Pantai Papuma, Jember

Share Button

Pasir Putih Malikan adalah singkatan dari Pantai Papuma Malikan yang terdapat di Kota Jember.

Pasir pantainya melingkar seluas 35ha dengan total garis pantai sepanjang 25km yang terbilang sangat halus dan putih. Dari Kota Jember sendiri berjarak sekitar 38km.

Salah satu keunikan di pantai ini adalah baru-batu malikannya bisa mengeluarkan bunyi-bunyian khas seperti musik ketika terkena ombak.

Batu malikan adalah sebuah karang pipih seperti kerang besar yang berjumlah tujuh diantaranya bernama Pulau Kresna, Pulau Batara Guru, Pulau Nusa Barong, Pulau Narodo, Pulau Kodok dan Pulau Kajang.

Tidak hanya keindahan pantainya saja yang dapat anda nikmati disini tetapi juga banyak waru sekitar pantai yang menyediakan makanan khas pantai seperti ikan bakar.

Di Pantai Papuma juga menjadi tempat pendaratan ikan oleh nelayan sehingga anda nantinya bisa melihat langsung ikan segar saat diturunkan dari perahu nelayan.

Akan menyenangkan jika anda berlibur disini bersama keluarga atau bahkan teman-teman anda dengan menikmati terbitnya dan tenggelamnya matahari.

Sepanjang mata memandang anda akan melihat laut lepas dan pasir putih dan yang akan tampak banyak batu karang yang menyerupai bukit atau gunung. Pemandangan di Papuma sendiri adalah perpaduan antara keindahan alam yang bernuansa laut, hutan, dan gugusan pulau yang menggunakan nawa pewayangan.

Saat airnya sedang surut pengunjung bisa mendekat ke gunung narada dan memegangnya langsung bahkan ada yang memanfaatkan untuk memancing di sekitar batu karang. Sebaliknya ketika air pasang dan ombak menjulang tinggi maka akan tersuguhkan keindaha deburan ombak.

Pengelola Pantai Papuma juga menyediakan beberapa lokasi berkemah yang menawarkan suasana sensasional pada malam hari sambil beraktifitas di alam bebas.

Wisatawan yang datang kesini sudah sangat ramai terutama menjelang sore hari.

Untuk sampai di Papuma anda harus melewati kawasan lain yaitu Watu Ulo.

Banyak yang menjual souvenir khas Kota Jember di sekitar pantai sini. Fasilitas nya juga disediakan dari pihak pengelola mulai dari kamar mandi, parkir yang luas, sampai tempat beribadah.

Jika anda berasal dari luar kota atau luar pulau yang ingin berlibur di pantai ini, anda tidak perlu khawatir karena banyak disediakan penginapan atau rumah warga yang disewakan.

Sebagai kota wisata yang sedang naik daun, di kota ini juga sudah banyak berdiri hotel murah di Jember, antara lain:

Referensi

  • http://travel.kompas.com/read/2012/08/21/1517035/Birunya.Pantai.Papuma.Memang.Menggoda

 

Share Button

One thought on “Pantai Papuma, Jember

  1. Pingback: Menikmati Kuliner Kota Jember - 1001wisata1001wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.