Makam Bung Karno, Blitar

Share Button

Siapa yang tidak mengenal Bung Karno, Sang Proklamator RI atau dikenal juga Presiden Pertama Republik Indonesia. Semangat Bung Karno dalam memproklamasikan kemerdekaan RI patut diberi penghargaan yang tinggi. Berharap dengan berziarah ke Makam Bung Karno setidaknya kita bisa meniru semangat beliau dalam kehidupan masa kini. Makam Bung Karno terletak di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, sekitar 2km sebelah utara pusat Kota Blitar. Tempat megah ini berada di Jln Slamet Riyadi. Diresmikan Presiden RI Megawati Soekarno Putri(anak dari Bung Karno) pada tanggal 3 Juni 2004. Bertujuan supaya ide,gagasan, konsep, dan pemikiran Bung Karno yang merupakan kekayaan intelektual dan menjadi aset negara yang disejajarkan dengan pemikiran ahli ideologi yang berkembang didunia bisa dipahami segala lapisanmasyarakat untuk melanjutkan perjuangan bangsa dalam mewujudkan cita-citanya di masa mendatang.

Saat memasuki gerbang masuk, para pengunjung hanya disuruh untuk mengisi daftar kunjungan dan memberikan dana sukarela. Tanpa diharuskan membayar karcis sekian ribu per orang. Memasuki Gapura Agung, suasana makam terasa sepi. Banyak orang yang berdoa di depan makam Bung Karno yang berada di dalam cungkup. Para pengunjung berkerumun di dalam cungkup sambil memanjatkan doa. Sesekali bisa mengambil gambar disana. Asalkan masih dalam keadaan sewajarnya.

 

 

Makam Bung Karno ini selalu ramai dikunjungi, apalagi saat liburan. Baik oleh para peziarah maupun oleh wisatawan. Makam Bung Karno juga terdapat sebuah museum tempat koleksi barang-barang peninggalan beliau, seperti keris, baju kebesaran, lukisan Bung Karno, dll. Yang paling menarik dari Museum Bung Karno ini adalah sebuah lukisan Bung Karno, jika anda melihat lukisan tersebut dari sudut pandang tertentu dan memfokuskan mata anda pada jantung lukisan tersebut, maka anda akan melihat jantung Bung Karno dalam lukisan tersebut masih berdetak. Di komplek makam Bung Karno banyak penjual oleh-oleh dan souvenir khas Blitar, jadi pengunjung selain bisa menikmati pesona mistis makam Bung Karno juga bisa berwisata kuliner atau membawa pulang oleh-oleh atau souvenir khas Blitar dengan harga terjangkau. Banyak juga yang menjual berbagai kerajinan hasil buatan anak-anak Blitar sendiri. Bahkan bisa memesan bentuk dan macam – macam yang diinginkan.

Tidak sedikit objek wisata “religi” yang bernuansa kebangsaan yang ada di Kota Blitar, sekaligus objek wisata andalan dari sekian banyak daya tarik wisata di Kota Blitar, hingga tidak heran apabila Makam Bung Karno selalu dijadikan tujuan utama bagi para turis yang datang di Blitar. Baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan luar negeri.

Banyak hotel yang jaraknya dekat dengan hotel Bung Karno ini, contohnya :

Referensi :

  • http://teamtouring.net/ziarah-ke-makam-bung-karno-the-founding-father.html
  • http://dzofar.com/2009/02/03/berwisata-ke-blitar-makam-bung-karno-dan-candi-penataran/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Blitar
  • http://www.navigasi.net/goart.php?a=lamkarno
Share Button

2 thoughts on “Makam Bung Karno, Blitar

  1. Fantastic information is always that on line reproduction purses outlet presents low-priced reproduction purses provider to its most incredible clients throughout the world inside a thoroughly skilled and dedicated mannerIslndia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 2 = six

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>