Nusa Lembongan, Bali

Share Button

Nusa Lembongan adalah sebuah pulau kecil yang berlokasi di sebelah barat laut Nusa Penida berada di Selat Badung. Nusa Lembongan sendiri memiliki panjang 4,6km dan lebar 1,5km, sekitar 11km di sebelah tenggara Bali. Secara administrative pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Klungkung.
Sebagian besar masyarakat Nusa Lembongan menggantungkan hidupnya dengan menjadi petani rumput laut. Sebagian lagi ada yang bekerja di sector pariwisata dan sector penunjang pariwisata.

Nusa ini terbagi menjadi dua desa, yakni Desa lembongan yang mempunyai enam dusun dan duabelas banjar adat yang wilayahnya berada di dua pulau, dan satunya adalah  Desa Jungubatu.

Desa Lembongan mempunyai banyak tempat-tempat menarik untuk dikunjungi wisatawan seperti pantai berpasir putih yang sangat menarik, goa alam buatan, tebing laut yang menantang, rawa rawa yang penuh dengan misteri sehingga sangat banyak wisatawan yang berminat untuk mengunjungi lokasi wisata ini.

Pantai-pantai yang menarik dan terkenal di Lembongan antara lain : Pantai Tanjung Sanghyang, Selagimpak, Dream Beach, Sunset beach, Selambung, Pemalikan, Lebaoh, dll. Namun banyak juga tempat lainnya yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah : Rumah Bawah Tanah, Gala-gala, Art Shop Center Buanvaran, Goa Sarang Walet Batu Melawang, Rawa-rawa Pegadungan, Tempat Romantis Kolong Pandan Sunset Part, dll.

Ketika anda memasuki kawasan wisata ini, anda akan disambut dengan pantai yang berpasir putih dengan laut yang jernih dan berbagai jenis ikan berwarna-warni serta terumbu karang yang indah dan beraneka ragam warnanya. Alamnya juga masih asri tetapi kawasan ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas yang siap memanjakan anda seperti restoran, tempat penjualan souvenir, perlengkapan untuk menyelam dan menyaksikan terumbu karang yang indah.

Di sini pula anda dapat menggunakan jasa kapal cruises, anda dapat memilih sesuai dengan selera anda. Dapat pula melakukan snorkeling, parasailing, diving atau sekedar jalan-jalan di tepi pantainya saja. Pulau ini juga sangat cocok untuk anda yang ingin melakukan bulan madu.

Banyak jalur yang dapat anda tempuh biar bisa sesampainya di pulau yang indah ini, bisa dengan jalur laut dengan melalui Pelabuhan Tri Buana dengan jalur Pelabuhan Sanur Denpasar. Dapat dengan menggunakan jukung atau speed boat.

Jika anda ingin melakukan tour Bali di kawasan ini, atau anda yang sedang ingin bulan madu. Anda tidak perlu khawatir dengan harus menginap dimana, karena sekitar kawasan wisata ini disediakan banyak tempat penginapan, dari yang di sediakan oleh warga sekitar ataaupun hotel hotel berbintang yang mewah seperti :

Referensi :

  • http://indoexland.blogspot.com/2011/04/wisata-nusa-lembongan-bali.html
  • http://www.liburankebali.com/tempat-wisata/nusa-lembongan.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.