Museum Kesehatan, Surabaya

Share Button

Departemen Kesehatan Indonesia melalui Pusat Pengembangan Riset Teknologi dan Pelayanan Kesehatan Surabaya, pada tahun 1990 telah memprakarsai sebuah Museum Kesehatan dalam rangka untuk menyelamatkan dan melestarikan warisan budaya bangsa. Museum ini berisikan beberapa peralatan kesehatan bersejarah sejak dahulu sampai sekarang. Secara resmi pada tanggal 14 September 2004 Menteri Kesehatan meresmikan museum ini bernama Museum Kesehatan Dr Adhyatma yang terletak di Jln Indrapura no 17 Surabaya. Di dalam perkembangannya alat-alat medis sudah sangat canggih tetapi perlu diketahui bahwa terdapat alat-alat medis secara sederhana yang turut ikut berperan. Oleh karena itu melalui museum ini diharapkan menjadi media pendidikan atau pusat pembelajaran bagi masyarakat yang peduli tentang upaya kesehatan. Tujuan utama dibangunnya museum ini adalah untuk menyimpan dan melestarikan benda-benda bernilai historis dalam hal kesehatan sampai saat ini.
Museum Kesehatan ini juga dilengkapi dengan perpustakaan khusus yang mengumpulkan dan melayani semua bahan pustaka seperti buku, kaset rekaman, kliping dan lain-lainnya. Bahan pustaka ini juga menyediakan studi pendalaman budaya dan kesehatan. Koleksinya juga mencakup semua benda-benda bersejarah dalam pelayanan kesehatan dari berbagai daerah yang diperlihatkan dalam bentuknya yang asli, replica, foto, ataupun gambar. Sementara di ruang pamerannya secara teknis dipertunjukkan dalam ruangan yang berbeda yaitu,

  • Sasana Adhytama, menyajikan berbagai koleksi Adhyatma MPH Dr yang pada saat itu menjabat sebagai Menteri Kesehatan
  • Sasana Kencana, di ruangan ini dipamerkan berbagai benda bersejarah, lencana dari logam mulia, surat penghargaan dan lain sebagainya. Di ruangan ini juga terdapat sejarah dan profil pelopor museum.
  • Sasana Kespro, menyimpan dan menampilkan berbagai peralatan kesehatan reproduksi.
  • Sasana Genetika, menunjukkan garis keturunan dan silsilah
  • Sarana Kesehatan Budaya, di ruangan ini menampilkan beberapa alat medis yang terkait dengan kepercayaan atau supranatural yang berkembang di masa lampau.
  • Sasana Fauna, di sini terdapat beberapa binatang yang berkhasiat sebagai obat.
  • Sasana Medik dan Non Medik, terdapat berbagai peralatan kesehatan medis dan non medis yang disimpan dan ditampilan untuk digunakan oleh lembaga kesehatan di masa lalu dan menjadi layanan historis yang besar bagi kesehatan masyarakat kita.

Museum ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai pukul 14.00. Fasilitas umumnya seperti ruang studi koleksi, ruang dokumentasi, ruang administrasi, dan ruang penyimpanan koleksi. Ada juga beberapa fasilitas umum yaitu ruang auditorium, ruang informasi, ruang audiovisual, tempat penjualan tiket, ruang pemeran, pos jaga, parkir, toilet, kafe, sarana ibadah, cinderamata sampai fasilitas penginapan sampai hotel berbintang seperti:

Referensi:

  • http://www.eastjava.com/tourism/surabaya/ina/health_museum.html

 

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 − one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>