Monumen Nasional (MONAS), Jakarta

Share Button
Monas Jakarta

Monas Jakarta

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132meter(433kaki)yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintah kolonial Hindia-Belanda. Monas mulai dibangun pada Bulan Agustus 1959 di bawah pemerintah Presiden Suharto, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 juli 1975.Monumen ini berada di pusat kota Jakarta, yaitu di Lapangan Monas Jakarta Pusat, atau ke arah selatan dari Istana Negara di Jakarta.

Wilayah taman hutan kota sekitar Monas dahulu dikenal dengan nama Lapangan Gambir. Kemudian sempat berubah nama beberapa kali menjadi Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas dan kemudian menjadi Taman Monas.

Monas dibangun setinggi 132meter dan berbentuk lingga yoni. Seluruh bangunan ini dilapisi marmer. Di bagian puncak terdapat cawan yang di atasnya terdapat lidah api dari perunggu yang tingginya 17meter dan diameternya 6meter dengan berat 14,5 ton. Lidah api ini dilapisi emas seberat 45kg dan terdiri atas 77 bagian yang disatukan. Pelataran puncak luasnya 11x11meter.Untuk mencapai pelataran puncak monas, pengunjung bisa menggunakan lift dengan lama perjalanan 3menit. di sekeliling lift terdapat tangga darurat. dari pelataran puncak monas, pengunjung bisa melihat gedung-gedung pencakar langit di Kota Jakarta.Pelataran bawah luasnya 45x45m. Tinggi dari dasar Monas ke pelataran bawah yaitu 17m.di bagian bawah ini pengunjung dapat melihat Taman Monas yang merupakan hutan kota. Dan di bagian bawah monas sendiri terdapat sebuah ruangan yang luas yaitu Museum Nasional.

Anda juga dapat menghilangkan rasa jenuh anda dengan menikmati Taman Monas. Di taman ini anda dapat bermain bersama kawasan rusa yang sengaja didatangkan dari Istana Bogor untuk meramaikan taman ini. selain itu anda juga dapat berolahraga di taman ini bersama teman maupun keluarga. di taman ini juga dilengkapi dengan kolam air mancur menari. Pertunjukan ini paling bagus jika dinikmati pada malam hari, karena ada berbagai leser warna-warni pada air mancur ini.

Jika anda lelah berjalan kaki di taman seluas 80 hektar ini, anda dapat menggunakan kereta wisata. taman ini bebas dikunjungi oleh siapa saja dan terbuka gratis untuk umum.

Untuk mengunjungi Monas, ada banyak jenis transportasi yang dapat anda gunakan, dari mulai kereta api sampai Bus Trans Jakarta. jika ingin masuk ke bangunan Monas, anda dapat melalui pintu masuk di sekitar patung Pangeran Diponegoro. Lalu anda akan melalui lorong bawah tanah untuk masuk ke Monas. Anda pun dapat melalui pintu masuk di pelataran Monas bagian utara. Jam buka Monas adalah jam 09.00 pagi, hingga jam 16.oo sore. Monas menjadi salah satu pilihan anda untuk berwisata bersama keluarga. Anda pun dapat berlibur beberapa hari di Kota Jakarta ini, karena Monas pun dekat dengan beberapa hotel, dari yang biasa sampai berbintang, contohnya :

Referensi :

  • http://kumpulan.info/wisata/tempat-wisata/53-tempat-wisata/102-monas-monumen-nasional-jakarta.html
  • http://indocropcircles.wordpress.com/2011/10/11/misteri-relief-wanita-di-obor-api-tugu-monas/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Monumen_Nasional
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 × = sixteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>