Menikmati Sunrise Embung Tambakboyo, Yogyakarta

Share Button

waduk tambakboyoMenikmati sunrise mungkin bukan sesuatu yang bisa kita lakukan setiap hari. Rutinitas pagi yang padat cukup menyita perhatian hingga melewatkan kesempatan kita untuk menikmati salah satu keindahan yang diberikan Tuhan. Mumpung akhir pekan sudah di depan mata, tak ada salahnya untuk mengawali perjalanan liburan. Selain terhindar dari kemacetan, travelers juga berkesempatan untuk menyaksikan keindahan matahari yang baru bangun dari tidurnya. Gak harus naik ke puncak gunung buat menikmati sunrise yang cantik. Karena dari sebarang waduk pun travelers bisa pula melihat keindahan matahari pagi. Seperti di Waduk Tambakboyo atau yang dikenal dengan nama Embung Tambakboyo, Yogyakarta ini. Tak hanya berfungsi sebagai penyimpanan air, namun Embung Tambakboyo ini juga cukup menarik dijadikan tempat rekreasi. Salah satunya sebagai tempat untuk menyaksikan keindahan matahari pagi.

Embung_239Embung Tambakboyo atau yang juga berarti Danau Tambakboyo, merupakan salah satu waduk yang ada di Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Waduk ini membentang di tiga desa, yakni Desa Maguwo, Desa Wedomartani, dan Desa Cendongcatur dengan luas mencapai 7,8 hektar. Waduk yang dibangun pada tahun 2003 dan baru difungsikan pada 2008 ini memiliki volume tampungan mencapai 400.000 m³ dan menjadi tempat penyimpanan air untuk wilayah Sleman dan Bantul, Yogyakarta. Tak hanya itu, Embung Tambakboyo ini juga memiliki fungsi sebagai area rekreasi yang semakin menambah daftar destinasi wisata di Yogyakarta. Tak heran jika semakin banyak wisatawan yang bertandang ke Yogyakarta. Hotel-hotel murah di Yogyakarta juga begitu mudah dijumpai demi memberikan fasilitas yang nyaman bagi wisatawan yang berlibur ke Yogyakarta. Untuk travelers yang gak mau ribet mencari penginapan ataupun transportasi selama liburan di Yogyakarta, travelers bisa menggunakan tour Yogyakarta untuk kenyamanan dan kemudahan liburan selama di sana. Apalagi dengan adanya pemandu yang dengan setia akan menemani travelers berkeliling Yogyakarta.

Embung_239Pemandu tour Yogyakarta juga akan membantu travelers untuk menemukan Embung Tambakboyo karena lokasi waduk ini yang cukup tersembunyi. Travelers bisa mengawali dari perempatan Universitas Pembangunan Negara (UPN) Condong Catur dan berjalan terus ke arah utara. Selanjutnya travelers akan menemui perempatan pertama. Tinggal ikuti jalan tersebut saja hingga sampai di kompleks perumahan. Dari jalanan beraspal mulus, selanjutnya travelers akan menemui jalan konblok. Sebuah papan penunjuk arah akan membantu travelers untuk menemukan Embung Tambakboyo. Meski lokasinya cukup terpencil namun banyak masyarakat Yogyakarta yang memilih bersantai di Embung Tambakboyo. Hal ini tak terlepas dari keindahan yang ditawarkan waduk ini. Selain itu biaya retribusi ke sini juga cukup murah, hanya Rp 1.000 untuk sepeda, Rp 2.000 untuk motor, dan Rp 3.000 untuk mobil.

sunrise embung tambakboyoembung tambakboyoDi pagi hari, travelers bisa menyaksikan matahari pagi yang baru saja menampakkan diri. Dengan keberadaan pepohonan yang mengelilingi embung, semakin menambah kesan eksotis dari sunrise tersebut. Travelers bisa bersantai dan menenangkan diri dengan ditemani udara pagi yang segar. Embung Tambakboyo juga kerap digunakan untuk tempat berolahraga. Pagi dan sore hari adalah waktu yang dipilih pengunjung untuk berolahraga di sana, mulai dari sekedar jogging, bersepeda, hingga berkano mengelilingi waduk. Yang suka memancing juga bisa loh melakukannya di sini. Karena Embung Tambakboyo memiliki banyak ikan, seperti ikan nila, ikan gabus, ikan lele, ikan bawal, dan ikan air tawar lainnya. Wah bisa seharian nih beraktivitas di Embung Tambakboyo. Mau juga seharian berwisata murah di Embung Tambakboyo? Yuk, buruan packing dari sekarang 😉

Refrensi:

http://www.kompasiana.com/danardana/nikmatnya-suasana-embung-tambakboyo_551954a8a33311ff16b65978

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.