. Di Sarasah Bunta sendiri terdapat lima buah air terjun dan di Aka Barayun hanya ada satu air terjun. Air terjunnya sangat jernih dan dingin dan ada banyak ikan disini. Di sini pun sudah banyak kolam yang disediakan sehingga bisa digunakan untuk berenang.
Lembah Harau merupakan kawasan suaka margasatwa dan hutan lindung yang memiliki pemandangan alam cukup fantastis. Kawasan tersebut dikelilingi oleh bebatuan tebing berbukit yang sangat tinggi, mungkin lebih dari 100meter sampai 200meter. Terdapat corak warna alami perpaduan antara tumbuhan yang liar dan efek warna akibat iklim dan cuaca pada batuan tebingnya sendiri. Di antara tebing-tebing tersebut terdapat areal persawahan milik penduduk. Di beberapa tebing yang tinggi terdapat banyak air terjun yang airnya segar dan dan masih alami. Lembah Harau sendiri sudah dijadikan tempat wisata pada masa Belanda dahulu.
Di samping air terjunnya sendiri, terdapat anak tangga yang bisa digunakan untuk naik ke atas tebing sehingga anda bisa melihat pemandangan Lembah Harau dari atas. Di puncak anak tangganya terdapat semacam bangunan saung kecil untuk beristirahat. Di sekitar saung terdapat lahan yang agak datar dan bisa dijadikan tempat untuk mengamati pemandangan atau sekedar berfoto-foto.
Selain itu, pecinta botani juga dapat menghampiri tanaman hutan hujan tropis dataran tinggi yang dilindungi. Jika beruntung, anda juga dapat bertemu dengan beruang, harimau sumatera, tapir dan landak yang hamper punah. Cagar alamnya mempunyai luas sekitar 27,5 hektar. Lokasi ini ditetapkan sebagai cagar alam sejak 10 Januari 1993. Untuk mencapai lembah ini sendiri dapat dijangkau menggunakan transportasi darat. Jika anda yg berasala dari luar pulau atau wilayah, anda dapat mendarat dari Bandara Internasional Minangkabau atau dari Kota Padang menuju Payakumbuh. Perjalanan dapat ditempuh selama tiga jam menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum atau angkutan sewa.
Akomodasi dan fasilitas lainnya untuk wisatawan yang datang dari luar daerah yang berniat bermalam, di sini sudah dusediakan tempat untuk menginap. Memang tempat juga tidak sebagus hotel berbintang lima. Namun jika anda ingin menginap di hotel yang berbintang, anda tidak perlu khawatir karena lokasi ini juga dapat dijangkau dengan hotel-hotel yang bagus dan berbintang, seperti :

Referensi :

  • http://andhysukma.com/lembah-harau-wisata-alam-berpemandangan-fantastis/
  • http://jalanjalanterus.wordpress.com/2007/10/25/lembah-harau-50-kota-sumbar/
Share Button

One thought on “Lembah Harau, Padang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 × four =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>