Menikmati Kuliner Kota Jember

Share Button

Jember adalah salah satu dari sekian banyak Kabupaten yang ada di Jawa Timur. Salah satu dari beberapa kabupaten yang berbatasan dengan Samudra Hindia dan juga berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain.

Namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan banyak mengupas lokasi geografis kota Jember, dan kita juga tak akan membahas mengenai beberapa wisata pantai yang terkenal di kota ini, seperti pantai Papuma yang sudah sangat tersohor.

Kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai beberapa masakan kuliner yang ada ki kota ini. Ada beberapa masakan kuliner yang sangat unik dan sayang untuk tak dinikmati.

Keunikan setiap masakan tersebut merupakan hasil dari persilangan dan penggabungan dari beberapa kebudayaan yang ada di kota ini.

Hal ini memang dikarenakan banyak sekali unsur kebudayaan di luar jember yang memiliki pengaruh cukup besar di kota ini. Selain itu juga keanekaragaman ini juga dikarenakan beberapa pengaruh dari lingkungan dan keadaan dari kota ini sendiri.

pantai-papuma

Jika kita akan datang ke Jember maka kita tak akan susah untuk mendapatkan rumah makan, karena hampir bisa dibilang ada banyak rumah makan yang ada di kota ini. Namun, untuk mencari rumah makan yang menawarkan menu khas masakan kota ini serta rumah makan yang telah menjadi legenda tidak terlalu susah juga.

Jika kita bertanya kepada penduduk asli dari kota ini mengenai tempat makan atau makanan yang khas di kota ini, tentu kita akan langsung mendapatkan jawabannya dengan cepat. Namun, mungkin kita akan bingung sendiri karena banyaknya tempat makan yang disebut.

Nah, kali ini akan ada rangkuman mengena beberapa tempat makan yang sangat terkenal di jember dengan menu makanan yang khas tentunya.

Rekomendasi ini setidaknya bisa mengurangi kebingungan kalian yang pengen berpelancong ke kota ini, selain penginapan tentunya, karena kalau urusan inap menginap, kalian pasti sudah jago cari hotel murah di Jember.

Tenang saja, rekomendasi yang kita berikan ini dapat dipercaya kok tak akan menyesatkan. Justru rekomendasi ini malah mengenyangkan kalian. Beberapa rekomendasi tersebut adalah

Nasi Pecel Gudeg Walisongo

nasi-pecel-walisongo

Sebagai pembuka dari beberapa  daftar tempat makan atau makan yang akan kita bahas, makanan yang satu ini akan menjadi pembuka.

Unik, itulah kata pertama yang akan kalian pikirkan ketika pertama kali mendengar nama dari makanan ini, karena memang menu makanan ini sangat unik.

Menu makanan ini merupakan penggabuangan dari dua menu makanan yang sangat terkenal. Makanan ini menggabungkan nasi pecel dengan gudeg, tentu kita tau darimana gudeg berasal. Entah sejak kapan menu makanan ini menjadi pengisi dari sekian banyak kuliner yang ada di kota ini.

Tapi satu hal yang kita tau akan kepastiannya yaitu kenikmatan yang dihadrikan oleh menu makan ini. Nasi yang diberi gudeg dengan cita rasa khasnya yaitu manis dan gurih, kemudian disiram dengan sambal pecel yang manis tapi pedesnya nendang banget.

Serta ditemani dengan potongan tempe, sambel serta peyek yang renyah. Seporsi makanan ini tentunya akan membuat ada tak akan bisa lepas dari kenikmatan yang ditawarkan. Jika kita berlibur dari sehari di kota ini rasa-rasanya untuk makan makanan ini setiap hari tak akan ada bosennya

Nasi gudeg pesel walisongo sendiri terletak di Jalan Sultan Agung, Gang Walisongo. Letak tempat makan ini memang berada di sebuah gang, jadi jangan kaget kalo seandainya tempat ini penuh dan kita agak susah mencari tempat duduk.

Tapi, seandainya tempat penuh dan kita harus menunggu maka tak akan menjadi hal yang sia-sia, karena akan terbayar dengan kenikmatan nasi pecel gudegnya.

