Pantai Jogan : Air Terjun yang Berpadu dengan Lautan

Share Button

pantai joganKita  patut bersyukur bisa tinggal di Indonesia. Dengan berbagai potensi alamnya, Indonesia seolah menjadi surga dunia. Selain tanahnya yang subur, Indonesia juga memiliki keajaiban alam yang cukup mengagumkan.

Sebut saja keindahan dari air terjunnya. Tak hanya memiliki air terjun di bawah tanah, seperti yang ada di Goa Cerme, Indonesia juga memiliki beberapa air terjun yang langsung terjun ke ke laut. Misalnya saja di daerah Madura dengan Pantai Toroannya atau di Pacitan dengan Pantai Banyu Tibo yang dimiliki. Dan satu lagi di daerah Yogyakarta dengan nama Pantai Jogan.

keindahan-pantai-joganNama Pantai Jogan mungkin tak banyak orang yang mengenal. Maklum saja karena pantai ini cukup tersembunyi di balik perbukitan karst.  Perbukitan karst ini merupakan sisa lautan yang telah berumur jutaan tahun.

Pantai yang berada di sebelah barat Pantai Siung ini diapit oleh tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur. Tak hanya keindahannya yang tertutup pegunungan kapur, pantai ini berada di wilayah Tepus, Wonosari, Gunung Kidul ini juga memiliki akses jalan yang cukup sulit dilalui. Karena anda harus melalui jalan berliku yang penuh tanjakan dan turunan. Dengan medannya yang berat, pantas tak banyak orang yang tak tahu pantai ini.jalan menuju pantai

Namun jika anda suka berpetualang, maka pantai yang masih perawan ini wajib untuk anda datangi. Anda membutuhkan waktu dua jam perjalanan dari Jogja dengan menyusuri jalanan aspal mulus yang berkelok sebelum akhirnya tiba di perbukitan karst.

Dari pos retribusi pantai siung anda tinggal mengarahkan kendaraan anda sejauh 400 meter sebelum akhirnya menjumpai papan penunjuk jalan ke arah Jogan dan melewati jalan setapak.papan penunjuk jalan

Anda tidak perlu khawatir, meski medan yang harus anda tempuh cukup berat, disepanjang perjalanan anda akan dihibur dengan pemandangan alam yang masih asri. Dan ketika musim penghujan seperti ini anda bisa mellihat sungai kecil yang mengapit jalan. Sungai ini mengarah ke air terjun yang nanti bisa anda lihat setibanya di pantai.

Tiba di pantai ini, tak banyak pasir yang menyapa anda. Hal ini dikarenakan pantai ini tak memiliki garis pantai layaknya pantai pada umumnya. Hanya sedikit pasir putih yang bisa anda nikmati karena posisi pantai yang langsung berbatasan dengan laut.

Namun, anda bisa menikmati kesegaran dari air terjun yang percikan airnya sudah bisa anda rasakan di dekat pantai. Anda juag bisa menaiki bukit dan merasakan kesegaran dari semilir angin yang berhembus. Pantai ini begitu tenang karena memang tak banyak orang yang datang. Anda hanya mendengar suara air terjun, debur ombak, dan kamibing-kambing yang mengembek di atas bukit.pantai-jogan

Jika anda ingin merasakan segarnya air terjun, anda membutuhkan peralatan dan kemampuan yang pas untuk melakukan tehnik canyoning alias rappeling di air terjun. Namun jika anda tidak bisa melakukannya, anda bisa melewati turunan yang cukup curam dengan bebatuan yang licin dan basah.

Meski terdapat kayu-kayu penopang, anda tetap harus berhati-hati. Jika anda berhasil dengan kedua tantangan tersebut, tersisa satu lagi tantangan yang harus anda lalui.

Anda harus melalui karang-karang yang menjadi tempat tinggal ribuan bayi kepiting berwarna transparan dengan ukuran sekitar 5 mm. Penduduk sekitar banyak yang mengambil bayi kepiting tersebut untuk diolah menjadi lauk dan dinikmati bersama nasi hangat. Santapan ini semakin enak ketika dinikmati kala musim penghujan.JOGAN2

Dan yang paling menarik di pantai jogan adalah melihat keindahan matahari terbenam yang seolah tenggelam ke balik Samudera Hindia. Indahnya langit senja berpadu dengan gulungan ombak yang seolah siap melahap apa saja di depannya.

Derasnya suara air terjun di balik punggung seolah mematahkan mitos bahwa Gunungkidul adalah daerah yang gersang. Ada pula gua-gua kecil yang bisa anda nikmati di pantai ini.

Namun, karena tak banyak yang mengetahui pantai ini, tak ada fasilitas yang bisa anda nikmati. Jadi persiapkan bekal sejak dari rumah. Dan jangan lupa untuk mengisi bahan bakar kendaraan anda secara penuh. Untuk akomodasi anda bisa mengandalkan hotel di Yogyakarta, seperti:gua-gua di pantai jogan

Refrensi:

  • http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/beach/jogan/
  • http://paketwisatajogja.net/blog/air-terjun-cantik-nan-ajaib-di-pantai-jogan
  • https://gudeg.net/id/directory/11/2952/Pantai-Jogan-Keheningan-di-Tengah-Laut.html#.VJjeCsARA
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.