Liburan Sekeluarga sambil Puasa, Kenapa Tidak?

Share Button

downloadTahun ini libur kenaikan kelas si kecil berbarengan dengan pelaksanaan bulan Ramadhan bagi umat muslim. Bukan berarti anda yang muslim tidak bisa mengajak si kecil untuk berwisata, karena liburan masih tetap seru meski anda dan si kecil sedang berpuasa. Puasa tidak akan menghalangi anda untuk melakukan beragam aktivitas penting selama hal tersebut bernilai positif. Apalagi bagi anda  yang memang hobi melakukan perjalanan. Jadi tak perlu ragu untuk melakukan perjalanan selama puasa. Selama anda bisa menyiasati berbagai permasalah yang kemungkinan datang, liburan anda dan si kecil tetap berjalan lancar, puasa pun tak ada halangan. Ada sejumlah tips dan trik yang bisa anda gunakan selama anda berlibur kala puasa. Cek yuk apa saja 🙂

Museum Kesehatan 21. Memilih Tempat Wisata

Menentukan tujuan bukan hanya membantu anda untuk menghitung budget dan transportasi serta hotel murah yang anda gunakan. Namun anda juga bisa mempersiapkan berbagai hal yang anda butuhkan selama di sana. Anda bisa mempelajari cuaca, suasana dan berbagai hal yang berhubungan dengan liburan anda. Anda pun bisa tetap mempertahankan stamina anda sehingga puasa anda tetap bisa berlanjut.

Masjid Kuba Emas 3Kala puasa, sebaiknya anda memilih berwisata indoor, seperti museum. Selain terlindung dari terik matahari dan dehidrasi berlebihan, aktivitas yang anda lakukan pun cenderung ringan. Anda juga bisa beristirahat di sela-sela aktivitas. Selain ke museum, anda juga bisa melakukan wisata religi sembari memperdalam agama anda dan mengenalkan Islam lebih mendalam lagi kepada si kecil. Si kecil pun bisa mendapat ilmu tambahan mengenai tempat-tempat penting yang berhubungan dengan agamanya.

2. Pilih Waktu yang Tepat

kulinerKala puasa, sebaiknya hindari untuk bepergian pada siang hari karena resiko dehidrasi dan kelelahan cukup besar. Anda bisa mensiasatinya dengan bepergian pada pagi hari atau kala seperempat siang sehingga tenaga anda tidak akan terkuras habis. Selain pagi hari, jalan-jalan sore hari sambil ngabuburit juga bisa dilakukan. Ada banyak tempat “dadakan” yang menarik untuk dikunjungi dan menawarkan beragam kuliner untuk teman berbuka.

3. Persiapkan Bekal

sahurBekal ini tidak hanya berhubungan dengan materi ya namun juga bekal yang berhubungan dengan spiritual anda, seperi mukena dan Al-Qur’an. Jadi meski sedang berlibur, anda dan keluarga tetap bisa memperbanyak pahala. Siapkan pula uang untuk bersedekah kepada sesama. Kala sahur usahakan untuk makan-makanan yangbergizi dan jangan lupa mengkonsumsi vitamin. Jika anda membawa buah hati yang masih bayi atau balita, jangan lupa untuk membawa serta perlengkapan yang mereka butuhkan. Bawa pula air putih untuk berjaga-jaga jika anda harus berbuka di jalan raya.

Persiapan_barang_untuk_berliburMeski harus membawa bekal, usahakan untuk membawa seminimal mungkin agar anda tidak kelelahan saat membawanya. Anda bisa menggunakan daypack dibandingkan tas ransel yang berat. Namun jika terpaksa membawa bekal yang banyak, terutama yang membawa baby, usahakan untuk membawa tas yang besar atau koper yang bisa menampung semua kebutuhan sehingga anda tidak perlu repot-repot membawa banyak tas.

4. Pesan Tiket Hotel dan Transportasi dari Sekarang

b146dbff79676b2b80160b04aa71db58903d2cbaJika anda memutuskan liburan ke luar kota sebaiknya anda segera memesan tiket pesawat sejak dini. Selain anda tidak terburu-buru, besar kemungkinan anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Selain itu penting juga untuk seegera mungkin melakukan booking hotel. Hotel-hotel tertentu biasanya memberikan harga “miring” untuk anda yang memesan jauh-jauh hari, meski untuk musim liburan. Dan jauh lebih baik jika anda menggunakan jasa travel agent yang akan memberikan anda informasi hotel murah untuk liburan anda. Informasikan pula kepada pihak hotel atau travel agent jika anda berpuasa sehingga sarapan anda bisa dimajukan kala jam sahur. Pihak agent akan membantu anda memilih hotel yang sesuai dengan yang anda inginkan.

Jadi gak ada alasan untuk tidak traveling kala puasa kan? Selama dipersiapkan dengan baik, traveling tetap nyaman puasa pun berjalan lancar. Happy Traveling 🙂

Share Button
Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.