Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Share Button

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai yang paling terkenal di kota Yogyakarta. Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang tinggi dan terdapat gunung-gunung pasir di sekeliling pantai. Letak pantai ini sekitar 25km sebelah selatan Kota Jogja, yang membutuhkan waktu 1 jam perjalanan santa. Parangtritis sendiri adalah nama desa di Kecamatan Kretek, Bantul, Jogja. Pantai ini sangat lekat dengan legenda Ratu Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai Laut Selatan. Penamaan Parangtritis sendiri memiliki kesejarahan tersendiri. Konon seseorang bernama Dipokusumo yang merupakan pelarian dari Kerajaan Majapahit datang ke daerah ini beratus-ratus tahun lalu untuk melakukan semedi. Ketika melihat tetesan-tetesan air yang mengalir dari celah batu karang, ia pun menamai daerah ini menjadi Prangtritis, dari kata “parang”(batu) dan “tumaritis”(tetesan air). Pantai yang terletak di daerah inioun akhirnya dinamai serupa.

Banyak keindahan yang bisa dinikmati di Parangtritis sendiri, mulai dari menikmati debur ombak pantai selatan laut Jawa hingga mencoba asyknya naik bendi(semacam andong) yang bakalan mengantar anda jalan-jalan di pinggir pantai yang indah ini. Selain itu ada juga kereta kuda sewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Salah satu daya tarik pantai ini adalah keindahan sunset saat senja tiba. Setiap sore banyak anak-anak muda berkerumunan untuk sekedar duduk-duduk sambil menikmati sunset. Ada juga yang bermain bola di pinggir pantai. Selain itu ada pula pemandian yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, diantaranya penyakit kulit. air pemandian tersebut mengandung belerang yang berasal dari pegunungan di lokasi tersebut. Air panas dari parang wedang dialirkan ke pantai Parangtritis untuk bilas setelah bermain pasir dan juga mengairi kolam kecil bermain anak-anak. konon, jika ingin bermain atau berada di sekitar pantai ini, pemgunjung dilarang menggunakan pakaian yang berwarna hijau, namun itu hanya mitos. Anda boleh percaya, boleh tidak.

Selain menyajikan pesona alam yang indah, di pantai ini juga terdapat beberapa tempat yang layak untuk anda kunjungi. Makam Syeh Bela Belu bagi yang suka dengan wisata mistis atau Gua Lengse bagi yang memiliki jiwa petualang yang besar. Di sini juga banyak menyediakan fasilitas seperti toilet, beberapa penjual makanan dan minuman yang harganya terjangkau, sampai penjual souvenir-souvenir khan daerah Yogyakarta.

Untuk mencapai Parangtritis, anda bisa memilih dua rute. Pertama, rute Yogyakarta-Imogiri-Siluk-Parangtritis , yang menawarkan pemandangan sungai dan bukit karang. Kedua, melewati rute Yogyakarta-Parangtritis yang bisa ditempuh dengan indah, karena jalan yang relatif baik. Biaya masuk ke Pantai Parangtritis ini kurang lebih hanya 5.000 per orang .

Pantai Parangtriris ini pun dekat dengan beberapa penginapan atau hotel yang ada di Jogja, contohnya :

Referensi :

  • http://jogjasiana.com/pantai-parangtritis
  • http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/beach/parangtritis/
  • http://www.jogjawae.com/pantai-parangtritis.html
  • http://jongjava.com/web/wisata/plesir/197-pantai-parangtritis-yogyakarta
Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.