Pantai Balian, Surganya Para Surfer

Share Button

Pantai-Balian_2Pantai-pantai di Bali memang memiliki keindahan yang tak pernah habis untuk dibahas. Bahkan pantai merupakan destinasi wajib yang harus dikunjungi kala berlibur di pulau dewata ini. 

pantai-balianMeski banyak pantai yang sudah terekspos, satu persatu patai baru juga kembali ditemukan dan menjadi the next destination. Beragam keunikan pantai-pantai tersebut juga mempengaruhi aktivitas yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah Pantai Balian.

Pantai yang berada di  Desa Lalalinggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan, Bali ini menawarkan ombak yang siap menghibur para penggila surfing. Namun sayang lokasinya yang cukup jauh dari Bandara ataupun tempat-tempat wisata populer seperti, Kuta dan Sanur, membuat pantai ini masih jarang diminati wisatawan.

Untuk menuju ke pantai Balian, anda yang dari bandara Ngurah Rai harus menempuh perjalanan selama 2 jam. Sedangkan anda yang dari pelabuhan Gilimanuk harus menempuh perjalanan sejauh 84 km. Agar tidak repot memikirkan transportasi anda bisa megikuti paket wisata Bali.

Namun rasanya perjalan jauh tersebut cukup sebanding dengan keindahan yang akan ditawarkan pantai ini. Anda tidak akan disambut dengan pasir putih pantai layaknya pantai di Bali pada umumnya. Sebaliknya anda akan disambut dengan pasir hitam eksotis yang memiliki keunikan tersendiri.

pantai-balian3Bukan hanya warna pasirnya yang menarik, namun juga ombak di pantai ini cukup menggoda untuk dicoba. Anda yang menyukai olahraga surfing pasti akan tergoda begitu melihat besar dan tingginya ombak yang dimiliki Pantai Balian ini.

Dengan tipe ombaknya yang regional classic menjadikan pantai ini cocok bagi semua surfer dari segala level, mulai dari yang profesional hingga mereka yang masih pemula.

Selain itu, pantai ini juga memiliki ombak denga tipe reef-rockly yang akan membuat anda bergerak dari arah kanan ke kiri. Meski memiliki panjang dan kekuatan yang normal, namun ombak pantai Bingin memiliki frekuensi yang cepat dan teratur.

Ombaknya yang tidak mudah pecah semakin menawarkan keindahan lain yang tak ada duanya. Jika anda ingin surfing di pantai Balian, sebaiknya datang ke pantai ini sebelum jm 11.00 siang waktu setempat. Sehingga anda bisa menikmati angin darat yang berhembus dengan kuat yang akan mendorong kegiatan surfing anda.Pantai-Balian_1

Anda yang tidak menyukai surfing bukan berarti tidak bisa bersenang-senang di pantai ini. Anda bisa berjalan-jalan di atas pasir pantai sembari menikmati keindahan yang ditawarkan pantai ini.

Tebing-tebing pantai yang nampak berjajar disekeliling pantai seolah menjadi pagar yang menjaga keindahan pantai Balian. Dengan segala keindahan yang ditawarkan pantai ini rasanya sayang jika hanya dikagumi saja.

Anda bisa mengabadikan setiap keindahan pantai ini dan petualangan anda dalam jepretan kamera. Beragam spot menarik di pantai ini bisa anda gunakan untuk menghasilkan jepretan yang menawan.

Suasana-Senja-Di-Pntai-BalianAnda juga bisa menikmati langit senja sambil menikmati beragam olahan seafood di restoran di sekitar pantai. Sambil makan, anda akan ditemani pemandangan burun-burung yang terbang kembali ke sarang mereka dengan membentuk formasi tertentu yang semakin menambah keindahan langit sore.

Sedangkan untuk kebutuhan akomodasi anda, anda bisa menggunakan hotel murah di Bali, seperti: Waka Gangga Resort dan Alila Villas Soori (villa)

Refrensi:

  • http://www.travelmatekamu.com/2014/11/19/pantai-balian-surfers-paradise-di-tabanan-bali/
  • http://bali.panduanwisata.id/pantai-bali/pantai-balian-surganya-para-surfer/
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.