Pecel Pincuk Garahan

Sebenarnya tak ada tempat pasti dimana tempat makan yang menjual menu makanan ini. Keberadaan pecel pincuk ini sendiri merupakan sebuah legenda tersendiri di kota Jember. Namun, secara pasti bahwa nasi pecel ini terkenal atau pertama kali diperdagangkan berada di Stasiun Garahan.

pecel-pincuk-gerahan

Nal inilah yang membuat kenapa menu makanan ini disebut pecel pincuk garahan. Penampilan dari nasi pecel inipun sangat sederhana hanya nasi, sambel pecel, kemudian beberapa sayuran.

Jika kita ingin menambah lauk maka kita bisa memilih banyak lauk yang disediakan oleh penjual. Pada awalnya nasi ini dijajakn oleh ibu-ibu di stasiun ini sembari menunggu kereta api yang berhenti di stasiun ini.

Namun, seiring dengan kebijakan pihak KAI maka kita tak lagi melihat ibu-ibu yang berada di peron. Tapi, bukan berarti mereka hilang, kita masih dapat menemui beberapa penjual yang tetap setia berjualan di daerah Stasiun Garahan ini, meskipun mereka berjualan diluar area stasiun

Depot Jawa Timur

Tempat makan yang menyediakan berbagai macam menu masakan Jawa. Menu yang mereka tawarkan pun bervariasi mulai dari rawon, soto, kare ayam, bubur, lontong cap gomeh.

nasi-campur depot jawa timur

Meskipun banyak menu yang mereka tawarkan namun menu yang menjadi andalan mereka adalah nas langgi.

Pada dasarnya menu makanan ini bukan berasal dari Jember tapi berasal dari Solo. Tapi, ternyata menu ini juga terkenal di kota ini.

Penyajian seporsi nasi langgi bisa dibilang sederhana namun lengkap. seporsi nasi langgi terdiri dari nasi, daging sapi bumbu bali, telur, lodeh, abon, tahu dan tempe.

Jika kita bertanya mengenai menu masakan yang berbahan nasi kepada penduduk Jember, maka dapat dipastikan bahwa nama nasi langgi tak akan terlewat.

Jika kita berbicara nasi langgi maka nama Depot Jawa Timur juga tak akan bisa dilepaskan. Tempat ini sendiri terletak di Jalan Gatot Subroto

Soto Dahlok

Bagi pecinta soto maka tempat ini tak boleh terlewat. Soto dahlok merupakansalah satu tempat yang sangat terkenal di jember terutama dengan sotonya.

Menu soto yang mereka tawarkan tak terlalu banyak varian, karena hanya terdiri dari tiga jenis soto biasa, istimewa dan jeroan. Penyajian nasi soto ini pun sangat lumrah dan umum kita temukan di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.Soto-Ayam-Dalok

Nasi soto dicampur dengan soto, hal inilah yang menambah kenikmatan nasi soto yang satu ini. Bagi yang pertama kali datang ke Jember terutama yang berasal dari luar daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah, saya sarankan untuk tidak meminta kepada penjual memisahkan soto dan nasinya.

Hal itu akan sedikit mengurangi kenikmatan saat mencicipi nasi soto yang satu ini. Bagi pecinta jeroan saya sarankan untuk memilih soto jeroannya, dijamin enak dan tidak mengecewakan.

Kuah soto yang seger dan nikmat sangat menggoda dan sangat memuaskan kenikmatan kita saat mencicipinya.

Rumah makan Sari Jaya

Tempat yaang satu ini bisa dibilang merupakan tempat makan tertua yang ada di Jember. Tempat yang bermula bernama Cheong On ini sudah terkenal. Jangan kaget saat melihat keadaan bangunan pada rumah makan ini karena sangat otentik dan terkesan oriental.

Hal ini sesuai dengan menu makanan yang mereka tawarkan yang kebanyakan adalah menu-menu Chinese Food.

Namun salah satu menu yang sangat terkenal disini adalah menu Ayam Bakar mereka yang sudah terkenal kenikmatannya.

rumahmakan_sarijaya

Jangan kaget kalo datang ke tempat ini ternayat kita sudah kehabisan ayam bakarnya. Datang ketempt ini untuk ayam bakarnya adalah sesuatu hal yang normal, namun jika kehabisan jangan kecewa dulu. Banyak menu-menu lain yang tak kalah nikmatnya dijamin puas.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi tempat makan yang bisa kalian datangi saat berkunjung ke kota Jember. Rekomendasi ini setidaknya bisa sedikit mengurangi kebingungan kita saat berkunjung kesini dan mencari tempat makan yang menyajikan menu-menu legendaris disini. Jadi jika akan datang ke Jember jangan lupa mampir

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.