Museum Angkut, Destinasi Wisata Baru Di Kota Batu

Share Button

logo museum angkutSejuknya udara kota wisata Batu membuat tempat ini menjadi favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu liburannya. Alamnya yang indah dan berbagai produk agrowisata yang dihasilkan cukup membuat para wisatawan terpesona. Apalagi dengan kehadiran beragam tempat wisata modern, yang tentunya semakin melengkapi keindahan pariwisata di kota yang bertajuk seribu julukan ini.

160951_museumangkuthollywoodnisa

Salah satu wisata modern yang dimiliki kota ini adalah Museum Angkut yang baru dibuka pada tanggal 9 Maret 2014 lalu. Museum yang bernama lengkap Museum Angkut Movie Star Studio ini menawarkan beragam kesenangan untuk anda dan keluarga.

Berlokasi di Jl. Terusan Sultan Agung Atas No. 2 Kota Wisata Batu, Museum Angkut berada satu grup dengan Jatim Park 1 dan 2, Batu Secret Zoo, serta Batu Night Spectacular dalam Jawa Timur Park Group. Oleh karenanya pengerjaan museum yang hanya berjarak 1 km dari Jawa Timur Park 1 ini tidak main-main.

Di sini anda tak hanya diajak untuk mempelajari perkambangan transportasi, namun juga bis mengenal legenda Movie Star dijamannya. Dengan background pemandangan dari bangunan di kota Batavia, Eropa, dan Amerika yang semakin menambah keindahan petualangan anda. Museum angkut ini merupakan museum transportasi yang pertama kali hadir di Asia Tenggara.

Berbagai model tranportasi, mulai dari bertenaga binatang hingga tenaga listrik bisa anda saksikan. Kehadiran museum ini merupakan bentuk apresiasi kepada para pencipta berbagai jenis transportasi di dunia yang terus berkembang hingga saat ini dan membawa perubahan yang sangat besar bagi kehidupan umat manusia.

movie studioDi bangun di atas lahan seluas 3.5 hektar, museum angkut terbagi dalam beberapa zona. Zona-zona ini dilengkapi dengan berbagai aksesoris dan desain yang menunjukkan ciri khas zona tersebut. Anak-anak bisa mendatangi zona edukasi untuk belajar secara menyenangkan tentang sejarah perkembangan transportasi.

Sementara itu jika anda menginginkan informasi terkait perkembangan taransportasi di nusantara, Sunda Kelapa dan Batavia khususnya, bisa mendatangi Zona Sunda Kelapa dan Batavia. Selain kendaraan di masa itu, anda juga bisa menyaksikan Pelabuhan Sunda Kelapa dalam bentuk replika, lengkap dengan berbagai miniatur kapal yang tampak mirip dengan aslinya. Selain itu ada pula replika toko-toko dengan nama bahasa Belanda.

istana inggrisAnda yang mengagumi kemajuan teknologi Jepang bisa berkunjung ke Zona Jepang. Anda bisa menyaksikan transportasi yang dibuat oleh pabrik asal Jepang seperti Suzuki, Honda, Kawasaki dan yang lainnya. Di Zona Uni Eropa terdiri dari transportasi dari negara-negara maju seperti Jerman, Inggris, Perancis dan Italia.

Selain koleksi mobil yang digunakan Ratu Elizabeth II, anda juga bisa bermain di taman bunga yang berada di depan replika Buckingham Palace atau berfoto dengan patung Ratu Elizabeth II yang sedang duduk di singgasananya. Berbagai landmark khas, seperti Jerman dengan tembok Berlinnya, Italia dengan Menara Pisa dan tak ketinggalan Menara Eifel di Perancis juga bisa anda temui di Zona Uni Eropa.

gangsterAnda yang menyukai film Hollywood bisa mendatangi Zona Hollywood dan menyaksikan transportasi di film-film yang diproduksi. Misalnya saja  mobil Scooby Doo atau Batmobile. Ada pula sebuah mobil yang diinjak hingga hancur oleh Hulk dengan sebelah kakinya.

Namun Hulk ini hanyalah patung yang dibuat dari onderdil motor dan mobil bekas. Dan yang terakhir anda akan diajak ke dunia gangster dan broadway di tahun 1970an. Anda bisa merasakan kota suasana ala kota Al Capone, yakni seorang gangster ternama di zaman itu.

D-Topeng-KingdomSelain belajar mengenai perkembangan transportasi di beberapa bagian, Museum Angkut juga menawarkan fasilitas Museum D’Topeng. Di sini anda bisa melihat 2.000 koleksi topeng yang ada di nusantara mulai dari Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara,hingga Papua.

Beragam benda antuk seperti keramik, wayang hingga sebuah Al Quran kuno berbahan kulit binatang juga turut dipamerkan. Dan yang terakhir anda juga bisa menikmati berbelanja ala Kalimantan di pasar apung. Anda akan membeli aneka kuliner nusanatara dari atas perahu yang mengapung. Mulai dari nasi timbel, gudeg, gado-gado, rujak cingur, bakso, hingga pempek bisa anda nikmati. Namun sebelum menuju ke pasar apung anda akan melewati replika gerbong kereta api yang bergoyang bagaikan sedang berjalan lengkap dengan pemandangan buatan di kaca gerbong.

pasar apungJadi tunggu apalagi, ajak keluarga anda untuk berlibur ke Museum Angkut Malang. Hanya dengan tiket sebesar Rp. 50.000 di hari biasa anda bisa memasuki Museum Angkut dan Movie Star Studio. Sedangkan untuk Tiket D’Topeng Kingdom dikenai Rp. 25.000. Anda juga bisa menggunakan tiket terusan yang jauh lebih murah hanya dengan Rp. 60.000. Untuk harga tiket di akhir pekan dan hari libur sebesar Rp. 75.000 untuk Tiket Museum Angkut dan Movie Star Studio. Tiket D’Topeng Kingdom dikenai Rp. 30.000. Sedangkan untuk Tiket Terusan  Museum Angkut + Movie Star Studio dengan D’Topeng Kingdom hanya Rp. 85.000.

Ada pula harga khusus jika anda datang pada jam 19.00 WIB keatas, yakni sebesar Rp. 30.000 pada hari biasa dan Rp 50.000 untuk akhir pekan. Anda juga bisa melakukan prewedding di museum Angkut dengan biaya Rp. 2.500.000 dengan lama waktu pemotretan selama 5 jam.

musium-angkut-malangUntuk akomodasi, anda tidak perlu khawatir karena telah banyak hotel murah di Batu atau pun hotel murah di Malang, seperti:

Refrensi:

  • http://anekatempatwisata.com/wisata-malang-museum-angkut/
  • http://www.museumangkut.com/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.