Menikmati Kesejukan Air Terjun Kali Pancur

Share Button

Air-Terjun-Kali-Pancur-Semarang2Berwisata ke daerah pegunungan tidak lengkap jika tidak menikmati keindahan dan kesegaran air terjunnya.

Ada salah satu tempat di Semarang yang menawarkan wisata alam berupa air terjun dengan pemandangan yang menakjubkan.

Air terjun dengan nama Kali Pancur ini berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Jika dari kota Salatiga, Air Terjun Kali Pancur berjarak 14 km di sebelah baratnya dengan lama perjalanannya sekitar 30 menit.

Untuk menuju Air Terjun Kali Pancur cukup mudah dengan akses yang juga lumayan baik. Anda hanya perlu mengambil arah menuju Magelang dengan melalui Klopeng.

Namun tiga kilometer sebelum tiba di Klopeng anda akan menjumpai penunjuk arah dengan arah ke air terjun yang sebelah kanan. Meski akses jalannya sudah baik, namun anda tetap perlu berhati-hati karena akan ada banyak tanjakan yang dijumpai.

kalipancur2Jika anda memutuskan untuk menggunakan transportasi umum untuk menuju Air Terjun Kali Pancur, dari Pasar Sapi Salatiga bisa menggunakan angkutan umum, baik mikrolet ataupun elf yang menuju Magelang via Kopeng. Selanjutnya berhenti di pertigaan Desa Wates, Kecamatan Getasan yang dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 4 km.

Lumayan memang, namun jika anda tidak ingin lelah anda bisa menggunakan ojek karena sudah tidak ada angkutan umum yang mengarah ke sini.

Setibanya di pintu gerbang anda masih harus berjalan kaki menuruni bukit dengan melewati anak tangga sejauh 900 meter. Anak tangga ini cukup aman karena terbuat dari beton dan langsung mengarah ke air terjun. Namun sebaiknya anda perlu menghemat tenaga karena kala kembali dari air terjun anda harus mendaki tangga tersebut kembali.

kalipancur6Meski cukup jauh dan melelahkan namun pemandangan hijau yang menyejukkan sudah menjadi teman anda sejak pertama anda tiba di Getasan. Pemandangan lereng Gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu menjadi penghibur untuk perjalanan yang cukup melelahkan.

Suasana semakin bertambah sejuk kala anda tiba di pintu gerbang air terjun. Bahkan sejak pertama kali menuruni air terjun, suara gemericik air sudah yang terdengar. Bunyi ini berasal dari air pegunungan yang mengalir di samping anak tangga.

Suasana sejuk dengan pemandangan hijau yang ada di sekitar Air Terjun Kali Pancur mampu menghilangkan stress dan penat akibat rutinitas sehari-hari.

Air-Terjun-Kali-Pancur-SemarangAir Terjun Kali Pancur lumayan tinggi, mencapai 100 meter dengan aliran air terjun mengarah ke Danau Rawa Pening. Di sekitar air terjun dihiasi dengan relief bebatuan alam berupa tebing batu andesit.

Batu-batu andesit ini memiliki ketinggian yang berbeda-beda, mulai dari 20 meter hingga 100 meter. Sejumlah pecinta alam kerap melakukan panjat tebing di bebatuan yang memiliki kemiringan mencapai 90 derajat.

Selain bebatuan andesit, di sekitaran air terjun juga terdapat sejumlah tumbuhan perintis dan goa-goa kecil yang menjadi tempat burung walet berteduh.

Untuk menikmati kesegaran Air Terjun Kali Pancur cukup murah kok, anda hanya akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 2.500/ orang. Murah bukan.

Biar semakin murah anda bisa mengikuti tour Semarang yang sudah mencakup akomodasi dan transportasi.

Refrensi:

https://sites.google.com/site/wisataairterjun/jawa-tengah/air-terjun-kali-pancur—semarang

Share Button

One thought on “Menikmati Kesejukan Air Terjun Kali Pancur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.