Pantai Tanjung Kerasak dan Lingkungannya yang Alami

Share Button

pantai_tanjung_kerasakBerwisata ke daerah salah satu penghasil timah terbanyak di Indonesia, Bangka Belitung, anda akan ditawari dengan segala keindahan pantainya yang memukau. Daerah yang berjulukan Karibia dari Timur ini memang memiliki sejumlah kawasan pantai dengan pemandangan yang masih alami sehingga patut untuk anda kunjungi.

pantai-tanjungkerasak1Batuan granit hampir menguasai sebagian besar wilayah pantai di Bangka Belitung, misalnya saja Pantai Lengkuas, Pantai Parai Tengiri, dan Pantai Tanjung Tinggi. Jika anda telah mendatangi pantai-pantai tersebut, cobalah untuk pergi lebih ke selatan daerah Bangka Belitung.

Anda akan menjumpai pantai yang juga memamerkan kegagahan batu granit khas Bangka Belitung, yakni Pantai Tanjung Kerasak.

Pantai yang berada di Desa Pasir Putih, Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung ini menawarkan pemandangan yang masih alami dengan lokasinya yang tenang. Maklum saja, pantai ini masih belum banyak dikenal wisatawan.

Pantai Tanjung Kerasak bisa ditempuh dari ibukota Bangka Selatan, Toboali, dengan satu jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor atau berjarak sekitar 30 km. Sementara dari Pangkal Pinang, pantai ini berjarak sekitar 150 km.

Di sepanjang perjalanan menuju pantai anda akan ditemani dengan hijaunya pemandangan perkebunan lada ataupun kelapa sawit milik warga. Suasana alami khas pedesaan juga begitu lekat di sepanjang jalur yang anda lalui. Nampak rumah-rumah khas perkampungan dengan beberapa ternak di dekatnya.

Sungai-sungai kecil semakin melengkapi suasan pedesaan di sekitar jalan menuju Pantai Tanjung Kerasak. Meski berada di jalur pedesaan, namun anda tidak perlu khawatir dengan akses jalannya karena telah di aspal sehingga cukup memudahkan perjalanan anda.

tanjung_kerasak_beach1Semakin dekat dengan pantai, nampak rumah panggung miliki warga sekitar dengan sungai-sungai jernih yang mengalir di dekatnya membuat suana di sekitar kawasan tersebut nampak teduh dan sejuk. Hal yang sama juga akan anda jumpai begitu anda tiba di Pantai Tanjung Kerasak.

Tak hanya memiliki pemandangan menakjubkan khas kawasan pantai, namun anda juga bisa merasakan kesejukan suasana di sekitar pantai dengan banyaknya pepohonan yang ada. Pemandangan yang masih alami tersebut berpadu dengan kealamian kawasan hutan yang lokasinya tak jauh dari pantai. Anda bisa berkemah di sekitar hutan ini untuk mendapatkan pengalaman lebih dekat dengan alam.

pasir pantai tanjung kerasakPasir putih pantai akan menyapa anda begitu anda tiba di kawasan pantai. Bebatuan granit yang berada di tepi pantai semakin mempercantik pantai dengan airnya yang jernih. Pantai dengan gradiasi warna kebiruan ini memiliki gulungan ombak yang tenang sehingga cukup aman jika anda ingin bermain-main menikmati kesejukan airnya.

Hanya pada musim penghujan, angin dan ombak yang besar akan menyerang pantai. Anda yang penggila memancing bisa duduk-duduk di atas bebatuan granit dan memasang umpan untuk menangkap beragam ikan yang ada di sana.

Anda bisa menjumpai lobster, kepiting, udang, dan beragam ikan laut lainnya. Ketengan yang ditawarkan pantai ini semakin melengkapi suasana memancing yang anda inginkan.

pantai tanjung kerasakPantai Tanjung Kerasak semakin lengkap jika anda kunjungi bersama keluarga ataupun rekan. Anda bisa bermain bola voli di tepi pantai. Anda juga bisa bermain-main di pasirnya yang lembut ataupun hanya sekedar berkeliling pantai dan menikmati pasirnya dengan kaki telanjang.

Hasil anda memancing bisa anda bakar sebagai teman untuk bersantai dan menikmati pemandangan pantai. Anda jangan lupa membawa bekal karena di sekitar pantai tidak dijumpai penjual makanan ataupun minuman. Kesulitan lain yang anda hadapi ketika mengunjungi pantai ini adalah tidak adanya fasilitas kamar mandi ataupun toilet.

Untuk akomodasi pun lokasinya cukup jauh. Anda bisa menggunakan hotel murah di Bangka, seperti Novotel Bangka Golf & Convention CentreRed Dot Bangka by HorisonSoll Marina City Hotel (Formely Aston), dan Santika Hotel Bangka ataupun hotel murah di Belitung serperti Billiton Hotel Belitung dan  Bahamas Hotel & Resort.

Biar lebih mudah dan ngga ribet berlibur ke tempat-tempat ini, anda bisa mengikuti paket tour Belitung yang banyak disediakan di travel agent. Salah satunya yaitu 1001malam.

Refrensi:

  • https://contenttugas.wordpress.com/pantai-tanjung-kerasak/
  • http://balibackpacker.blogspot.com/2012/10/pantai-tanjung-kerasak-wisata-bangka.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.