Megahnya Jembatan Barelang, Batam

Share Button

bridge2bbarelangSurabaya boleh bangga dengan Jembatan Suramadu yang menghubungkan antara Surabaya dengan Madura. Batam pun memiliki jembatan yang tak kalah megahnya yakni Jembatan Barelang. Jembatan yang mulai dibangun sejak tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998 ini bahkan dijadikan sebagai ikon program visit Batam 2010.

barelang

Jembatan yang megah ini merupakan karya dari B. J. Habibie yang ketika itu menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi sehingga jembatan ini juga disebut Jembatan Habibie. Dengan menghabiskan biaya lebih dari 400 milyar, tak salah jika jembatan yang menghubungkan pulau-pulau ini merupakan jembatan yang megah.

Tak hanya megah, tapi Jembatan yang aslinya bernama Jembatan Fisabilillah ini juga merupakan hasil karya anak bangsa, tanpa bantuan dari luar negeri. Jembatan ini dibangun untuk pengembangan Kepulauan Riau sebagai wilayah industri.

Nama Barelang merupakan nama yang populer di masyarakat dan diambil dari nama pulau yang terhubung dengan jembatan tersebut, yakni pulau Batam, Rempang, dan Galang. Selain ketiga pulau tersebut, jembatan ini juga menghubungkan dengan pulau Tonton, Nipah, dan Galang Baru. Ada pula yang menyebut jembatan ini sebagai jembatan satu karena jembatan ini mempersatukan banyak pulau.

Karena mempersatukan enam pulau, maka terdapat enam rangkaian jembatan dengan panjang keseluruhan mencapai 2.264 meter dengan jarak dari pusat kota mencapai 20 km. Rangkaian jembatan tersebut adalah:Barelang-Bridge

1. Jembatan Barelang atau jembatan Tengku FIsabilillah, merupakan jembatan yang paling populer dikalangan masyarakat. Jembatan yang menghubungkan antara Pulau Batam dengan Pulau Tonton ini memiliki panjang 642 meter, lebar 350 meter, dan tinggi 38 meter.

Jembatan ini hampir mirip dengan Jembatan Golden Gate yang ada di San Fransisco, Amerika. Jembatan ini menggunakan cable stayed untuk mengikat jembatan. Ujung-ujung kabel diikat di tepi dengan jarak tertentu

narasinga2. Jembatan Narasinga adalah berbentuk lurus yang menghubungkan Pulau Tonton dengan Pulau Nipah. Panjang jembatan ini mencapai 420 meter dengan lebar 160 meter. Untuk tingginya mencapai 15 meter.ali haji

3. Jembatan Ali Haji dengan panjang 270 meter, lebar 45 meter, dan tinggi 15 meter. Jembatan ini menghubungkan Pulau Nipah dengan Pulau Setokok.

sultan zainal4. Jembatan Sultan Zainal Abidin merupakan yang menghubungkan Pulau Setokok dengan Pulau Rempang dan memiliki panjang 365m, lebar 145m, dan tinggi 16,5 meter.

5. Jembatan Tuanku Tambusai dengan panjang 385, lebar 245, dan tinggi 31 meter. Jembatan ini menghubungkan Pulau Rempang dengan Pulau Galang.rambusai

6. Jembatan Raja Kecil merupakan jembatan yang penuh sejarah dengan panjang 180 m, lebra, 45 m, dan tinggi 9.5 m. Jembatan ini menghubungkan Pulau Galang dengan Pulau Galang Baru yang pada tahun 1975-1996 pulau Galang merupakan tempat pengungsian bagi warga Vietnam. Tak kurang 250.000 pengungsi berada di sana.

Sampai saat ini benda-benda dan bangunan bekas pengungsi masih bisa anda temui, tepatnya di Desa Sijantung, Kecamatan Galang. Bangunan yang bisa anda temui mulai dari gereja , vihara, pagoda, hingga kuburan massal. Ada pula perahu-perahu kayu di kamp pengungsi.

raja kecik

Jembatan-jembatan itu, kini tak hanya berfungsi sebagai penghubung antar pulau, tapi juga menjadi tempat wisata. Banyak orang yang ingin menikmati kemegahan jembatan ini.

Di kala libur banyak orang yang bersantai atau pun memancing sambil menikmati keindahan pantai dari atas jembatan. Anda juga bisa berfoto dengan background ala jembatan Golden Gate. Dari jembatan Narasinga merupakan tempat yang terbaik untuk mendapatkan spot ini. Selain itu dari jembatan Narasinga pula anda bisa melihat pulau kecil tak berpenghuni yang mulai terkikis oleh air laut. Nah kalau anda ingin menikmatinya secara langsung, anda bisa mengikuti paker tour Batam yang banyak oleh travel agent.jembatan-barelang

Di sekitar jembatan ini juga terdapat tempat makan yang akan membantu anda untuk mengisi perut anda usai menjelajah jembatan tersebut. Untuk akomodasi, ada banyak hotel di Batam yang bisa anda gunakan, seperti:

Refrensi:

  • http://www.wisatamelayu.com/id/object.php?a=Sm1UL3FMZVZBUkU4Ng%3D%3D=&nav=cat
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_Barelang
  • http://sejarah.kompasiana.com/2011/05/08/ikon-kota-batam-jembatan-barelang-karya-megah-bj-habibie-360967.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.